Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Pipa Conduit Yang Harus Anda Ketahui

 Peran pipa conduit dalam sebuah pembangunan rumah amatlah penting, tapi saat ini banyak orang yang menyepelekaan, dan melupakan apa fungsi pipa conduit yang sebenarnya.


Memang membangun jaringan instalasi listrik tanpa menggunakan pipa conduit dapat menekan pengeluaran biaya material, tapi sesuai fungsi pipa conduit memiliki efek besar didalam jaringan instalasi listrik.

Fungsi Pipa Conduit Yang Harus Anda Ketahui
Bending Pipa Conduit

Lalu apa saja kegunaan pipa conduit didalam jaringan instalasi listrik.


Baca juga : Cara Piping Elektrikal Instalasi Pipa Conduit 20mm Rumah dan Gedung


Fungsi pipa conduit

Keutamaan manfaat yang akan didapatkan dari penggunaan pipa conduit adalah terciptanya rasa aman diistalasi rumah dan gedung yang sedang kita bangun atau rumah yang sedang kita huni.


Tidak selamanya kabel listrik dirumah dalam keadaan baik, atau tidak ada gangguan dan kerusakan, gangguan dan kerusakan inilah yang menyebabkan terjadinya kebakaran atau korsleting listrik.


Jika anda sedang membangun rumah atak akan menjalakan renovasi instalasi. Pertanyaannya , ingin mahal diawal tapi beres atau murah pada saat pembangunan buang-buang uang pada saat perbaikan?


Ada baiknya mempertimbangkan dahulu, pilih menggunakan pipa conduit atau tidak, sebenarnya sama-sama mengeluarkan modal uang banyak, tapi biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan instalasi listrik bisa dua kali lipat pembuatan.


instalasi listrik menggunakan pipa conduit

Contoh kasusus, memasang pipa conduit 20 mm diawal pembangunan rumah, lokasi pemasangan pipa diatas plafon dengan cara dipiping dengan benar, dan tidak ada masalah karena sudah diuji kelayakannya oleh teknisi listrik.


Modal awal hanya dikeluarakn untuk pemakaian pipa dan jasa pasang piping pipa conduit. Dari sini kita sudah aman, dan instalasi yang dibuat dapat kita manfaatkan sampai puluhan tahun, karena teknisi paham apa fungsi pipa conduit dalam instalasi listrik.


Instalasi listrik tanpa menggunakan pipa conduit.

Sama-sama instalasi listrik berada diatas plafon, tapi tanpa menggunakan pipa conduit 20 mm, hanya tergeletak diplafon atau diikat diatas dak beton, miris rasanya kalau dipandang mata.


Fungsi utama pipa conduit adalah sebagai pelindung kabel dari gangguan hewan seperti tikus, dapat mengurangi resiko sengatan kepada manusia dan dapat membuat usia kabel listrik yang terisolasi menjadi lebih lama.


Predikisi instalasi listrik tanpa pipa conduit hanya dapat digunakan kurun waktu 30 tahun, kalau saja tidak ada korslet atau listrik terputus, coba cek kondisi kabel, pasti rapuh dan ada beberapa kabel terkelupas, jika palfon menggunakan Hollow besi, sebaiknya waspada apabila ada perbaikan dan mengharuskan teknisi naik ke plafon rumah


Sangat beresiko dan berbahaya, kerugian yang didapatkan dalam pembuatan instalasi listrik karena melupakan fungsi pipa conduit akan sangat besar. Pebaikan lebih dari satu titik pekerjaan, bongkar pasang palfon, bongkar pasang kabel, dan jika didalam tembok, tentu kita harus mengeluarkan biaya service tembok, bobokan, cek kerusakan dan pasang baru, penambalan dan cat baru.


Baca juga : Penyebab Lampu Rumah Meledak. Segera Cek Sebelum Terjadi Kebakaran


Penutup

Semoga dari ulasan diatas kita menjadi faham apa itu fungsi pipa conduit dan sadar betapa bermanfaatnya jika terpasang didalam instalasi listrik sebagai pelindung kanel listrik.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Fungsi Pipa Conduit Yang Harus Anda Ketahui"