Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Kuat Hantar Arus Kabel listrik di Rumah

 Kebel listrik merupakan material utama untuk menghantarkan arus listrik dari sumber listrik ke beban pemakaian seperti perangkat elektronik. Umum digunakan dalam instalasi listrik dirumah kita.


Membicarakan fungsi manfaat dan kerugian tentang listrik tidak akan ada habisnya, seperti kebakaran karena kabel listrik misalnya, sebelum membangun rumah sebaiknya memperhatikan dahulu kebutuhan dan spesifikasi material yang akan dipakai.


Tabel kuat hantar arus kabel listrik

Cara Menghitung Kuat Hantar Arus Kabel lIstrik di Rumah
Tabel Kuat Hantar Arus Kabel

Salah satunya adalah menentukan kuat hantar kabel listrik yang ada dirumah kita nantinya.


Kuat hantar arus harus dihitung sebaik mungkin agar nantinya dapat menetukan jenis dan ukuran kabel liatrik, terlalu kecil resiko terbakar terlalu besar rugi daya listrik, taua listrik terbuang, inilah salah satu penyebab mengapa listrik dirumah boros.


Langakah awal yang harus dilakukan sebelum dapat menentukan ukuran kabel listrik dirumah adalah mengetahui total daya listrik dalam satuan Watt.


Cara menghitung kuat hantar arus kabel listrik

Dalam satu rumah terdapat beberapa alat eletronik yang memiliki total daya dalam satuan watt sekitar 4.500 watt.


Selanjutnya gunakan rumus Amper I = P : V.


I = 4.500 watt : 220 V pln

I = 20,45 A


Selanjutnya kita lihat tabel kuat hantar arus kabel listrik.


20,45 Amper jika kita lihat pada tabel kabel diatas dapat menggunakan penampang kabel tunggal 1,5mm, tapi inis masih sangat beresiko.


Tidak semua perangkat elektronik dirumah kita memiliki konsumsi daya tetap seperti diagram yang terpasang, beberapa perangkat rumah yang sering terjadi kenaikan amper adalah kulkas, pompa dan Ac pendingin ruangan.


Jadi untuk berjaga-jaga dan pastinya ini aman, dari hasil 20,45 Amper total pemakaian daya dirumah, dan seharusnya masih mempu menggunakan kabel tunggal 1,5mm, kita tambahkan 25% sebagai persediaan ruang jika saja ada kenaiakan amper pada elektronik.


20,45 + 25% = 25,56 Ampere, selanjutnya lihat tabel angka 25,56 ada di kabel penampang tunggal 2,5mm, 25,56 Ampere kita bulatkan menjadi 27 Ampere.


Kabel 2,5mm masih aman kita gunakan didalam rumah dengan total beban 4.500 watt 1 phase.


Lalu jika masih memaksa menggunakan ukuran kabel 1,5 apa yang akan terjadi,? Sudah pasti akan meleleh dan terbakar.


Total semua kebutuhan penggunaan perangkat elektronik dirumah sebelum memasang jaringan instalasi listrik, seperti contoh diatas, jika kesulitan anda dapat menggunakan jasa teknjsi atau kontraktor terdekat.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Menghitung Kuat Hantar Arus Kabel listrik di Rumah"