Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Demi Rumah Persiapkan 4 Hal Ini Agar Ramadhan Aman dan Nyaman

Jika kita sudah menjalankan puasa di bulan ramadhan tidak banyak hal yang dapat dilakukan, kita akan sibuk dengan aktifitas padat menjalani hari-hari.

Demi Rumah Persiapkan 4 Hal Ini Agar Ramadan Aman dan Nyaman
Pixabay
Mulai dari bangun pagi untuk menjalankan sahur dan bekerja, di sore hari pun hanya akan disibukan oleh persiapan menuju waktu buka puasa, minim waktu tapi ini keharusan.


Berharap dapat menjalankan bulan puasa khusuk merupakan keinginan semua orang, tanpa ada gangguan seperti kendala-kendala di rumah sendiri. 


Ada beberapa hal yang harus di perhatikan tentang rumah sebelum memasuki bulan ramadhan


Service Alat-alat Elektronik Rumah Tangga

Demi Rumah Persiapkan 4 Hal Ini Agar Ramadhan Aman dan Nyaman
Pxhere
Hal ini sangat penting dilakukan, karena penggunaan alat elektronik bisa dua kali lipat dari hari-hari biasa. Mungkin alat elektronik di rumah tidak mengindikasikan ada kerusakan, akan tetapi tidak ada salahnya mengeluarkan biaya sedikit untuk cek service saja, baru peebaikan jika memang ada kerusakan.


Rusak bukan berarti tidak bisa di pakai, perangkat elektronik tidak beres juga dapat berdampak pada hal lain. Misal pompa air dan Ac butuh service.


Baca Juga : Ingin tahu penyebab pompa air sering hidup mati, coba cek bagian ini.

Baca Juga : Cara Agar Air Kran Mengalir Deras Gunakan 2 Pompa Ini

Baca Juga : Alat Elektronik Rumah Bikin Boros Listrik. No 4 Paling Besar Memakan Daya


Dua alat ini tanpa kita sadari dapat memakan daya listrik dua kali lipat jika tidak di service, dan sudah dapat dipastikan pemakaian kedua alat ini berbeda dengan hari hari biasa, tagihan listrik bulan depan bisa dua kali lipat juga bukan.


Service Instalasi Listrik

Demi Rumah Persiapkan 4 Hal Ini Agar Ramadhan Aman dan Nyaman
Pxhere
Sudah sering di bahas manfaat dan fungsi listrik sangat besar, hampir 24 jam kita menggunakan listrik sebagai sumber kehidupan, ingin bulan ramadhan anda nyaman tidak ada masalah di rumah, segera cek titik titik kerusakan instalasi listrik yang nantinya akan dapat mengganggu kekhusukan kita berpuasa.

Baca Juga : Penyebab Lampu Rumah Redup Terang. Simak Solusinya


Cek titik-titik lampu rumah yang memang sudah harus di ganti, seperti lampu dapur, lampu kamar mandi, dan lampu ruang makan. Cek stop kontak dipernggunaan kulkas dan stop kontak penanak nasi. 


Sumah titik lampu dan stop kontak di atas, meski tidak mengindikasikan kerusakan, akan tetapi tidak ada salahnya cek service, pemakaian instalasi listrik bisa dua kali lipat pada bulan ramadhan, jadi sedia payung sebelum hujan, cek dulu lampu rumah sebelum sahur digelap-gelapan.


Service Instalasi Pipa Air Bersih dan Kotor

Demi Rumah Persiapkan 4 Hal Ini Agar Ramadhan Aman dan Nyaman
Pxhere
Sama seperti dua poin di atas, penggunaan instalasi pipa juga bisa dua kali lipat, di hari-hari biasa mungkin kita hanya menggunakan kran air 5 sampai 8 kali sehari, jika bulan ramadha mungkin bisa sampai 20 kali lebih.


Baca Juga : Cara memperbaiki kran air plastik yang sering rusak

Baca Juga : Cara Mudah Mengganti Kran Air Rusak


Cek outlet air bersih di area dapur, seperti kran dan kran lainnya, cek toren apakah tidak ada masalah, cek grountank dalam keadaan baik atau tidak, bersih atau kotor, jadi sebelum masalah kran rusak, toren kotor atau groundtank kotor dapat kita bereskan sebelum ramadhan datang.


Untuk pipa air kotor, anda dapat cek di pipa pembuangan dapur, porsi penggunaan drain pasti dua kali lipat dari hari biasa, saat sedang asik menyiapkan masakan sahur drain mampet, ini akan dapat membuat tidak nyaman.


Sistem Keamanan Rumah

Demi Rumah Persiapkan 4 Hal Ini Agar Ramadhan Aman dan Nyaman
Pixabay
Yang terakhir adalah hal paling penting yang harus diperhatikan pada saat bulan ramadhan datang, kami merekomendasikan pemasangan cctv sebagai solusi kecemasan anda pada saat bulan puasa.

Baca Juga : Cegah Tindak Kriminalitas di Bulan Ramadan Tahun Ini Dengan Pasang Cctv


Usai menjalankan buka puasa dan ibadah shalat magrib, selanjutnya adalah shalat tarawih, ada beberapa orang yang memiliki penjaga di rumah, bagi yang tidak, rumah akan kosong tak berpenghuni.


Pada saat kondisi rumah sepi, pasti akan dimanfaatkan oleh orang-orang yang sudah memiliki rencana jahat, kasus pembobolan rumah di bulan ramadhan sudah sering terjadi, tak ada yang bisa mencegah, kecuali kita diri kita sendiri.

Post a Comment for "Demi Rumah Persiapkan 4 Hal Ini Agar Ramadhan Aman dan Nyaman"