Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Tepat Menentukan Titik Saklar dan Stop Kontak

Cara Tepat Menentukan Titik Saklar dan Stop Kontak
pixabay.com
Saklar berguna untuk memutus maupun menyambungkan aliran listrik di dalam satu rangkaian instalasi listrik arus kuat maupun arus lemah. Sedangkan stop kontak adalah terminal manual yang dapat memutus atau menyambung sumber listrik phase dan netral.


Hampir setiap hari kita bergelut dengan dua benda tersebut, siang maupun malam.


Beberapa kegunaan saklar yang harus anda ketahui.

Cara Tepat Menentukan Titik Saklar dan Stop Kontak
pxhere

Untuk instalasi lampu rumah

Dengan adanya alat yang dinamakan saklar kita dapat sesuka hati mematikan maupun menghidupkan lampu satu maupun lebih tanpa beresiko terkena sengatan listrik.


Untuk kontrol pompa air manual

Kontrol pompa air menggunakan saklar setidaknya sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan menggunakan steker atau colokan listrik. Memanfaatkan saklar dapat memudahkan kita mematikan mauoun menghidupkan pompa air dari jarak jauh 


Untuk pengendali pintu

Pintu dengan kendali saklar mudah kita temukan di kantor kantor kerja, biasanya dijaga oleh security kantor yang diberikan tugas untuk membuka maupun menutup pintu secara manual menggunakan saklar dari meja mereka.


Cara ini dimaksudkan dapat menghemat waktu, pada saat ada orang mau masuk akan memasuki ruangan pintu akan di buka manual dengan cara menekan saklar, pada saat orang akan keluar pintu akan terbuka otomatis .


Cara Menentukan Ukuran Titik Saklar Lampu dan Stop Kontak

1. Saklar Lampu Taman.

Cara Tepat Menentukan Titik Saklar dan Stop Kontak
pxhere
Posisi paling efektif mudah di jangkau juga amam adalah di ruang tamu utama, berjajar dengan titik saklar lainnya seperti lampu teras dan lampu utama di area ruang tamu.

Tinggi sklar berkita antara 135cm sampai 150cm, ini adalah ukuran standar pemasangan titik saklar pada umumnya, jika titik saklar ada di sebelah pintu atau mendekati sudutan tembok, ambail dari pintu atau sudutan sekitar 25cm sampai 50cm.

Menerapkan pemasangan saklar tukar pada instalasi lampu taman, instalasi seperti ini sudah umum di gunakan pada vila dan penginapan mewah, titik saklar tukar satu biasanya terletak di pintu masuk area gerbang, dan titik saklar tukar ke dua ada di area ruang tamu, pada saat orang masuk akan melewati taman, lampu di hidupkan, sampai dalam rumah lampu di matikan karena sudah tidak di gunakan, jadi tidak perlu mematikan lampu dari gerbang.

2. Saklar Lampu Teras dan Ruang Tamu

Cara Tepat Menentukan Titik Saklar dan Stop Kontak
pixabay
Sah sah saja jika ingin memasang saklar dimanapun sesuka hati, tapi kembali ke fungsi manfaat dan kemudahan yangvdi berikan, saklar lampu ruang tamu utama dan teras bisa kita letakkan berjajar jadi satu dengan saklar taman di point satu.


Sama seperti yang telah di bahas pada ulasan nomer sati, jika saklar ada di dekat sudutan ambil ukuran 25cm sampai 50cm sudah cukup dengan jarak dari lantai jadi 150cm, jarak sudutan atau pintu jangan terlalu jauh, karena akan dapat menyusahkan penghuni rumah, saklar akan sulit di jangkau pada saat malam hari. 

3. Saklar Lampu Kamar Tidur

Cara Tepat Menentukan Titik Saklar dan Stop Kontak
pxhere
Posisi paling tepat pemasangan saklar kama tidur adalah di dekat pintu masuk, tapi awas yah jangan instalasi titip persiapan kabel di belakang pintu, nanti ketutup pintu saat di buka.


Letakkan titik saklar pasa di tembok bagian dalam kamar dekan dengan pintu, ambil ukuran pas pinggie aksesoris saklar 25cm dari bibir pintu masuk kamar dan dari lantai 150cm, pada saat orang masuk ke dalam kamar kondisi gelap, hanya dengan meraba dengan tangan akan dapat dengan mudah menjangkau saklar tersebut.


Penggunaan saklar kamar tidur dapat kita kombinasikan dengan menggunakan saklar tukar, titi sati di sebelah pintu masuk dan titik saklar ke dua di sebelah tempat tidur, cara ini terbukti efektif bagi yang malas beranjak dari bed, dengan adanya saklar tukar kita dapat mematikan lampu dari bed tempat tidur tanpa harus kembali ke saklar yang ada di sebelah pintu.

4. Titik Stop Kontak Lantai

Cara Tepat Menentukan Titik Saklar dan Stop Kontak
Armature Lampu
Penggunaan stop kontak lantai jarang di gunakan pada instalasi rumah, karena rawan apabila ada anak anak, stop kontak lantai cocok di gunakan pada ruang kerja atau kantor, instalasi tertanam di lantai, jadi terlihat rapi.

Kekurangan pemakaian stop kontak lantai adalah kesulitan dalam perbaikan jika ada kerusakan, instalasi kable stop kontak lantai harus di kerjakan dengan baik, jangan sampai ada kebocoran karena dapat membahayakan.

Post a Comment for "Cara Tepat Menentukan Titik Saklar dan Stop Kontak"