Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Penyambungan Kabel Di dalam T Dus Listrik Yang Benar

 Teknik pemasangan instalasi listrik harus di lakukan dengan benar, salah satunya adalah penyambungan kabel listrik di dalam T dus atau box terminal sambungan yang sering kita lihat terpasang di atas plafom rumah.


Fungsi utama T dus adalah untuk menampung dan mengamankan beberapa buah sambungan kabel listrik agar trisolasi dengan baik, dengan ada T dus di harapakan dapat menghindari sengatan listrik terhadap manusia.


Bagi yang berprofesi sebagai teknisi listrik pasti sudah tidak asing lagi dengan material pendukung dalam penyempurnaan instalasi jaringan listrik rumah ini, salah satunya adalah piping pipa conduit dan T dus ada di dalamnya.


Tapi saat ini masih banyak orang yang menyepelekan penggunaan T dus di dalam pekerjaan peping pipa conduit, seperti yang sudah di jelaskan di atas, T dus berguna untuk mengamankan istalasi listrik di rumah anda.


Selain itu juga dapat memperpanjang umur masa pemakaian kabel, karena semua kabel dan sambungan terbungkus dengan baik, kabel tanpa peping hanya dapat bertahan hingga 15 tahun, peping sampai 40 tahun pemakaian.


Simak cara penyambungan kabel listrik di dalam T dus di bawah ini.


Umumnya instalasi rumah menggunakan kanel NYM/NYA 1,5mm sampai 4mm yang nantinya di masukkkan kedalam pipa conduit 20mm, dan sambungan kabel berada di dalam T dus atau Cross dus, T dus 3 lubang Cross 4 lubang.

Cara Penyambungan Kabel Didalam T Dus Listrik Yang Benar
Cara Menyambung Kabel Listrik

Persiapkan alat-alat pendukung seperti tang potong, tang kombinasi dan pisau cuter, materila pendukung untuk menyambung kabel di dalam T dus adalah isolasi listrik/las dop listrik, las dop adalah isolasi kabel ulir.


Apa bila alat dan bahan yang di butuhkan sudah tersedia, lakukan langkah-langkah berikut ini.


Sebelum melakukan pengupasan kabel, di harapkan kebel NYM memiliki space 13cm sampai 15cm, kenapa? Untuk memeudahkan kita mengolah kabel nantinya, terlalu pendek beresiko terlalu panjang juga dapat membuat T dus penuh.


Lakukan pengupasan kabel NYM di dalam T dus dari ujung kabel sampai mentok bibir lubang T dus, jangan sampai ada kulit kabel tersisa, karena ini akan menyulitkan dalam proses perapian, dan dapat membuat T dus penuh.


Jika sudah terkupas dengan baik, dari 3 kabel masing-masing memiliki 3 kabel NYA perkanel, ada 9 kabel yang memiliki warna sama. Biru coklat dan kuning, 3 kabel ini yang nantinya di sambung di dalam T dus nantinya.


Keterangan kabel. 


Coklat adalah Phase

Biru adalah Netral dan

Kunkng adalah grounding


Dari 3 warna di atas kita akan dapat membedakan fungsi maupun kegunaannya. 

Cara Penyambungan Kabel Didalam T Dus Listrik Yang Benar
Netral phase dan Ground

Satukan kabel kemasing-masing titik seperti gambar di atas, jangan sampai menumpuk karena dapat membuat ruang di dalam T dus penuh, setelah itu potong sama rata, dari space 15cm masih memiliki sisa 10cm sampai 2cm.


Kupas isi kabel masing-masing 3cm, jika sudah untuk 3 kabep sama warna ke arah kanan, jangan terbali, karena jika isolasi menggunakan las dop ulir tidak akan bisa terpasang dengan baik, las dop ulir memanfaatkan dar ulir di dalamnya.

Post a Comment for "Cara Penyambungan Kabel Di dalam T Dus Listrik Yang Benar"