Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Pipa Hdpe Ppr dan Pvc Untuk Rumah Bagus Mana

Perbedaan Pipa Hdpe Ppr dan Pvc. Bagus Mana Jika Untuk Air Panas
Perbedaan Pipa Ppr Pvc dan Hdpe

Pipa adalah sebuah media yang berfungsi untuk mengalirkan cairan maupun gas. Melalui pipa, fluida cair maupun gas dapat di pindahkan dari tempat satu ke tempat lain.

Beragam jenis pipa di produksi sesuai kebutuhan, mulai dari pipa plastik, pipa ppr, pipa hdpe, pipa stailess dan pipa besi, semuanya memiliki kekurangan dan keunggulan, dan memiliki fungsi berbeda-beda

Pipa-pipa tersebut dapat mudah kita temukan di toko dan distributor, jika ingin mendapatkan harga murah, anda dapat langsung ke dustributor, harga yang ditawarkan biasanya selisih dengan harga toko-toko kecil.

Disini kita akan membahas mengenai perbedaan pipa ppr hdpe dan pvc, 3 pipa burkualitas yang mudah kita temui terpasang di rumah-rumah maupun proyek besar, simak penjelasannya di bawah ini.


Apa Itu Pipa Ppr

Pipa ppr identik dengan warna hijau, bergaris merah dan biru. Ppr atau bisa kita sebut Polypropylene Random adalah sebuah pipa yang memiliki segudang kelebihan dan keuntungan jika terpasang di rumah.

Saat ini sudah banyak yang mengakui keunggulan pipa ppr sebagai pipa air panas dan untuk instalasi bertekanan tinggi, pipa ppr sering kita temukan terpasang di gedung-gedung besar.

Pipa merupakan solusi terbaik pengganti pipa besi, sama-sama kuat tetapi pipa ppr tidak dapat berkarat, pipa ppr terbuat dari minyak bumi asli. Aman sebagai instalasi air bersih bertekanan.


Fungsi pipa ppr

Umumnya pipa ppr digunakan untuk instalasi gedung-gedung besar seperti mall dan hotel, digunakan untuk instalasi air bersih panas dingin bertekanan tinggi maupun gas, tapi ada juga yang memanfaatkan pipa ppr sebagai pengganti pipa tembaga untuk instalasi Ac.


Harga Pipa Ppr

Di toko-toko harga pipa ppr air dingin ½" berkisar antara Rp35.000 sampai Rp50.000 lumayan murah, tapi jika anda membeli langsung ke agen, pasti akan mendapatkan harga lebih miring alias sangat murah, demi menekan pengeluaran.

Berikut ini adalah size pipa ppr yang sering di gunakan di dalam proyek-proyek maupun rumahan. 1/2", 3/4",1", 1-1/4", 1-1/2", 2", 2-1/2", 3", 4", 5", 6", 8", 10", 12".

Penyambungan pipa ppr memanfaatkan welding machine/pemanas pipa ppr. Pemanas pipa ppr adalah alat khusus yang disediakan produsen untuk melakukan penyambungan pipa ppr.


Cara penyambungan pipa ppr

Penyambungan pipa ppr adalam penggabungan antara salah satu ujung pipa atau keduanya ke fitting sambungan, degan cara di panaskan bagian luar pipa dan bagian dalam fitting sambungan lalu di panaskan.

Mekanisme peyambungan pipa ppr. Sebelumnya hidupkan dahulu pemanas pipa ppr terlebih dahulu sampai indikator mesin pemanas ada pada lampu hijau, yang mandakan elemen pemanas siapa pakai untuk menyambung pipa.

Selenjutnya masukkan pipa ke elemen pemanas untuk memanaskan bagaian luar pipa ppr, dan elemen sebelahnya untuk memanaskan bagian dalam fitting, lihat tabel pemasangan pipa ppr diawah ini, agar mendapatkan hasil sambungan yang sempurna dan kuat anti bocor maupun rembes. Cara Penyambungan Pipa Ppr Agar Tidak Bocor


Apa Itu Pipa Hdpe

Pipa hdpe adalah plastik bertekanan yang saat ini semakin populer. HDPE atau dapat diaebut juga dengan high density polyethylen merupakan pipa berbahan dasar minyak bumi (PE), sebagai intalasi gas atau air bersih.

Pipa hdpe ramai digunakan oleh masyarakan karena memang keunggulannya diatas rata-rata jika dibandingkan dengan jenis pipa lain, sama seperti pipa ppr, tapi pipa hdpe lebih unggul.

Sering kita menemukan proyek-proyek dipinggiran jalan menggunakan pipa hitam bergaris biru atau merah. Biasanya digunakan kontraktor untuk proyek pam dan isolasi kabel bawah tanah, mungki di sekitar anda sedang ada pekerjaan pemasangan pipa ini?


Kegunaan pipa Hdpe

Pada instinya pipa hdpe sama seperti pipa-pipa lain, sebagah pengalir fluida dan gas, seperti untuk pengairan sawah bahkan untuk distribusi air bersih sekalipun, karna pipa hdpe memang aman dan bebas timbal.

Selain itu pipa hdpe juga dapat difungsikan sebagai isolasi kabel bawah tanah, seperti kabel PLN dan FO, dulu mungkin sering kita melihat kabel FO menggunakan pipa besi, tapi saat ini jarang, karena vendor lebih memilih pipa hdpe.

Pipa hdpe dapat bertahan hingga 50 tahun tertimbun tanah meski difungsikan untuk zat kimia cair, berbeda dengan pipa besi yang sangat mudah korosi, tentu ini akan menjadi salah satu pertimbangan untuk kontrkator, dan lebih menggunakan pipa hdpe dengan alasan lebih unggul.


Harga pipa hdpe

Pipa hdpe memiliki size ukuran dari 1/2", 3/4",1", 1-1/4", 1-1/2", 2", 2-1/2", 3", 4", 5", 6", 8", 10", 12", 14", 16", 18", 20", 22", 24", 28". Pilihan ukuran pipa hdpe memanh sudah dipersiapkan oleh produsen demi memenuhi kebutuhan konsumen.

Harga pipa hdpe terbilang cukup mahal, tapi jangan tanya kualitasnya, pipa hdpe masih menjadi primadona konsumen besar seperti PT PLN dan para pengusaha yang memanfaatkan jaringan kabel seperti kabel Fiber Optik.

Tapi jika anda tertarik menggunakan pipa hdpe di rumah karena kualitas yang dijanjikan, tidak masalah, karena pipa hdpe juga menyediakan ukuran pipa pada umumnya, 1/2" sampai 2", 2 size pipa yang sering digunakan dalam instalasi pipa air bersih rumahan.


Alat penyambung pipa Hdpe

Alat penyambung pipa hdpe yang sering kita lihat dipasar maupun proyek adalah mesin Butt Fusion pemanas pipa hdpe. Sistem kerja alat ini adalah memanaskan titik ujung pipa sesuai prosedur yangbdi anjurkan lalu disatukan.

Sama seperti pipa ppr yang menggunakan alat pemanas, bedanya jika pipa ppr memanaskan area luar pipa jan bagian dalam fitting, pipa hdpe memanaskan ujung dan ujung pipa maupun fitting lalu ditempelkan jadi satu.

Sebagai orang awam, mungkin akan bertanya-tanya, apa tidak lepas kalau tertarik? Hasil sambungan senyawa dari pipa hdpe menggunakan alat pemanas butt fussion menghasilkan kualitas sambung 95% seperti kualitas batang pipa dan fitting.


Cara penyambungan pipa Hdpe.

Sering dijelaskan didalam blog ini, pemasangan dan penyambungan pipa hdpe harus dikerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman, setidaknya memiliki sertifikat pengelasan resmi, agas tidak beresiko.

Ada 3 metode penyambungan pipa hdpe yang dapat dipraktekkan, yaitu metode pengelasan menggunakan Mesin Mutt Fusion, Mecanical Joint dan Electro Fusion. Ketiga cara ini sudah sering dilakukan oleh profesional untuk menyambung pipa hdpe di dalam sebuah proyek, mari kita bahas satu-satu.


Metode Penyambungan Mechanical Joint

Mechanical joint adalahbsalah satu metode penyambungan pipa hdpe untuk size kecil dibawah ukuran 2 inch. Ukuran pipa 2 inch umum digunakan didalam instalasi rumah-rumah, jadi pipa hdpe juga dapat dipasang didalam instalasi rumah.

Mekanisme penyambungan pipa hdpe mechanical joint adalah proses penyambungan manual, tanpa menggunakan alat tambahan, berbeda dengan menggunakan mesin butt fusion atau alat electro fusion.

Hanya saja di dalam penyambungan pipa hdpe mechanical joint membutuhkam meterial tambahan yaitu Compression Joint fitting. Msterial bantu compression joint dijual terpisah, seperti fitting-fitting pipa lainnya, tapi anda tidak usah khawatir, fitting Compression Joint pasti tersedia di tempat anda membeli pipa hdpe tersebut.

Metode penyambungan Compression joint pipa hdpe tanpa menggunakan proses pemanasan, kedua ujung pipa akan di lapisi ring pengait dan selanjutnya di kunci oleh drat putar seperti water mur sebagai pengencang sambungan Compression joint pipa hdpe.


Metode Penyambungan Pipa Hdpe Dengan Mesin Butt Fusion

Mungkin bagi anda yang memiliki profesi sebagai teknisi pipa sudah tidak asing lagi dengan metode pemasangan pipa hdpe menggunakan mesin Butt Fusion, atau anda pernah mengoperasikan mesin ini?

Metode butt fusion adalah penyambungan pipa hdpe yang bertujuan melelekan kedua ujung pipa atau pipa dan fitting, menggunakan besi pemanas yang ada di mesin butt gusion, cara ini terbukti kuat meski proses penyambungannya hanya menempel.

Proses pemanansan ujung pipa dan pipa akan menghasilkan lelehan mentah pipa hdpe seperti pada saat awal di produksi, dari sini kita harus memanfaatkan situasi lelahan untuk melakukan penyambungan  antar pipa.

Pada saat pipa hdpe ditempelkan ujung dan ujung atau antar pipa dan fitting, titik leleh ini akan kembali mengeras, garis sambungan antar pipa dan pipa sama kuatnya denga batang pipa asli, jadi jangan khawatir lepas atau bocor jika pipa di gunakan untuk fluida cair.

Sambungan pipa memanfaatkan alat butt fusion dapat bertahan hingga 50 tahun bahkan lebih, akan tetapi juga harus didukung oleh teknisi yang sudah berpengalaman, paling tidak 2 tahun bekerja sebagai operator mesin Butt Fusion pipa Hdpe.

Metode Penyambungan Hdpe dengan Alat Electro Fusion

Metode penyambungan pipa hdpe electro fusion adalah cara penyambungan pipa yang memanfaatkan tenaga listrik, dari cara ini akan di haskan lelehan antar ujung pipa dan selanjutnya di satukan untuk menciptakan sambungan bekualitas.

Tapi cara ini jara digunakan, karena membutuhkan material dukungan yang harga jualnya tidak murah, berbeda denga 2 metode penyambungan pipa hdpe yang sudah kita bahas di atas, murah dan material bantu yang di butuhkan mudah di dapatkan.

Keuntungan metode penyambungan pipa hdpe menggunakan metode electro fusion adalah jauh dari resiko kebocoran sambungan, karena sistem senyawa antar pipa maupun antar fitting hampir dapat di katakan sempurna.

Apa itu Pipa Pvc

Pipa pvc umum di gunakan sebagai instalasi pipa air bersih maupun kotor di rumah-rumah maupun gedung, dan pastinya terpasang di rumah kita, sebagai pendukung jaringan instalasi pipa air murah dan berkulaitas masa kini.

Meski harga pipa pvc lebih murah dari 2 pipa yang sudah kita bahas di atas, tapi pipa pvc ramai di minati masyarakat umum, kembali ke fungsi kegunaan dan pemasangan, ini lah yang di namakan solusi jawaban produsen tentang produk kepada konsumen, murah berkualitas dan dapat di sesuikan.

Fungsi utaman pipa hdpe dan ppr adalah untuk sistem kerja pipa tekan dan air panas dingin bertekanan, jika rumah kita tidak ada sistem pemipaan seperti itu, sama saja nanti buang modal untuk pembangunan jaringan instalasi pipa air.

Jadi produsen menginovasi pipa anti korosi, mudah di pasang dan tentunya cocok di kantong. Maka dari itu banyak orang yang menggunakan pipa pvc sebagai material utaman untuk instalasi pipa air bersih dan kotor rumahan.

Fungsi pipa Pvc

Penggunaan pipa pvc umum terpasang sebagai pipa instalasi air bersih dan air kotor kamar mandi, untuk pipa supply air bersih toren dari grountank menggunakan pipa berukuran 1/2 inch Aw sampai 1 inch Aw, dan pipa air buangan 2 Inch sampai 6 inch Aw atau juga D


Perbedaan pipa Aw dan D dapat kita lihat dari indikator garis warna pipa, pioa tioe Aw memiliki garis biru yang menenadakan pipa pvc kualitas 1 sangat tebal, dan pipa tipe D memiliki garis warna merah muda dengan ketebalan pipa lebih tipis.

Produsen pipa pvc menyediakan pilihan 2 tipe pipa Aw dan D, agar menyesuaikan pemasangan di lapanagan, pipa D lebih cocok untuk instalasi buangan di luar tembok atau tidak tertaman, resiko menanam pipa D di tembok atau tanah akan mempersingkat usia pemakainan pipa pvc.

Contoh pemasangan pipa D dapat kita manfaatkan untuk instalasi pipa air hujan, pipa buangan outbow, kenapa tidak menggunakan pipa Aw? Pipa D lebih murah, dan jika pemasangan tanpa ada tekanan atau tertanam, umur penggunaan pipa Pvc tipe D akan sama dengan umur penggunaan pipa tipe Aw.

Sedangkan pipa Aw cocok kita fungsikan untuk instalasi pipa air bersih bertekanan atau air buangan toilet, 1/2" - 2" untuk supply air bersih dan 2" - 6" di dungsikan untuk air kotor buangan seperti closet dan drainase kamar mandi menuju ke tempat penampungan limbah cair maupun padat. 


Harga Pipa Pvc

Harga pasaran pipa pvc Aw maupun D tidak terlalau mahal, 1/2" antara Rp20.000 sampai Rp23.000 dan tersedia berbagai ukuran beserta fitting sambungan, berikut ukuran pipa pvc yang mudah kita temukan di toko bangunan 1/2", 3/4", 1", 1-1/4”, 1-1/2", 2", 2-1/2", 3", 4", 5", 6”.

Fitting pipa pvc tersedia dan menyesuaikan ukuran pipa di atas, mulai dari fitting elbow 90°, shock pipa pvc, stop kran valve, elbow 45° dan masih banyak lagi, cek harga pipa pvc merek terkenal berikut ini Harga Pipa Pvc Standard Jis Ppr Hdpe Rucika Terbaru


Cara Penyambungan Pipa Pvc

Berbeda dengan pipa ppr dan hdpe yang memanfaatkan listrik maupun material mekainik, penyambungan pipa pvc memanfaat Lem pipa perekat yang sudah di siapkan oleh setiap produsen pipa, lem pipa ini akan dapat menyatukan antar fitting dan pipa pvc.

Cara penyambungan pipa pvc sangat mudah, dapat kita lakukan sendiri, tidak serumit penyambungan pipa hdpe maupun pipa ppr yang membutuhkan jasa teknisi berpengalaman, maka dari itu inilah alasan masyarakat umum memilih pipa pvc, murah berkualitas dan mudah dipasang.

Cara penyambungan pipa pvc dapat kita lakukan dengan cara mengoleskan lem pipa ke bagian dalam fitting dan bagian luar pipa, dan selajutnya di satukan, dengan satu catatan pipa dan fitting yang akan di sambung harus memiliki ukuran sama, pipa 1" - fitting 1".


Penutup

Ke 3 pipa di atas sama-sama sebagai pengalir fluida cair maupun gas, dan tentu fungsi kegunaan berbeda-beda, kita wajib menyesuaikan karena produsen tahu, produk yang tersedia di pasar adalah jawaban dari kesulitan kita sebagai konsumen maupun teknisi di lapangan.

Post a Comment for "Perbedaan Pipa Hdpe Ppr dan Pvc Untuk Rumah Bagus Mana"