Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkaian Saklar Tukar 3 Lantai Untuk Tangga

 Saklar tukar amat sangat bermanfaat untuk kontrol lampu 2 saklar dari tempat berbeda, jadi akan mempermudah seseorang beraktivitas misalnya pada saat akan menaiki tangga, tentu ini dapat menguras tenaga apa bila lampu tangga hanya memiliki 1 saklar.


Di bawah ini adalah contoh skema rangkaian saklar tukar untuk 3 lantai, bagi yang beraktivitas didalam gedung tanpa lift, saklar tukar amat sangat dibutuhkan. 

Rangkaian Saklar Tukar 2 Lantai Untuk Tangga
Saklar Tukar

Pada saat seseorang akan melawati tangga dari lantai 1 ke saklar 1 on dari lantai 1 menghidupkan lampu lantai 2, dan pada saat sudah sampai lantai 2, lampu Saklar 2 Off mematikan lampu lantai 1. 


Jika ingin ke lantai 3, saklar tukar ke 2 menghidupkan lampu lantai 2, pada saat sudah sampai lantai 3 lampu dapat dimatikan dari lantai 3. Semoga tidak bingung.


Saklar tukar lantai 1 ke lantai 2

Rangkaian Saklar Tukar 3 Lantai Untuk Tangga
Saklar tukar L 1 ke L 2

Saklar tukar lantai 1 kabel warna merah adalah input phase masuk ke kode angka 0. Kode angka 1 kabel warna biru saklar lantai 1 masuk ke kode angka 0 saklar tukar lantai 2. Kode angka 3 saklar 1 kabel warna kuning masuk ke angka 3 saklar tukar lantai 2.


Saklar Tukar Lantai 2 ke Lantai 3

Rangkaian Saklar Tukar 3 Lantai Untuk Tangga
Saklar Tukar L 2 ke L 3

Saklar tukar lantai 2 kabel warna merah adalah input phase masuk ke kode angka 0. Kode angka 1 kabel warna biru saklar lantai 2 masuk ke kode angka 0 saklar tukar lantai 3. Kode angka 3 kabel warna kuning masuk ke angka 3 saklar tukar lantai 3.


Penutup

Biasanya untuk pemasangan instalasi saklar tukar medan lokasi sangat sulit, peping dan winiring tidak mudah, karena memutari tangga, jika tertarik menggunakan skema saklar tangga seperti diatas lebih baik menggunakan saklar intermediate. 
Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Rangkaian Saklar Tukar 3 Lantai Untuk Tangga"