Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Rumah Idaman Bagus Murah dan Berkualitas

Tips Memilih Rumah Idaman Bagus Murah dan Berkualitas
www.lennar.com
Banyak faktor penting yang harus diperhatikan sebelum beli rumah baru, bagi anak muda pasti akan kebingungan memilih rumah baru.

Bagi keluarga muda, rumah adalah salah satu impian yang harus direalisaikan sedini mungkin.

Salah pilih rumah juga dapat merugikan kita sebagai pembeli, kualitas bangunan merupakan proiritas penting, setelah itu lanjut ke harga, sebisa mungkin harga rumah murah.

Tidak semua orang memiliki pengetahuan cukup dalam teknis kualitas rumah, mana rumah bagus atau rumah kurang bagus. Tentu developer atau penjual yang penting untung dan menjual.

Kebutuhan instrumen bangunan rumah harus diseleksi matang matang, mulai dari dinding rumah, keramik rumah, instalasi pipa dan instalasi listrik.

Beberapa point di atas tetap harus diperhatikan, karena kita menggunakan rumah sebagai tempat tinggal tidak sebenatar, berharap sampai anak cucu rumah yang kita beli tidak mudah rusak.

Berikut Cara Mudah Memilih Rumah Idaman Untuk Anak Muda :

1. Perhatikan Lokasi Rumah

Rumah adalah investasi, kata ini harus selalu tertanam di kepala kita pada saat memiliki keinginan membeli rumah dari penjual rumah.

Tips Memilih Rumah Idaman Bagus Murah dan Berkualitas
pixabay.com
Selain kita tempati sebagai rumah tinggal, rumah juga dapat kita manfaatkan sebagai tabungan di masa tua nanti, atau dapat kita sebut dengan investasi rumah tinggal.

Dengan satu catatan lokasi rumah yang kita beli strategis, semakin bagus lokasi rumah semakin mahal nilai investasi yang akan kita dapatkan.

Contoh rumah strategis adalah memiliki akses jalan lebar, mudah dijangkau orang, mudah dilihat orang dan sumber daya manusia baik atau ramai.

Saiapa saja akan tertarik dengan tipe rumah yang memiliki lokasi strategis, karena jika saja anda ingin menjual kembali rumah yang akan di beli, pasri harga jualnya sangat tinggi di masa depan.

Bagi anak muda tunggu apa lagi, jika memang memiliki keuangan baik, sebaiknya investasikan uang kita pada rumah tinggal, pasti suatu saat akan dapat menguntungkan kita.

2. Rencanakan Modal

Ingin memiliki rumah idaman memang membutuhkan modal banyak, puluhan juta hingga ratusan juta rupiah, maka dari itu kita harus menyesuaikan kemampuan keuangan keluarga.

Tips Memilih Rumah Idaman Bagus Murah dan Berkualitas
gurupendidikan.co.id
Jangan sampai pada saat sudah memiliki rumah atau mencicil rumah justru akan membuat kita terbebani secara finansial.

Jika ingin menggunakan kpr bank, penghasilan bersih suami istri dijafikan satu, dan wajib memenuhi persyaratan mampu mencapai nilai 30% dari harga unit rumah.

Tapi dengan satu catatan keduanya tidak tertanggung hutang.

3. Pilih Pengembang Yang Memiliki Reputasi Bagus

Memilih calon pengembang rumah atau perumahan harus jeli, pasalnya sudah banyak yang runyam pada saat cicilan rumah berjalan.

Tips Memilih Rumah Idaman Bagus Murah dan Berkualitas

Memilih pihak developer terpercaya adalah hal wajib, cari sebanyak mungkin informasi pengembang melalui internet, teman atau saudara sebelum rumah di beli atau poyek di mulai.

Pastikan developer tidak memiliki masalah pada proyek proyek sebelumnya, jika memang track record pengembang bermasalah, sebaiknya cari pengembang lain, mengingat uang yang akan kita keluarkan untuk urusan ini tidak sedikit.

Selain memiliki reputasi baik, dalam urusan dokumen yang dibutuhkan juga tidak berbelit belit.

4. Kualitas Bangunan Rumah

Awas uang besar, jangan salah pilih rumah yang memiliki kualitas kurang bagus, kualitas tidak hanya dari segi interior dan exteriornya, kuat tidaknya konstruksi bangunan, kualitas dinding maupun instalasi.

Tips Memilih Rumah Idaman Bagus Murah dan Berkualitas
soraastral.wordpress.com
Bagi orang awam sulit untuk mengetahui masalah seperti ini, dan sebaiknya jangan hanya melihat dari pameran saja, kunjungi lokasi rumah yang akan kita beli.

Kita dapat mengajak teman atau saudara yang tahu dan mengerti teknis baik tidaknya sebuah kualitas rumah hunian, cek beberapa bagian yang memang haru diwaspadai dalam kurun waktu 3 sampai 5 tahun akan terjadi kerusakan.

Cek bagian cat dinding, cek plesteran dinding rumah, cek patok pembatas apakah wajar atau tidak.

5. Pastikan Mendapatkan Harga Murah

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah murah, apalagi bagus. Banyak orang berkeinginan seperti ini termasuk saya.

Tips Memilih Rumah Idaman Bagus Murah dan Berkualitas
rumahdijual.com
Caranya adalah melihat harga pasaran rumah di sekitar, jangan sampai tertipu oleh makelar atau developer yamg ingin mendapatkan untung banyak.

Hitung harga tanah permeter di lokasi rumah

Harga tanah di sekitar lokasi rumah 1,5 juta, lalau perkirakan harga borongan rumah meter persegi, selanjutnya kita tambahkan.

Harga tanah 1,5 juta

Harga borongan rumah 3,5 juta

Luas rumah yang akan di beli 36 meter persegi satu lantai

(Harga tanah + Harga borongan) x Luas tanah

(1,5 juta + 3,5 juta) × 36 m2

5 juta x 36 m2

180 Juta

Jadi harga wajar dari rumah satu lantai yang akan di beli adalah 180 juta, dari hasil perbitungan di atas dapat di jadikan pedoman nego harga pada penjual rumah maupun developer rumah.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Tips Memilih Rumah Idaman Bagus Murah dan Berkualitas"