Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Grounding Pentanahan Dirumah

 Jika ada beberapa perangkat elektronik atau adanya sengatan dibagian rumah anda, sebaiknya segera dibumikan, sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.


Penanaman grounding sebenarnya dapat dikerjakan sendiri, hanya dengan alat-alat sederhana dirumah, banyak manfaat yang didapatkan jika menerap kan pentanahan instalasi listrik.

Pentingnya Grounding Pentanahan Dirumah

Salah satu manfaat paling utama adalah terhidar dari kecelakaan sengatan karena gagalnya isolasi. Dan selain itu grounding pentanahan juga dapat memperpanjang masa pakai elektronik didalam yang ada dirumah kita. 


Elektrode Bumi dijelaskan pada PUIL adalah penghantar yang ditanam dalam bumi dan membuat kontak langsung dengan bumi. 


Pemasangannya harus dapat dilihat untuk pengujian penglihatan dan harus sesuai PUIL juga dalam hal metode pemasangan dan pengamanannya.


Elektrode bumi yang ditanam di dalam tanah berfungsi untuk mentanahkan badan peralatan instalasi yang akan diamankan sebagai tindakan dari tegangan sentuh tidak langsung.


Bahan elektrode yang banyak/umum digunakan PLN adalah pipa baja yang digalvanisir yang dilengkapai dengan rel tembaga dan tembaga bulat (BC).


Pembumian atau disebut juga pentanahan dalam sistem jaringan tegangan rendah maupun tinggi terdiri dari dua bagian yaitu: 


elektrode bumi danhantaran pentanahan. Tujuan dari Pembumian adalah sebagai pengaman dari kejut listrik yang disebabkan oleh tegangan sentuh dan kerusakan alat yang disebabkan karena rusaknya isolasi. Tegangan sentuh dapat terjad karena kebocoran/ kegagalan isolasi pada perlengkapan listrik seperti motor listrik, seterika listrik, kotak hubung bagi dsb. 


Besar tegangan sentuh yang membahayakan manusia adalah 50 V keatas (untuk tempat kering) atau 25 V keatas (untuk tempat lembab).


Pembumian dilakukan dengan cara menghubungkan peralatan listrik (seperti body motor listrik, body kotak hubung bag/) dengan elektroda tanah yang ditanam didalam tanah.


Post a Comment for "Pentingnya Grounding Pentanahan Dirumah"