Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mengakali Listrik Prabayar Supaya Hemat Dan Murah

Manusia sangat memiliki ketergantungan kepada energi listrik, dengan adanya listrik kita dapat beraktivitas dengan mudah, tanpa harus kesusahan mengusahakan sesuatu, contoh listrik dapat dijadikan sebagai energi penggerak mesin.


4 Cara Mengakali Listrik Prabayar Supaya Hemat  Dan Murah


Dengan adanya listrik kita dapat berpindah tempat hanya dalam waktu hitunga detik, menggunakan lift gedung misalnya, tanpa harus kesusahan naik turun tangga, atau listrik juga dimanfaatkan sebagagai energi penerangan.


Baca juga : 8 Cara Menghemat Listrik 900 watt Agar Tagihan Tidak Membengkak


Tapi apa jadinya jika listrik dirumah boros, token listrik belum ada 1 minggu ludes terpakai, pasti ini akan membuat kesal pemilik rumah, berbagai cara dilakukan orang agar dapat menghemat listrik prabayar.


Simak tips berikut ini, cara mengakali meteran prabayar agar hemat di rumah.


1. Kontrol penggunaan alat elektronik

Alat elektronik bisa jadi merupakan penyebab utama listrik prabayar boros, penggunaan alat elektronik yang tidak terkontrol dapat membuat kita nombok nantinya.


Baca Juga : Alat Elektronik Rumah Bikin Boros Listrik. No 4 Paling Besar Memakan Daya


Penggunaan pompa air yang kurang maksimal, contoh kasusu pompa air tampa otomatis, pada saat air toren penuh, pompa tidak off sendiri, terkadang orang lupa, nah dari sini sudah kelihatan salah satu penyebab mengapa listrik prabayar boros.


2. Maksimalkan penggunaan lampu penerangan

Tanpa sadar lampu juga dapat membuat listrik parabayar boros, menyepelkan penggunaan lampu akan berdampak pada tagihan membengkak, jika masih menggunakan meteran analog begitu juka meteran prabayar.


Baca juga : Cara Memasang Instalasi Lampu Agar Listrik Irit Tidak Boros


Memaksimalkan penggunaan lampu rumah juga dapat menjadi solusi cara mengakali listrik prabayar supaya hemat, gunakan timer lampu atau batasi pemakaian lampu, dari jam 18.00 sampai 22.00 sudah cukup.


3. Gunakan ukuran kabel listrik yang pas

Kabel listrik merupakan konduktor utama untuk mengalirkan energi listrik dari sumber ke beban, tapi pemilihan kabel listrik yang tidak sesuai akan dapat menyebabkan listrik prabayar boros, simak ulasan berikut ini Cara Menghitung Kuat Hantar Arus Kabel listrik di Rumah


Saat ini banyak toko listrik yang menyediakan kabel berkualitas bagus dan sni, tapi tak jarang ada juga orang yang tetap menggunakan kabel kurunga bermutu, selain kurang bermutu juga salah dalam pemilihan jenis kabel.


4. Service instalasi listrik secara berkala

Cara ini bisa kita lakukan dalam kurun waktu 3 bulan sekali atau 5 bulan sekali, dan terbukti ampuh dapat menghemat listrik prabayar di rumah, melalui jasa teknksi listrik di sekitar atau mungkin anda sendiri juga dapat mengerjakannya sendiri.


Cek keseluruhan bagian-bagian instlasi kabel, mulai dari sambungan kabel, apakah ada yang ngepong/kendor, cek saklar, stop kontak dan jika anda menggunakan panel pembagi, cek koneksi kabel ke mcb dan busbar pannel, apakan ada kerusakan atau kendor.


Baca juga : Mcb Off Tapi Instalasi Kabel Listrik Hidup Semua. Simak Penyebabnya


Penutup

Penyebab listrik boros adalah dari kita sendiri si pemakai, cara termudah untuk mengakali listrik prabayar agar irit adalah memaksimalkan penggunaan energi listrik itu sendiri, seperti yang sudah di jelaskan pada 4 poin ulasan di atas.
Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "4 Cara Mengakali Listrik Prabayar Supaya Hemat Dan Murah"