Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Emergency Lamp dan Alasan Kenapa Harus Terpasang Di Rumah

 Lampu emergency adalah penerangan darurat secara otomatis, pada saat pln padam karena gangguan atau pemadaman langsung.


Pasti anda pernah mengalami aliran listrik terputus sementara, dan tentu rumah kita menjadi gelap, zaman semakin canggih, penerangan menggunakan lilin semakin ditinggalkan.


Banyak manfaat yang akan dirasakan jika kita mau menambahkan emergency lamp dirumah, beberapa titik disekitar rumah yang cocok jika terpasang lampu emergency.


Menentukan titik pemasangan lampu emergency


Tangga rumah

Didalam sebuah bangunan gedung, tangga adalah titik strategis jika terpasang emergency lamp, karena tangga adalah jalan utama menuju lantai atas, jika saja pln padam dan tidak ada penerangan, pastinya akan membahayakan si pengguna tangga. Jadi amat sangat bermanfaat jika terpasang lampu emergency sebagai penerangan darurat.


Ruang tamu

Ruang tamau juga dapat menjadi lokasi menempatkan emergency lamp, keuntungannya. Pada saat ada tamu atau ada acara keluarga, emergency lamp adalah solusi penerangan jika pln sedang ada gangguan listrik. Tentu ini akan sangat bermanfaat, dan tidak lagi menggunakan lilin api sebagai penerangan.


Teras depan rumah

Di lokasi rumah anda rawan pencuri, selain memasang kamera cctv, pasang juga lampu emergency untuk mencegah pencuri memanfaatkan keadaan, jika rumah dalam keadaan gelap, biasa saja akan menjadi sasaran orang jahat.


Toilet kamar mandi

Jangan sampai berantakan karena pln sedang melakukan pemadaman, selain beberapa alasan mengapa harus memasang lampu emergency dirumah, pemilihan tempat yang terakhir ini adalah toilet kamar mandi, siapa yang ingin gelap gelapan ditoilet, pasti anda tahu alasannya.


Gambar Skema Lampu Emergency 2 saklar 2 lampu

Cara Pasang Emergency Lamp dan Alasan Kenapa Harus Terpasang Di Rumah
Skema Lampu Emergency

Setelah menentukan titik mana saja yang akan dibackup emergency lamp saat pln padam, sesuaikan pengkabelan instalasi seperti gambar diatas.


Gambar diatas adalah contoh pemasangan 2 saklar seri 2 lampu, dan satu lampu emergency sebagai penarangan darurat nantinya.


Cara pemasangan lampu emergency

Cara Pasang Emergency Lamp dan Alasan Kenapa Harus Terpasang Di Rumah
Saklar Tunggal

Gambar diatas adalah skema saklar tunggal 1 lampu dasar, dan belum ditambahkan instalasi lampu darurat pada saat pln padam.


Pemasangan saklar tunggal sudah sering dijelaskan diblog ini


Gambar Setelah terpasang instalasi dan lampu emergency

Cara Pasang Emergency Lamp dan Alasan Kenapa Harus Terpasang Di Rumah
Saklar tunggal dan emergency lamp

Seperti yang dapat kita lihat pada gambar, ada kabel hitam yang sudah ditambahjab beserta 1 unit lampu emergwncy. Phase lampu emergency dapat kita ambil dari phase input saklar.


Jika anda melakukan pemasangan lampu emergency tanpa teknisi, selalu menjaga keamanan kerja, matikan mcb listrik terlebih dahulu baru setelah ini mengeksekusi pekerjaan seperti penarikan kabel, penyambungan dan pemasangan emergency lamp di plafon rumah. 


Penutup

Lampu emergency dijual murah di toku listrik, satu set dengan batre dan lampu, jadi kita tinggal memasang tidak perlu merakit.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Pasang Emergency Lamp dan Alasan Kenapa Harus Terpasang Di Rumah"