Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Kabel Lampu Led Strip Plafon Ke Power Supply

 Lampu led strip atau lampu pita saat ini semakin digemari karena jika terpasang rapi diatas plafon akan menambah keunikan langit-langit plafon rumah kita, sering bukan menemukan pencahayaan lampu plafon dilobi-lobi gedung.


Lampu les strip memang dapat memperindah suasana disalah satu ruangan, selain terpasang dilobi gedung, lampu led strip juga dapat dipasang di rumah kita sendiri, tanpa bantuan teknisi, dan ini bisa menghemat biaya.


Keuntungan jika terpasang diatas plafon adalah akan menambah keindahan interior rumah kita, tidak udah modal mengeluarkam modal banyak untuk mendapatkan 1 paket lampu strip led plafon untuk rumah kita.


Hanya dengan 100 ribu saja sudah mendapatkam material lampu strip led plafon siap pasang tanpa ada meterial lain, lampu strip, trafo 12V dan meterial bantu seperti kabel listrik 0,75mm, tenol solder dan isolasi listrik.


Simak cara pasang kabel lampu led strip plafon dibawah ini.

Cara Pasang Power Kebel Lampu Led Strip Plafon Ke Power Supply
Power Supply

Gambar diatas adalah contoh power supply led strip plafon, prinsip kerja power supply diatas adalah menurunkan tegangan pln 220 V menjadi 12 V, kenapa harus diturunkan, agar lampu led dapat menyala, jika tidak dirunkan voltasennya akan dapat merusak Led Strip.


Jika kita lihat pada bagian sebelah kiri gambar 220 Volt L merah dan N biru adalah sumber listrik dari pln, mulai dari titik tersebut volstase listrik masih tinggi, jadi harus berhati-hati, karena masih dapat membahayakan.


Adapun material dan peralatan yang dibutuhkan untuk merakit lampu led strip adalah sebagai berikut:


Kabel serabut nyyhy 3x1,5 secukupnya

Lampu led strip 5 meter

Isolasi listrik

Tang kombinasi

Gunting kecil

Obeng-/+

Tespen listrik


Langkah pertaman membuat matikan terlebih dahulu kabel sumber listrik dari mcb atau kwh meter, diblog ini sering menganjurkan dalam penyambungan kabel instalasi terpasang sebaiknya dalam keadaan off total demi kemananan.


Kupas kanel serabut nyyhy 3×1,5mm tang dan gunting kecil, buang kulir luar yang berwarna putih, setelah itu kupas ketiga kabel inti berwarna merah biru dan kuning, selanjutnya pasang kebel sesuai warna dipower supply seperti gambar diatas.


Kabel nyyhy 3×1.5mm adalah power sumber dari pln jadi tersambung di 220V, merah paling kiris phase, baring kedua netral dan ketiga grounding berwarna kuning. Pasang ketiga kabel tersebut dengan obeng +/-.


Perhatian, baut konektor pada power supply lampu led strip mudah patah, jadi jangan terlalu kencang, nanti dapat mematahkan baut konektor, secukupnya saja, dirasa sudah kencang lepaskan, atau coba ditarik.


Selanjutnya pasang lampu led strip ke power supply, dibagian sisi kanan dan kiri lampu led strip 12V terdapat kode (- & +), sesuaikan pemasangan dioutput power supply 12 V seperti gambar, kalau terbalik tidak hidup, jangan takut karena tidak beresiko terbakar.


Setelah terpasang dan diletakkan diatas palfon, sambung lampu led strip dengan kabel sumber dari mcb, cek aliran listrik kabel dengan tespen terlebih dahulu, jika kosong sambungkan kabel sesuai warna merah sumebe di merah 220 V power supply dan biru sumber ke biru 220 V power supply.


Selanjutnya cek dan teliti agar tidak ada yang keliru, kalau hanya penyambungan led terbalik tidak akan ada kerusakan, tapi jika terbalik di angka 220 V akan dapat merusak unit power supply dan lampu led strip teraebut, cek baik-baik, jika aman hidupkan mcb.


Untuk ulasang cara pemasangan lampu strio led di drop plafon coba bisa anda cek Cara pasang lampu led strip plafon rumah yang bagus dan murah

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Pasang Kabel Lampu Led Strip Plafon Ke Power Supply"