Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Water Heater Listrik Tanpa Bobok Keramik

 Bagi anda yang tinggal di daerah bersuhu dingin, pasti ingin memanfaatkan water heater pemanas air sebagai peralatan kebutuhan mandi, tapi jika kamar mandi rumah sudah jadi apakah bisa terpasang instalasi pipa air panas tanpa bobok keramik?

Cara Pasang Water Heater Listrik Tanpa Bobok Keramik
Piqsels

Tentu jawabnnya bisa terpasang, ada cara mudah untuk memasang water heater beserta pipa air panas tanpa merusak area dinding kamar mandi, yaitu menggunakan instalasi di luar keramik atau menempel didinding keramik.


Banyak teknisi yang sudah sukses melakukan cara ini, karena jika membongkat keramik akan beresiko, terkena instalasi pipa tanam atau merusak dinding keramik kamar mandi, dan ujung-ujungnya ada biaya tambahan.


Langkah pemasangan water heater pemanas air tanpa bobok keramik kamar mandi sebagai berikut ;


Pesiapan alat

Adapun peralatan sederhana dibawah ini mudah kita temukan dirumah atau jika ada dapat dibeli ditoko peralatan listrik maupun toko bangunan.


Tangga lipat

Bor listrik

Palu kecil

Gunting pipa

Meteran kecil 5m


Persiapan material

Material yang dibutuhkan untuk dapat menggunakan water heater sangat mudah dicari, dan harga yang ditawarkan juga murah meriah, hanya dengan 1,5 juta sampai 2 jutaan kita sudah dapat memiliki water heater di dalam rumah, berikut material yang dibutuhkan.


Water heater gas/listrik

Shower air panas.

T kran 1/2"

Flexible air panas

Stop kran air panas.

Klem pipa 1/2" secukupnya

Seltip pipa


Tahap pemasangan water heater tanpa bobok keramik

Disini hanya akan dijelaskan bagaimana cara memasang instalasi pipa air panas water heater tanpa bobok keramik, untuk lebih jelasnya baca diulasan berikut ini Cara Instalasi Water Heater Gas Sendiri Tanpa Jasa Teknisi


Pemasangan mesin pemanas

Langkah pertama adalah menentukan titik pemasangan mesin pemanas, umumnya mesin pemanas gas maupun listrik terpasang didalam kamar mandi, dan mudah dijangkau untuk menghidupkan maupun memadamkan, pasang tepat diatas kran kamar mandi.


Rata-rata jarak water heater dari lantai adalah 170cm - 200cm cukup, jangan terlalu tingi, manfaatkan tangga lipat untuk melakukan pemasangan mesin water heater, selanjutnya gunakan bor listrik untuk memasang breacket mesin water heater gas maupun listrik.


Pemasangan T kran 1/2"

Bongkar kran lama, lepasnkam dari L drat dalam yang terpasang didinding keramik, putar pelan agar tidak merusak drat didala L tersebut, lalu lilitkan seltip pipa ke T kran baru secukupnya, dan pasang ke L drat dalam tempat kran lama.


T kran memiliki 2 outlet, pertama outlet ke pemakaian kran biasa, dan yang kedua outlet ke input air dingin water heater pemanas air, cara ini terbukti manjur untuk mengakali pemasangan unit pemanas air mandi tanpa bobokan.


Pemasangan pipa input air dingin

Pasang supply pipa air dingin dari titik T kran ke mesin water heater, gunakan meteran untuk mendapatkan ukuran pas antara T kran ke titik input air bersih, jangan terlalu panjang atau kurang panjang.


Penutup

Pemasangan mesin pemanas air sangat mudah, dapat kita kerjakan sendiri tanpa menggunakan jasa tukang atau teknisi, keuntungannya kita akan menghemat biaya pemasangan.

Post a Comment for "Cara Pasang Water Heater Listrik Tanpa Bobok Keramik"