Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Kran Air Dingin Dan Panas Yang Rembes

 Kran air panas di rumah rusak mengharuskan kita untuk mengganti dengan yang baru atau memperbaikinya. Tapi solusi terbaik jika ada problem pada titik aksesoris kran panas dan dingin kamar mandi atau wastafel, lebih baik di ganti dengan yang baru.

Cara Pasang Kran Air Dingin Dan Panas Yang Rembes
Kran panas dingin

Resiko menggunakan kran air biasa maupun kran air panas dingin yang rusak dapat menyebabkan air terbuang sia-sia. Mulai dari kran air rembes sampai kran air mengalami keborocan, ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab mengapa tagihan air dirumah membengkak.


Maka dari itu, jika menemukankran air dalam keadaan panas dan dingin kamar mandi dalam keadaan rusak rembes maupun bocor, segera melakukan perbaikan sejak dini, sebelum tegihan pam rumah membengkak, ada pun cara mengganti kran air panas dingin sendiri simak ulasan dan penjelasan dibawah ini ;


Apa itu kran air? 

Kran air adalah aksesoris outlet air yang berguna untuk mengalirkan air sebagai tugas utama, dan yang kedua adalah sebagaia alat untuk buka tutup air dari supply ke pemakaian, manfaat kran air sendiri sangat besar dikehidupan kita sehari-hari.


Dengan adanya kran air, kita bebas menggunakan air sesuai kebutuhan pagi siang dan malam tanpa takut air terbuang, dari sini kita juga dapat mimiliki stok persediaan air toren yang aman, tanpa takut terbuang.


Mempersiapakan kran air baru

Saat ini banyak toko bagunan yang jual kran air plasti maupun kran stainless dingin panas dengan harga murah, ada macam-macam merk kran air yang dapat mudah kita temukan dipasar, atau anda juga dapat membeli di toko oneline.



Cara Pemasangan Kran air dingin dan panas

Didalam ulasan lain disini sudah pernah membahas bagaiamana mengganti atau memperbaiki kran air plasti, kali ini akan dijelaskan cara pasang kran panas dan dingin yang benar dan mudah, segera persiapkan beberapa alat sederhana berikut ini.


Kunci inggris 2 buah. 

Obeng -/+.

Kain kering


Aksesoris dan kran satubset

Kran air dingin dan panas

Double nepel 1/2" ke 3/4" 2 buah

Seltip pipa


Bongkar kran panas dingin lama

Langkah pertaman yang harus dilakukan adalah matikan stop kran utaman, atau stop kran pipa yang mensupply air bersih ke titik kran panas dingin, pastikan air memang benar-benar dalam kedaan tertutup tidak ada aliran air ke titik kran yang akan diperbaiki.


Lepaskan doubel nepel kran

Lepaskan double nepel lama, penyebab kran air dingin panas rembes adalah rusaknya double nepel akibat salah pemasangan, mungki pada saat pengaplikasian miring dan mengakibtakan drat rusak.


Bersihkan L drat dalam dari kotoran

Manfaatkan lap kain kering untuk membersihkan kotoran-kotoran yang mengendap dan menghilangkan sisa air agar kering, karena ini akan dapat memudahkan kita untuk melakukan pemasangan nantinya, 


Pasang seltip ke double nepel baru

Lakukan pemasangan seltip pipa ke double nepel 1/2", ini yang nantinya akan terpasang dan 3/4" ke input aksesoris kran air dingin dan panas. Lakukan cara ini untuk double nepel satunya, untuk pemasngan seltip kran, lakukan searah jarum jam, jangan terbalik.


Pasang double nepel baru.

Jika terpasang dengan benar, standar tinggi kran kamar mandi adalah 110cm sampai 125cm, dan memiliki 2 titik outlet 1 utuk air panas ada di sebelah kiri dan air dingin sebelah kanan, menyesuaikan saja seperti pemasangan lama.


Gunakan kunci inggris untuk mengencangkan doubel nepel kuningan, tapi sebelumnya diharapakan selalu berhati-hati pada saat memasang drat luar 1/2' pada double nepel ke drat dalam L bow, harus lurus dan pas baru dikencangkan dengan kunci inggris


Pemasangan kran panas dan dingin

Pasang kran seperti pada saat awal melakukan pembongkaran kran lama, perhatian, jangan pernah mengencangkan cover staibnless menggunakan kunci inggris, karena akan dapat merusak uni kran panas dan dingin.


Penutup

Kran air panas dan dingin rusak dapat menjadi masalah besar, banyak kerugian yang akan di dapatkan seperti mengalamai pembengkakan tagihan air, dan sebaiknya harus langsung diganti.

Post a Comment for "Cara Pasang Kran Air Dingin Dan Panas Yang Rembes"