Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mesin Inverter Sering Rusak? Begini Cara Merawat Mesin Las Dengan Benar

Mesin Inverter Sering Rusak? Begini Cara Merawat Mesin Las Dengan Benar

Mesin las adalah unit alat utama sebagai sarana pekerjaan pengelasan. Mulai dari pengelasan stainless maupun besi plat.

Besi plat biasa di gunakan sebagai pegar teealis di rumah rumah yang berfungsi untuk meningkatkan keamanan rumah, selain itu juga dapat menambah nilai keindahan rumah.

Tapi apa jadinya jika mesin las imverter kita sering rusak ketika sedang digunakan, tentu hal ini akan sangat menganggu kita.

Pas ada job kerjaan, dan mungkin saja waktu kita mepet, alhasil akan kejar-kejaran, tau malah kita jadi rugi karena buang-buang waktu hanya karena unit mesin rusak.

Di bawah ini adalah tips cara paling ampuh merawat dan menjaga unit mesin las agar tidak sering rusak :

Selalu Perhatikan Sirkulasi Udara Pada Kipas Pendingin.

Dalam sebuah unit mesin las, ada salah komponen yang sering kita namakan mosfet, mosfet akan menghasilakn panas yang wajib didinginkan.

Jika sistem pada mesin berjalan dengan benar, maka suhu di dalam mesin akan selalu stabil, karena panas mesin akan dinetralisir oleh pendingin dan menjaga suhu tetap stabil.

Meski di dalam unit mesin las inverter sudah di lengkapai dengan thermostat ataubsensor panas, tentunyabakan lebih baik jika kita selalu menjaga dan hati hati menggunakan unit mesin agar awet.

Hindari panas berlebih dalam penggunaan mesin las, karena dapat menyebabkan kerusakan fatal.

Jauhkan Dari Air dan Kelembaban

Air adalah salah satu konduktor yang dapat mengancam keamanan unit mesin,  contoh jika sirkuit dalam mesin terkena air makan akan dapat menyebabkan korsleting listrik.

Tidak hanya air, unit mesin yang jarang di pakai atau telalu lama kita simpan juga memiliki potensi rusak karena kelembapan udara tinggi, seperti yang sudah di jelaskan di atas unit mesin las bisa konslet dan teebekara ketika di gunakan.

Hindari Debu yang Menumpuk Pada Mesin Las

Selain air dan kelembapan udara tinggi, debu pun juga dapat mengancam keawetan unit mesin las.

Kotoran kecil atau debu debu yang menumpuk pada unit mesin dapat menyebabkan kerusakan pada unit mesin, antara debu dari mesin yang lama tidak di pakai dan kurang nya peehatian kita ketika menggunakan unit mesin las.

Contoh kecil kotoran dari potongan besi mesin gerinda, sisa sisa serbuk besi yang masuk ke mesin lah akan dapat membuat unit mesin rusak, selalu jaga kebersihan sirkuit unit mesin selagi masih kita gunakan.

Hindari Benturan atau Terbanting

Selalu waspada saat menggunakan unit mesin las pada ketinggian, kerusakan mesin las juga dapat disebabkan sering terjadi benturan pada unit mesin las.

Di dalam mobil misalnya, selalu perhatikan dimana kita menempatkan unit mesin, jangan sampai terkena getaran. Atau pada saat kita dalam medan pekerjaan yang sulit, unit mesin jatuh dari ketinggian

Perhatikan Ukuran Kawat Las dan Sesuaikan Kebutuhan

Sering kita menseting potensio sesuka hati tanpa tahu dari maksud penggunaan. Adanya potensio dalam unit mesin las berguna untuk mangatur daya.

Semakin besar daya makan semakin besar pula ukuran kawat las yang kita gunakan, jika potensio di putar penuh, menandakan meain pas bekerja maksimal, dan ini tidak di anjurkan, karena akan mudah merusak unit meain las yang kita pakai.

Perhatikan Sumber Daya Listrik

Perlu diperhatikan kestabilan pasokan listrik yang akan kita gunakan untuk suport power unit mesin las listrik, diharapkan listrik stabil tidak naik turun.

Sering kita melihat penggunaan unit mesin las ditempat yang memang kekurangan daya listrik, ini akan menyebabkan trip pada MCB listrik di lokasi tersebut.

Pasokan listrik drop dapat membebani regulator mesin las, regulator dalam unit mesin las berguna untuk menstabilkan tegangan yang drop.

Gunakan Genset Sesuai Kebutuhan

Dalam penggunaan unit mesin las listrik wajib memperhatikan suport genset yang di gunakan apabila kita tidak memanfaatkan daya dari PLN.

Usahakan jangan memakai sumber listrik dari genset yang memiliki daya kurang besar tidak sesuai daya yang dibutuhkan oleh unit meain las.

Unit genset drop dapat menyebabkan kerusakan pada komponen las listrik sebaliknya, apabila unit genset terjadi lonjakan juga dapat menyebabkan komponen pada sirkuit meain las rusak.

Post a Comment for "Mesin Inverter Sering Rusak? Begini Cara Merawat Mesin Las Dengan Benar"