Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Sepelekan Pemakaian Lampu. Mungkin Ini Yang Membuat Listrik Boros

Jangan Sepelekan Pemakaian Lampu. Mungkin Ini Ynga Membuat Kwh Prabayar Boros
Piqsels
Banyak orang yang mengeluhkan pemakaian listrik boros, pulsa listrik cepat habis atau tagihan listrik setiap bulannya membengkak. Bisa saja hal ini terjadi karena keteledoran kita dalam menggunakan energi listrik di rumah maupun di kantor kita, mulailah bijak menggunakan listrik sejak dini.


Baca Juga : Cara Memperbaiki Tulisan PERIKSA Pada Meteran Prabayar

Baca Juga : Cara Menentukan Titik Pemasangan Lampu Plafon Gypsum Dengan Mudah


Kurangi Konsumsi Daya Listrik Dari Hal Kecil Sekalipun

Lampu adalah alat penerangan, siang malam dalam segala kondisi kita membutuhkan lampu penerangan. Penggunaan lampu bisa saja terjadi pada saat kita berada pada ruangan yang minim cahaya misal kantor kerja, atau bestmen lantai parkir gedung, hampir 24 jam membutuhkan lampu penerangan


Pertanyaannya. Meskipun sudah mematikan banyak unit mesin, tapi masih saja boros? Coba tengok, ada berapa puluh lampu kantor yang hidup setiap harinya, ada berapa ratus lampu gedung di hidupkan setiap harinya meski tidak terpakai lagi?


Baca Juga : Alat Elektronik Rumah Bikin Boros Listrik. No 4 Paling Besar Memakan Daya


Jujur saya sendiri disiplin menggunakan lampu penerangan memang sulit, lampu penerangan merupakan media vital yang wajib memenuhi kebutuhan kita di manapun. Mari kita buktikan.


Dalam sebuah lantai parkir gedung bawah tanah, untuk menerangi area parkir di butuhkan 45 lampu yang masing masing membutuhkan daya listrik 36 watt, selama 15 jam.


Patokan harga menggunakan listrik golongan P-2/ TM daya di atas 200 kVA, Rp 1.114,74 per kWh.

45 lampu × 36 watt = 1.620

1.620 watt × 15 jam = 24.300 watt

24.300 watt : 1.000 = 24,3 Kwh

24,3 Kwh × Rp 1.117.74 = 27.161,082

27.161,082 x 30 hari = Rp.814.832,46


Jika kita lihat uang yang di keluarkan sangat banyak, lebih baik disiplin menggunakan listrik sejak dini, sisa uang bisa kita alokasikan untuk biaya lain.


Cara mengatasi hal ini sebenarnya sangat mudah, cukup menggunakan panel kontrol lampu, manfaatkan timer sebagai pengendali lampu agar lampu dapat hidup dan mati sesuai kebutuhan.


Baca juga : Penyebab Lampu Rumah Meledak. Segera Cek Sebelum Terjadi Kebakaran

Baca Juga : Cara Mengantisipasi Bahaya Listrik Pada Saat Banjir di Rumah


Terkadang orang malas mematikan lampu yang memang sudah tidak di pergunakan pada saat keluar ruangan atau melewati pintu keluar. Dengan adanya panel kontrol otomatis kita akan sedikit tenang, cukup modal 1.200.000 kita sudah dapat mengontrol ratusan lampu dalam satu gedung.

Post a Comment for "Jangan Sepelekan Pemakaian Lampu. Mungkin Ini Yang Membuat Listrik Boros"