Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekurangan Instalasi Listrik Di Dalam Dak Beton Atau Cor

Kelebihan dan Kekurangan Instalasi Listrik Di dalam Dak Beton Atau Cor
Keuntungan dan kekurangan Instalasi Listrik Di Dalam Cor Beton
Dalam dunia kelistrikan, sering menemukan istilah pipa conduit listrik, pipa conduit berguna sebagai isolasi pengaman kabel listrik, dengan memanfaatkan material ini kita dapat tenang meskipun kabel listrik di dalam tembok maupun dak beton.


Lalu aman tidak jika instalasi pipa listrik beserta kabelnya di letakkan di dalam dak beton? Aman aman saja sebenarnya, tapi tetap di perlukan ketelitiaan dalam pemasangan, simak keuntungan dan kerugian instalasi listrik di dalam dak beton cor :


Keuntungan Instalasi Di dalam Dak Cor

Kelebihan dan Kekurangan Instalasi Listrik Di dalam Dak Beton Atau Cor
Keuntungan Instalasi Listrik Di Dalam Cor Beton

Penggunaan Material Lebih Irit.

Kenapa bisa irit? Kalau irit berarti kita untung besar dong? Yang pasti besar sekali. Jika kita banding dengan pemasangan pipa di bawah dak, penggunaan material di atas dak lebih sedikit.


Baca Juga : Instalasi Listrik Kabel NYM vs NYA Irit Mana? Untung Gede

Baca Juga : Cara Menghitung RAB Instalasi Listrik Rumah Tinggal Satu Lantai


Pada saat kita akan menyambung pipa dengan shock pipa conduit 20mm, kita dapat memanfaatkan api untuk membakar ujung pipa menyerupai Shock pipa, dari sini sudah kelihatan kita dapat menekan modal dari pengadaan shock pipa Conduit.


Baca Juga : Alat Elektronik Rumah Bikin Boros Listrik. No 4 Paling Besar Memakan Daya


Lumayan bukan irit Rp.1000, untuk membangun sebuah jaringan instalasi listrik 20 titik lampu misalnya, paling tidak kita membutuhkan satu Box Shock pipa conduit, nah jika kita mengggunakan cara di atas dengan memanfaatkan api kecil untuk membuat sambungan, maka shock pipa sudah tidak di  gunakan lagi.


Waktu Pengerjaan Instalasi Lebih Cepat

Bagi yang pernah mengerjakan instalasi piping pasti paham, bagaimana proses pemasangan pipa conduit di bawah dak cor, atau menempel di bawah dak cor. Sangat rumit dan dapat memakan waktu 3 kali lipat jika kita bandingkan dengan pemasangan instalasi di dalam dak cor.


Kenapa bisa begitu? Coba kita bandingkan waktu dan proses jalannya pekerjaan :


Dalam satu kasus akan memasang pipa lampu empat titik dalam satu ruangan berukuran 4×4 meter.


Pemasangan di bawah dak cor dengan cara di piping atau peping.


Material :

Perkiraan pipa Conduit 20mm 15 meter / 5 batang

Shock pipa 10 buah

Klem pipa 15 buah

Kabel + kabel cadangan kelampu 20 meter


Tahap pemasangan :

Butuh pekerja 2 orang pada saat pengeboran klem pipa, pemasangan pipa dan penarikan kabel.


Pemasangan di dalam dak cor dengan cara di tanam.

Material :

Perkiraan pipa Conduit 20mm 12 meter / 4 batang cukup

Shock pipa 0

Klem pipa 0

Kabel + kabel cadangan kelampu 20 meter


Tahap pemasangan :

Butuh pekerja 1 orang cukup 2 orang lebih cepat selesai, di kerjakan lebih awal karena bersamaan dengan perakitan besi dak yang akan di cor nantinya. 


Dari modal material saja kita sudah untuk, dan kita juga dapat memanfaatkan jasa tekik lebih sedikit.


Pekerjaan Lebih Paten Dan Konsisten

Banyak orang yang menyepelekan pekerjaan instalasi di bawah dak, berasumsi jika nanti sambungan terbalik bisa di service melalui lubang plafon, ini merupakan inisiatif yang tidak etis.


Baca Juga : Ingin Jadi Teknisi Listrik dan Plumbing? Persiapkan Beberapa Alat Canggih Berikut ini


Kenapa pekerjaan instalasi listrik di dalam dak harus paten, karena di butuhkan orang berpengalaman, untuk menentukan titik kita harus benar benar dapat memperkirakan di mana titik lampu jika kita pantau dari posisi bawah dak, apakah sudah benar atau belum.


Kekurangan Instalasi Di dalam Dak Cor

Kelebihan dan Kekurangan Instalasi Listrik Di dalam Dak Beton Atau Cor
Kekurangan Instalasi Listrik Di Dalam Cor Beton

Bagi yang sadar akan keamanan dan kenyamanan akan pentingnya perbaikan listrik nantinya, banyak orang yang memilih menggunakan instalasi listrik di bawah dak cor, memang dari segi material saja sangat jauh perbandingannya.


Kembali ke fungsi dan definisi, kenapa banyak orang yang menyarankan instalasi listrik berada di bawah dak cor, karena jika saja pada suatu saat ada kerusakan kita akan dapat dengan mudah memperbaiki, intinya beban resiko perbaikan lebih mudah dan kecil.


Tidak selamanya istalasi listrik dapat bekerja dengan maksimal, suatu saat nanti pasti akan ada kerusakan, mulai dari korsleting listrik, kabel sudah rusak dan lebih bahaya lagi jika instalasi kabel terbakar.


Apakah rumah anda memiliki pembumian yang baik? Grounding yang baik? Pada saat ada petir mengenai rumak kita dan masuk ke instalasi kabel, 100% instalasi kabel akan rusak dan harus ganti.


Baca Juga : Cara Mudah Mengukur Grounding Pertanahan Dengan Earth Tester Meter

Baca Juga : Perbedaan Grounding Dan Penangkal Petir. Simak Agar Tidak Gagal Paham


Bisa di bayangkan bukan kita akan kesusahan untuk mengganti kabel listrik tertanam di dalam dak yang tersambar petir akibat gagal di bumikan. 


Berbeda jika piping pipa ada di bawah dak cor, kita masih ada kesempatan untuk memperbaiki, karena kabel kabel yang terbakar masih dapat di ambil, pipa conduit masih bisa di gunakan.

Post a Comment for "Kelebihan dan Kekurangan Instalasi Listrik Di Dalam Dak Beton Atau Cor"