Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Colokan Kabel Dua dan Tiga Apa Bedanya? Simak Penjelasannya

 Grounding adalah salah satu sistem pengkabelan langsung ke tanah, atau koneksi langsung dari komponen fisik ke bumi. Cara ini diharapkan dapat mencegah terjadinya kontak langsung antara listrik akibat gagal isolasi dan manusia maupun hewan. 


Baca Juga : Perbedaan Grounding Dan Penangkal Petir. Simak Agar Tidak Gagal Paham

Baca Juga : Cara Mudah Mengukur Grounding Pentanahan Dengan Earth Tester Meter


Colokan Kabel Dua dan Tiga Apa Bedanya? Simak Penjelasannya
Stop Kontak

Dalam kondisi seperti apakah sebuah tempat bangunan atau gedung butuh grounding? Jika rumah anda memiliki banyak perangkat elektronik, sebaiknya wajib menanam grounding.


Penyebab elektronik butuh grounding dikarenakan kelebihan arus dan harus di buang ke tanah.


Tapi tidak semua perangkat elektronik membutuhkan grounding, contohnya charger hp, colokan kipas dan alat-alat lainya yang hanya menyediakan kabel dua jalur.


Berbeda dengan steker yang memiliki tiga kabel, jika ada membeli kulkas, pasang Ac atau mesin cuci dan PC komputer dan memiliki tiga jalur kabel, demi keselamatan perangkat dan kita sendiri sebaiknya mempersiapkan grounding pentanahan.


Dalam mempersiapkan jalur titik stop kontak sebaiknya melihat fungsi, kenyataan dilapangan banyak instalasi yang seharusnya menggunakan Netral Pahse dan Ground hanya terpasang N dan L. 


Stop kontak yang tidak menggunakan ground sebaiknya di gunakan untuk alat alat elektronik yang memiliki daya listrik kecil charger hp misalnya.


Dan apabila ingin memanfaatkan Ac mesin cuci atau alat dengan daya listrik besar, wajib menyertakan kabel ground dalam instalasi dan diteruskan ke tanah untuk berjaga-jaga.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Colokan Kabel Dua dan Tiga Apa Bedanya? Simak Penjelasannya"