Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam macam Jenis Material Sambungan Pipa Pvc dan Fungsinya

Macam macam Jenis Material Sambungan Pipa Pvc dan Fungsinya
Sambungan Pipa Pvc

Sambungan pipa atau fitting merupakan material bantu dalam mewujudkan instalasi pipa air bersih maupun kotor, meski nama dari komponen ini sambungan, tapi banyak jenis ukuran dan bentuk sambungan pipa pvc.


Secara teknis dalam pemasangan pipa air, sambungan pipa adalah material suport yang mudah kita beli ditoko tempat kita membeli pipa, toko bangunan misalnya, di toko tersebut pasti juga jual sambungan pipa pvc.


Baca Juga : Penyebab Pipa Air Bersih Pvc Bocor Pecah atau Rusak. Simak Cara Mengatasinya


Jika anda tidak hafal atau bahkan tidak mengerti apa saja jenis-jenis sambungan pipa pvc simak ulasan berikut ini, agar pada saat belanja di toko bangunan tidak kebingungan.


Apa fungsi sambungan pipa pvc.

Sambungan pipa pvc merupakan alat bantu penting dalam pekerjaan plumbing pipa air bersih dan kotor.


Fungsi utama dari sambungan pipa pvc adalah untuk menyambung antar pipa air, sebagai penyambung dua pipa atau lebih.


Macam-macam jenis sambungan pipa pvc

Simak ulasan berikut ini, untuk memahami jenis-jenis dan fungsi pipa pvc dalam dunia perpipaan.


Shock 

Shock pipa pvc adalah jenis sambungan yang berfungsi untuk menyatukan dua pipa, lebih tepatnya menyambung dua buah pipa sesuai ukuran, jika pipa yang digunakan 1" vs 1", maka sambungan pipa pvc yang digunakan juga 1 inch, jika sambungan pipa 4 inch, pipa yang harus disatukan juga 4 inch vs 4 inch.


Elbow 90°

Tidak seperti shock pipa yang lurus. elbow pipa pvc adalah jenis sambungan pipa yang dapat membelokkan aliran air. dengan memanfaatkan material sambungan ini kita dapat mengarahkan aliran air sesuai kebutuhan, tanpa harus membakar pipa untuk membuat sambungan pipa pvc elbow 90°.


Elbow 45°

Elbow 45° lebih sering dingunakan untuk instalasi pipa air kotor, fungsi utama dari sambungan pipa Lebow 45° sendiri adalah untuk membelokkan pipa dalam sudut 45°. Keuntungan jika diterapkan dalam instalasi pipa air kotor adalah dapat mengurangi resiko mampet/tersumbatnya pipa dari kotoran.


Tee pipa

Sambungan pipa pvc selanjutnya adalah Tee. Tee pipa pvc berfungsi untuk membelokkan aliran air menjadi dua arah, atau sambungan pipa pvc yang berguna untuk membagi aliran air menjadi dua arah. Sesuai namanya, spesifikasi bentuk sambungan pipa ovc jenis ini berbetuk (T) Tee.


Reducer

Kalau anak proyek pasti menyebutnya Resuc/Redus. Reducer merupakan material sambungan pipa pvc paling penting, multi fungsi. Dengan adanya sambungan pipa pvc reducer kita dapat mengubah ukuran pipa. Dari 2 inch ke 1 inch atau 4 inch ke 3 inch. Lebih tepatnya adalah sambungan pipa untuk mengubah ukuran pipa dari besar ke ukuran kecil.


Water mur

Water Mur adalah salah satu sambungan pipa pvc yang sangat berpengaruh dalam pembuatan instalasi pipa air bersih. Water mur mudah kita temukan untuk material dipemasangan pompa air. Dengan adanya sambungan pipa ini kita akan dapat dengan mudah bongkar pasang jika ada kerusakan tanpa memotong pipa diarea pompa, spesifikasi sambungan pipa ini memiliki drat bisa kita putar.


Flange

Flange mirip seperti water mur, hanya saja cara kerja dari sambungan pipa ini adalah menyambung dengan memanfaatkan mur dan baut, dari segi kekuatan lebih unggul flange dari pada water mur, semakin banyak lubang mur baut semakin kuat sambungan pipa ini terpasang, flange memiliki 4 5 6 sampai 12 lubang mur baut.


Penutup

Sambungan pipa pvc saat ini mudah kita temukan ditoko-toko online, segala macam jenis sambungan pipa pvc di jual bebas, dan tentunya harga yang di tawarkan juga murah. 


Dalam bebelanja selalu perhatikan kualitas produk tidak hanua murah, apa lagi belanja sambungan pipa pvc, sebelum berbelanja online, pastikan dulu ukuran sambungan pipa pvc yang akan di beli, jangan sampai keliru atau salah.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Macam macam Jenis Material Sambungan Pipa Pvc dan Fungsinya"