Harga Instalasi Listrik Plus Material dan Non Material Terbaru

 Sebelum membangun rumah idaman, ada baiknya mempersiapkan kebutuhan material sipil maupun listrik, semua ini tidak bisa dilakukan asal-asalan, kita harus tahu harga instalasi listrik plus material maupun non material, agar memudahkan dalam merencanakan pembangunan.

Beda orang beda harga, beda kontraktor beda pula harga yang diberikan, dan medan lokasi juga dapat mempengaruhi naik turunnya harga instalasi listrik. Simak ulasan dibawah ini.

Harga Instalasi Listrik Plus Material Terbaru
Pixnio

Perperbedaan instalasi listrik plus material dan non material?

Sesuai namanya, harga instalasi listrik plus material adalah satuan harga yang ditetapkan oleh kontraktor meliputi jasa plus material dan non materila adalah satuan harga tanpa material atau hanya jasa saja, material dari owner.

Keuntungan dan kekurangan menggunakan jasa instalasi listrik plus material

Adapun keuntungannya adalah kita dapat menghemat waktu pekerjaan, karena semua beban pekerjaan dilakukan oleh kontraktor, lebih pastinya belanja dan pemilihan materila listrik, kita tidak ikut-ikut terima beres.

Kekurangannya adalah kita tidak tahu persis apa benar bahan yang digunakan sesuai kesepakatan? Karena kita tidak tahu apa-apa, alias terima beres dari pekerjaan tersebut. Sedikit mengetahui seluk beluk harga jasa dan material bangunan itu penting.

Keuntungan dan kekurangan menggunakan jasa instalasi listrik non material

Keuntungan sistem non material adalah bisa menghemat pengeluaran biaya belanja material listrik, tapi tetap harus ada dasar pengetahuan masalah kelistrikan, dari sini kita hanya akan menggunakan jasa pemborong, material dari pemiliki proyek.

Kekurangan jasa listrik non material yaitu harus tepat waktu dalam mempersiakan stok barang, biasanya owner pemilik proyek sibuk dengan hal lain diluar pembangunan rumah, tentu ini akan menguras tenaga kita, karena jika materila belum dibelanjakan proyek akan berhenti, akan sama-sama dirugikan, kontraktor dan pemilik proyek rugi waktu.

Lalu pilih mana? Plus material apa Non material

Semua tergantung kepada owner pemilik proyek, keuntungan dan kelebihan keduanya sudah dijelaskan diatas, jadi tidak ada salahnya memilih salah satu, tapi kami sarankan lebih naik memilih non material.

Memilih Instalasi Listrik Plus Material akan sangat menguntungkan anda sebagai pemilik rumah, harga pekerjaan akan bisa ditekan dengan cara melakukan pembelanjaan materila sendiri. Simak contoh dibawah ini :

Contoh perhitungan instalasi non material.

Dari RAB yang ditawarkan, tertulis harga jasa plus matrial pengadaan dan pemasangan pompa air adalah Rp475.000, jika kita hanya menggunakan jasa kontraktor saja, otomatis material pompa kita yang belanja.

Pembelanjaan pompa air seharga Rp275.000. Sudah pasti utuh Rp275.000 dari toko dan kita hanya membayar jasa saja kepada kontraktor. Jika kita menggunakan plus material, Harga unit pompa diatas pasti plus 30% dari harga belanja. Dan ini sah-sah saja, karena mereka juga ingin mengambila keuntungan dari jasa pembelanjaan unit pompa air.

Contoh perhitungan instalasi plus material.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika mengambil jasa plus material, pihak owner terima beres, segala macam pekerjaan mulai dari pengadaan barang dan pemasangan dibebankan oleh kontraktor.

Dari kesepakatan RAB antara kontraktor jasa plus pengadaan pemasangan pompa air Rp475.000, harga tersebut terima beres, segala macam kekurangan dan kelebihan akan ditanggung oleh piha kontraktor atau pemborong. Jadi kita aman dari segi waktu, cukup cek perkembangan lapangan tanpa harus ikut campur dalam pembangunan

Dibawah ini adalah tabel harga jasa listrik non material yang mungkin dapat anda jadikan referensi demi melancarkan proyek yang sedang dijalankan, bisa untuk pemiliki proyek atau kontraktor.

Tabel Harga  Jasa Instalasi Listrik Plus Material dan Non Terbaru

Tabel Harga Plus Material

Uraian Pekerjaan Sat Harga Terbaru
Instalasi lampu Downlight titik 275.000
Instalasi lampu Led Strip meter 300.000
Instalasi lampu TL titik 325.000
Inatalasi lampu Taman titik 275.000
Instalasi lampu Gantung titik
Instalasi lampu Dinding titik 275.000
Instalasi lampu Tangga titik 375.000
Instalasi Sklar tukar+Lampu titik 275.000
Instalasi lampu Helogen titik 275.000
Instalasi lampu RM titik 400.000
Instalasi lampu Sorot titik 300.000
Instalasi stop kontak Normal titik 300.000
Instalasi stop kontak Ac titik 300.000
Instalasi stop kontak Lantai titik 475.000
Instalasi stop kontak WH titik 300.00
Instalasi stop kontak Pompa titik 300.000
Instalasi stop kontak Tempel titik 300.000
Instalasi stop kontak Ups titik 275.000
Lampu gantung sengaja dikosongkan, karena biasanya by Owner, sesuai keinginan owner, dalam pembuatan RAB lampu gantung sebaiknya terpisah, pemasangan lampu gantung harus menyesuaikan sikon lapangan, kebanyakan sulit, jika asal menentukan harga bisa merugikan pihak kontraktor.
Harga jasa plus material antara instalasi dan pemasangan alat seperti Ac, WH, Kipas angin sebaiknya terpisah agar mudah dihitung. Rumus pemasangan alat elektronik plus material adalah harga alat + 25% / menyesuaikan kondisi lapangan.
Harga diatas adalah harga terbaru, perhitungan lampu saklar stop kontak seri maupun paralel plus 10% sampai 15%. Atau agar lebih pasti total sumua penggunaan bahan dan material : volume, baru setelah itu kita jadikan pedoman harga per titik.

Tabel Harga Non Material

Uraian pekerjaan Sat Harga
Instalasi lampu Downlight Titik 75.000
Instalasi lampu Led Strip meter 15.000
Instalasi lampu TL titik 75.000
Inatalasi lampu Taman titik 115.000
Instalasi lampu Gantung titik
Instalasi lampu Dinding titik 115.000
Instalasi lampu Tangga titik 150.000
Instalasi Sklar tukar+Lampu titik 175.000
Instalasi lampu Helogen titik 75.000
Instalasi lampu RM titik 115.000
Instalasi lampu Sorot titik 115.00
Instalasi stop kontak Normal titik 115.000
Instalasi stop kontak Ac titik 125.000
Instalasi stop kontak Lantai titik 225.000
Instalasi stop kontak WH titik 150.000
Instalasi stop kontak Pompa titik 115.000
Instalasi stop kontak Tempel titik 150.000
Instalasi stop kontak Ups titik 125.000
Sama seperti Cara Menghitung Harga Instalasi Listrik Plus Material, jika ada tambahan seri atau paralel harga jasa di atas kita tambahkan 10% sampai 15%. Atau ditotal semua baru dibagi total volume pekerjaan dan seterusnya dijadikan pedoman harga.
Pemasangan alat non material atau hanya jasa saja, sebaiknya menyesuaikan kondisi lapangan, tidak semua medan lapangan pekerjaan mudah, karena pasti ada biaya tambahan sewa alat atau pembelian alat jika memang kita kosong

Penutup

Jika ingin membangun sebuah rumah atau gedung ketahui dahulu cara menghitunh Harga Instalasi Listrik Plus Material maupun Non material. Dari sini kita akan lebih berhati-hati dan sudah pasti tidak akan merugi sebagai kontraktor dan owner sebagai pemiliki proyek.
Selalu jalin koordinasi lapangan yang baik untuk memudahkan kita menyelesaikan perselisihan harga atau pun pekerjaan dilapangan.