Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Instalasi Listrik Kabel NYM vs NYA Irit Mana? Untung Gede

 

Instalasi Listrik Kabel NYM vs NYA Irit Mana? Untung Gede

Dalam dunia kelistrikan, kabel NYM dan NYA sudah umum digunakan, bahkan hampir semua proyek gedung maupun rumah mewah menggunakan dua jenis kabel ini.

Sering orang mengunggul unggulkan kabel NYM sebagai material instalasi listrik, tapi ada sebagian kontraktor atau pemborong condong ke penggunaan kabel NYA.

Kabel NYM adalah kabel dengan 2, 3, atau 4 inti tembaga berisolasi pvc yang sangat aman digunakan dalam instalasi listrik.

Sedangkan kabel NYA adalah kabel dengan inti tembaga hanya satu, menggunakan isolasi pvc plastik yang tidak mudah terbakar.

Sama sama satu merek, hanya beda jenis dan tipe seperti yang sudah di jelaskan di atas.

Kasus penggunaan kabel listrik dapat mudah kita lihat pada pemasangan saklar tunggal.

Memaksimalkan penggunaan kabel pada saklar tungal

Kebutuhan kabel pada saklar tunggal hanya memanfaatkan 2 kabel, power masuk ke saklar dan keluar ke beban, tidak lebih.

Kebanyakan kontraktor tidak mau susah susah menyiapkan material, cukup membeli satu tipe kabel listrik.

Cara ini di siasati untuk memudakan tahap pembelanjaan material, belajar dari pengalaman, mengestimasi kebutuhan kabel dalam sebuah proyek memang tidak semudah yang dibayangkan.

Terlalu over space budget habis di material, kurang atau salah stok juga dapat merugikan kita sensdiri.

Tapi cara ini dapat kita koordinasikan pada pekerja lapangan atau teknisi yang sudah berpengalaman, demi mendapatkan data pemakaian kabel listrik dalam sebuah bangunan.

Jadi irit mana kabel nya vs nym?

Tentunya irit NYA, kabel nya dapat menyesuaikan ke butuhan, jika stok kabel anda 3x2,5 dan akan memasang saklar tunggal, kita akan menyisakan 1 inti tembaga kabel tidak di pakai, sayang bukan.

Namun jika kita menggunakan kabel NYA, cukup memanfaat kabel secukupnya, yaitu dua kabel, namun dengan bantuan pipa conduit sebagai pelindung kabel NYA.

Kasus lain jika lampu yang akan diinstalasi hanya satu buah, makan tentu saja kita akan menyisakan satu kabel lagi apa bila menggunakan kabel NYM.

Hal ini dapat kita ambil jalan pintas dengan memanfaatkan kabel NYA, ambil dua kabel N dan L saja cuku untuk menghidupkan 1 lampu.

Dari dua kasus di atas sudah sangat jelas terlihat, mana yang irit dan mana yang boros, setelah irit kita pasti akan untung.

Kabel NYA harus menggunakan pipa conduit.

Tapi sebelum kita dapat menerapkan pemaaangan istalasi listrik menggunakan kabel NYA, sebaiknya pahami juga teknis kemanan dalam pekerjaan listrik.

Suport utama dalam pemasangan kabel NYA adalah pipa conduit, pipa ini akan dapat melindungi kabel dari cuaca, suhu dan ganguan hewan liar yang dapat merusak kabel.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Instalasi Listrik Kabel NYM vs NYA Irit Mana? Untung Gede"