Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyambung Pipa Westpex Ppr Expander Plastik Maupun Copper dan Copper

 Pipa pex dan ppr westpex merupakan produk lokal yang sudah sering kita temukan di proyek-proyek besar, pipa ppr dan pex dapat kita manfaatkan sebagai pipa instalasi air panas dan dingin bertekanan.

Cara Menyambung Pipa Westpex Ppr Expander Plastik Maupun Copper dan Copper
Sambungan Pipa Westpex


Spesifikasi pipa ppr westpex

Pipa ppr westpex memiliki spesifikasi pipa dengan warna putih bergaris merah dan biru, pipa ppr bergaris merah adalah pipa tebal, khusus untuk air panas dan pipa bergaris biru di gunakan untuk air dingin bertekanan.


Spesifikasi pipa pex westpex

Pipa pex westpex sama sama dapat di gunakan sebagai material instalasi pipa air panas dan dingin bertekanan, hanya saja size tersedia hanya sampai 50 mm atau 1 ½" saja, biasanya penggunaan ukuran selanjutnya menggunakan pipa ppr sebagai pipa lanjutan.


Cara menyambung pipa ppr westpex.

Penyambungan pipa ppr dapat di lakukan dengan menggunakan pemanas pipa air, ya itu dengan cara memanaskan bagian luar pipa ppr dan bagian dalam fitting pipa dengan elemen pemanas pipa ppr, ini adalah salah satu cara terbajk yang di rekomendasikan oleh produsen pipa westpex.


Langkah pemanasan pipa ppr adalah hidupkan mesin las pipa ppr yang sudah tersambung dengan arus listrik, tunggu sampai lampu indikator pemenas berubah ke posisi hijau, yang menendakan pemanas siapa di gunakan.


Masukkan pipa ppr ke elemen pemanas khusus pipa, yaitu fokus memanaskan bagian luar pipa, dan firting pada bagian dalam pipa, pipa ppr ½ inchi dan Fitting ½" dapat kita panaskan sampai mendapatkan hasil titik leleh sempurna dalam waktu 3 sampai 5 detik.


Selanjutnya lepas pipa dan fitting secpat mungkin lalu di satukan, pada kondisi ini kita harus benar-benar sudah berpengalaman, karena beresiko rembes atau bocor, jika hal ini terjadi solusi terbaik adalah mengganti pipa dan fitting dengan yang baru.


Waktu pendinginan sambungan pipa ppr ½" berkisar antara 6 detik sampai 10 detik, baru setelah itu pipa siap di pakai, hasil dari metode sambungan ini menciptakan ikatan kuat antar pipa dan fitting, anti boco dan rembes, mampu bertahan pada tekanan tinggi maupun air panas suhu di atas 80°.


Cara menyambung pipa pex expander plastik dan copper westpex.

Pipa pex lebih mudah kita temukan di proyek perumahan dan vila, di gunakan sebagai pipa instalasi air panas dan dingin water heater gas maupun water heater listrik. Pipa pex mudah dipasang dan disambung menggunakan alat penyambung pipa pex expander.


Cara kerja expander alat penyambung pipa pex adalah expander di pompa untuk mengendorkan selongsong cincin material bantu dan selanjutnya pipa dan fitting dapat mengait satu sama lain, dari sini kita akan mendapatkan sambungan antar pipa dan fitting yang tidak mudah bocor.


Ada pun cara pengaplikasiannya sebagai berikut, persiapkan expander alat penyambung pipa pex, fitting pipa pex misal Expander Plastik (EP) L 20, atau bisa juga di sebut dengan Elbow 20mm plastik, cincin pipa 20mm 2cm - 3cm dan pipa pex cold warna biru.


Pilih mata expander sesuai ukuran yaitu 20mm, masukkan cincin pipa ke pipa 20mm rata pinggir bibir pipa pex, selanjutnya masukkan mata expander pex yang sudah terpasang ke pipa dan cincin, lalu pompa sesuai kebutuhan.


Peehatian, pada saat pemompaan jangan terlalu keras atau terlalu banyak, karena akan dapat membuat lubang pipa dan cincin soak, ini bisa menjadi salah satu kerugian dalam pemasangan pipa pex, harus berhati-hati.


Untuk ukurna 20mm Pompa cincin dan pipa antara 3 samapi 4 kali, jangan setelah selesai, masukkan fitting Expander Plastik (EP) L 20 ke pipa tekan sembari di tahan sampai lubang pipa dan cincing kembali ke ukuran semula untuk mengunci Expander Plastik (EP) L 20.


Cara di atas juga dapat di aplikasikan untuk penyambungan expander copper besi yang di gunakan untuk pipa air panas pipa pex merah, sedangkan expander plasti di fungsikan untuk pipa air dingin pipa pex biru.


Cara menyambung fitting pipa pex Copper

Penyambungan pipa dan fitting pipa pex jenis copper sangat mudah dikerjakan, tanpa harus menggunakan alat mahal, cukup menggunakan kunci inggris 2 buah kita sudah dapat menyambung pipa pex dan fitting puluhan titik.


Persiapkan material dan alat, Copper (T) S 32-16 adalah material, pipa pex 32mm dan 2 kunci inggris. 


Cara pemasangan, lepaskan pengunci copper drat dalam, di dalam fitting copper terdapat cincin pengunci yang berguna untuk mengikat pipa pex, masukkan drat pengunci Copper (T) S 32-16 ke pipa pex 32mm, pasang cincin ke pipa, ratakan bagian ujung pipa.


Sepanjutnya masukkan pipa dan cincin tadi ke Copper (T) S 32-16 drat luar, pasang pengunci drat dalam fitting ke cincin pengunci drat luar, gunakan kunci inggris 1 untuk menahan dan 1 lagi untuk memutar jangan terlalu kencang, karena dapat merusak cincin pengunci fitting.

Post a Comment for "Cara Menyambung Pipa Westpex Ppr Expander Plastik Maupun Copper dan Copper"