Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Piping Elektrikal Instalasi Pipa Conduit 20mm Rumah dan Gedung

Membicarakan bahaya listrik memang tidak ada habisnya, buruknya sebuah instalasi dapat membuat kita was-was. Takut akan adanya musibah yanh menimpa kita di masa depan.

Pemasangan instalasi listrik harus didukung oleh teknisi yang berpengalaman supaya mendapatkan hasil yang maksimal, menguntungkan konsumen dan si teknisi listrik itu sendiri.


Apa itu piping elektrikal?

Piping elektrikal adalah sebuah upaya membangun sistem keamanan instalasi kabel listrik dalam sebuah bangunan rumah maupun gedung.


Cara ini dimaksudkan agar tercipta kemanan instalasi agar terhindar dari dampak buruknya sebuah instalasi listrik, instalasi kabel tanpa isolasi piping dapat membahayakan manusia.


Standar pemasangan instalasi kabel gedung diharuskan menggunakan pipa pelindung atau pipa conduit 20mm putih yang sering kita lihat terpasang di dak-dak cor langit gedung.


Pengertian dan fungsi pipa conduit

Elektrikal pipa conduit adalah pipa plastik berbahan jenis pvc yang dapat di olah sesuai kebutuhan, pipa ini dapat ditekuk atau di bending menggunakan alat bending pipa.


Pipa conduit listrik umumnya memiliki diameter 20mm, tidak mudah pecah dan anti kebakaran, jika kita bandingkan dengan pipa listrik warna abu-abu yang biasa kita pakai, pipa conduit 20mm lebih unggul dari segi kualitas, tapi harganya juga lebih mahal.


Cara piping elektrikal pipa conduit


H3 Alat-yang dibutuhkan

Di bawah ini adalah beberapa alat piping pipa conduit yang harus anda sediakan :

Gambar kerja

Tangga lipat atau scafolding

Bending pipa conduit

Gunting potong pipa

Gerinda Tangan

Obeng plus

Tang listrik

Trekper/penarik kabel


Material yang dibutuhkan

Pipa conduit 20mm

Fitting pipa conduit (T- Does)

Shock pipa conduit 20mm

Fisher 2,5cm

Klem pipa 20mm

Skrup 2,5cm

Kabel listrik Nym 3×2,5mm

Isolasi listrik hitam/lasdop listrik


Cara Pemasangan Pipa Conduit

Sebelum melaksakan pekerjaan ini, selalu berpedoman pada gambar kerja, agar instalasi yang dibuat terintegrasi dengan baik, keuntungannya adalah akan memudahkan sesorang melakukan perbaikan dan service.

Cara Piping Elektrikal Instalasi Pipa Conduit 20mm Rumah dan Gedung
Cara Piping Elektrikan

Gambar diatas adalah contoh dasar pemasangan instalasi listrik, satu lampu dan saklar tunggal sebagai switch.


Pemasangan Klem Pipa

Siapkan material dan alat kerja diatas, pasang pipa dak dilangit-langit cor dulu agar kebih mudah menjalan kan pekerjaan selanjutnya.


Gunakan tangga lipat untuk mencapai langit dak untuk memasang klem dengan menggunakan bor listrik, jika kita lihat gambar, prioritaskan pipa dari kwh ke T does hitam, pipa atas dari T does ke Elwbow saklar dan pipa dari T does ke titik lampu, jarak dari T does kira-kira 15cm sampai 25cm.


Buat lah lubang skrup dengan bor listrik, manfaatkan mata bor 6mm untuk menembus beton sesuai ujuran fisher skrup, pertama buat tiga pemasangan klem dari tiga jalur pipa di atas, pipa dari kwh ke T does hitam, pipa atas dari T does ke Elwbow saklar dan pipa dari T does ke titik lampu.


Jika sudah lakukan pengeboran klem di as tenga antara T does dan lampu. T does dan saklar. T does dan titik Kwh, masing- masing 1, pengeboran klem ke tiga adalah titik terakhir ambil 15cm dari dari lampu. 15cm dari elbow turun ke saklar, dan elbow 15cm elbimow turun ke kwh.


Pembuatan elbow dan pemasangan

Sebenarnya ada fitting pipa conduit sebagai aksesoris bantu saat butuh belokan pipa, tapi banyak teknisi yang lebih dominan menggunakan elbow bending manual, karena sudut belokan pioa dapat di atur sesuai keinginan.

Ada dua pilihan bentuk dalam memproduksi belokan piping, yaitu elbow 90° dan 45°. Pembuatan elbow di harapkan bisa menghasilkan belokan oval, tidak siku 90°, memang bagus tapi ini akan dapat menghambat pekerjaan wiring kabel listrik.

Pastikan pipa yang kita pasang diawal memiliki spasi 25cm dari dindin saklar turu, dan dari dinding titik kwhbke bawah, agar kita dapat menyambung elbow ke pipa nantinya menggunakan sock 20mm.

Persiapkan pipa conduit 20mm dengan gunting pipa, panjang kira-kira 50cm, masukkan bending ke pipa, pembengkokan manual menggunakan lutut kaki, jadi bagi yang belum terbiasa akan sedikit membuat lutut kaki sakit.

Ambil titik tengah pipa tempelkan ke lutut kaki, geser ke kanan 3cm tekuk sedikit, kembali ke tengah geser ke kiri tekuk sedikit baru kembali ke tengah bengkokkan full pelan-pelan sampai mendapatkan bentuk bending seperempat lingkaran.

Buat dua elbow yang nantinya akan kita pasang di titik saklar dan titik pipa ke kwh meter. Manfaatkan sock pipa conduit untuk menyambung elbow dengan pipa turun, masukkan pelan-pelan tudak perlu lem pipa karena sudah aman dan kuat.


Pemasangan pipa turun ke Saklar dan Kwh

Pemasangan pipa ke kwh mauoun sklar bisa menggunakan 2 cara, tertanam atau outbow diluar tembok, tapi akan lebih bagus dan aman jika di tanam, karena penggunaan dapat kita rasakan sampai puluhan tahun tidak ada gangguan.

Gunakan gerinda tangan untuk membuat lubang bobokan pipa, dengan kedalaman  3cm. Lebar 4cm dan panjang menyesuaikan cara menentukan titik saklar baca di sini : Cara Tepat Menentukan Titik Saklar dan Stop Kontak


Wiring kabel dan penyambungan kabel

Gunakan trekper kabel untuk memudahkan pekerjaan, masukkan trekper terlebih dahulu yang selanjutnya diikuti oleh kabel disetiap pipa yang sudah terpasang.

Lakukan penyambungan kabel susai kebutuhan gambar, satu lampu dan satu sakkar tunggal.

Cara Piping Elektrikal Instalasi Pipa Conduit 20mm Rumah dan Gedung
Cara Wiring Kabel Listrik

Jalur penyambungan kabel listrik dapat kita lihat seperti gambar di atas, gunakan tang, cuter dan isolasi listrik untuk menjalankan penyambungan, kupas pembungkus kabel, sisakan kabel 3 NYA kabel dari sumber kwh, saklar dan lampu.

Penutup

Cara di atas adalah ulasan dasar pemasangan piping elektrikal, untuk lebih jelasnya bisa konsultasi ke teknisi yang sudah ahli dalam bidang ini, atau anda dapat menghubungi kami melalui kontak form di bawah
Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Piping Elektrikal Instalasi Pipa Conduit 20mm Rumah dan Gedung"