Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Lampu Emergency Exit Sendiri Tanpa Teknisi

 Bagi anda yang sering keluar masuk tempat umum seperti mall pasar gedung perkantoran dan kampus maupun rumah sakit, pasti sering melihat lampu berwarna hijau bertuliskan Exit beserta simbol tanda panah.

Cara Pasang Lampu Emergency Exit Sendiri Tanpa Teknisi
Emergency Exit

Lampu exit mudah kita temukan di koridor-koridor gedung yang akan menunjukkan jalan menuju arah keluar seperti kelokasi tangga dan lift gedung, dengan adalanya lampu ini seseorang tidak akan kebingungan digedung besar.


Tapi jika lampu ini terpasang dirumah kita rasanya kurang penting, karena tidak terlalu sulit bagi kita untuk menghafal area sekitar rumah. Keculai gedung yang memiliki lebih dar 5 lantai baru sangat membutuhkan, agar tidak bingung.


Lokasi Pemasangan lampu Exit

Lalu dimana lokasi paling strategis untuk menempatkan lampu emergency Exit ini?


Seperti yang sudah dijelaskan diatas, lampu emergency exit paling cocok terpasang di depan lorong yang mengarah ke pintu keluar gedung, atau didepan lift gedung, dan titik pemasangan harus mudah dilihat.


Fungsi lampu emergency exit

Fungsi utama dari lampu ini adalah dapat menunjukkan arah jalan keluar pada saat listrik gedung padam, jadi dengan adanya lampu ini kita akan terbantu dan mudah dalam menemukan jalan exit dalam keadaan listrik dilokasi padam.


Cara kerja lampu Emergency exit

Lampu emergency exit bekerja dengan bantuan energi batre charger, jadi bersifat sementara, antara 2 jam sampai 3 jam penggunaan, setelah itu padam. Tapi jika lampu dialiri listrik kembali, batrai lampu akan otomatis mengisi.


Cara pemasangan lampu emergency Exit

Cara Pasang Lampu Emergency Exit Sendiri Tanpa Teknisi
Cara Pasang Lampu Emergency Exit

Lampu exit terpasang menempel dilangit-langit plafon dengan cara mengaitkan bagian body pegangan lampu yang nantinya dikunci menggunakan skrup agar dapat menempel diatas plafon.


Langkah pertama adalah bongkar kaca lampu dari body batre dan lampu, selanjutnya pasang bodi lampu ke plafon serta sambung 2 kabel L dan N yang ada didalam body box lampu, L adalah merah dan N adalah biru.


Jika sudah tersambung pasang kembali kaca lampu seperti awal, tapi sebelum melakukan pekerjaan diatas padamkan dulu aliran listrim dari sumber MCB atau Panel listrik yang melayani titik lampu emergency tersebut.


Suber listrik lampu emergency adalah satu line standby yang artinya tanpa ada perantara pemutus kecuali mcb utama, seperti yang sudah dijelaskan diatas lampu ini akan bekerja pada saat listrik gedung padam atau off.

Penutup

Cara pemasangan lampu emergency exit dapat dilakukan sendiri, seperti cara yang sudah dijelaskan diatas, jadi anda akan lebih berhemat dan tidak mengeluarkan uang service hanya untuk menyambung dua kabel lampu emergency exit 

Post a Comment for "Cara Pasang Lampu Emergency Exit Sendiri Tanpa Teknisi"