Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Mengatasi Listrik Mati di Rumah dan Apa Saja Penyebabnya

3 Cara Mengatasi Listrik Mati di Rumah dan Penyebabnya

Aliran listrik dirumah dapat terputus kanap saja, entah dari pln atau memang ada kerusakan listrik didalam instalasi rumah. Tentu ini akan membuat kita kesal dan merasa tidak nyaman, lebih tepatnya aktivitas akan terganggu.


Hal ini sering terjadi disekitar kita, listrik padam tiba-tiba, solusi paling mudah adalah memanggil tukang listrik terdekat, tapi jika kerusakan jam 2 pagi, apakah masih ada teknisi listrik? Pastinya ada teknisi listrik 24 jam di jakarta misalnya, dan harganya mahal.


Pasti anda berfikir untuk tidak menggunakan jasa kelistrikan 24 jam, karena mahal, jadi solusi kedua adalah memperbaiki sendiri, simak 3 cara mengatasi listrik rumah sering mati dan apa penyebabnya dibawah ini :


Kwh meter prabayar error atau muncul tulisan periksa

Masalah ini sering terjadi disekitar kita, meter prabayar error atau dalam masalah, permasalahan bisa saja terjadi karena kwh prabayar memang rusak atau instalasi listrik didalam rumah kita bermasalah dan butuh perbaikan.


Salah satunya adalah muncul tulisan periksa di layar meteran kwh prabayar, mungkin dirumah anda pernah mengalaminya, untuk mangatasi masalah jni anda dapat menelfon ke call center PLN 123 dan meminta saran perbaikan.


Kabel listrik terbakar

Sebelum membangun rumah, sebaiknya prediksi dahulu total penggunaan daya listrik nantinya, agar dapat menentukan ukuran kabel listrik yang menyesuaikam fungsinya, baca juga cara menentukan kuat hantar arus kabel listrik.


Faktor penyebab kabel listrik rumah terbakar adalah beban dan penampang tidak seimbang, beban yang mengaliri penampang kabel listrik terlalu besar, solusinya adalah menghitung ulang semua beban listrik dan mengganti kabel sesuai ukuran yang dibutuhkan.


Mcb turun karena kelebihan beban

Selain kabel terbakar, mcb pun juga dapat bermasalah jika kelebihan beban, trip turun dan terbakar. Anda dapat menggunakan jasa layanan teknisi untuk melakukan perbaikan, tapi bukan mcb kwh prabayar ya, karena itu khusu petugas pln, bukan orang sembarangan.


Coba hitung ulang total daya listrik dirumah, mulai penggunaan lampu, pompa kulkas dan ac, baru setelah itu menghubungi pihak pln untuk menaikkan amper mcb pada kwh prabayar, atau baca juga Cara Menghitung MCB 1 Phase Satuan Ampere Ke Watt Untuk Grouping Listrik

Post a Comment for "3 Cara Mengatasi Listrik Mati di Rumah dan Apa Saja Penyebabnya"