Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Saklar Tunggal Di Rumah Rusak? Simak Cara Kerja Saklar Sangat Sederhana

Www.pipindo.com - Tidak selamanya perangkat listrik di rumah dapat bekerja dengan baik, pasti akan ada waktu dimana alat-alat tersebut akan rusak dan perlu perbaikan, service atau ganti baru, untuk mengantisipasi hal ini tentu kita harus membutuhkan teknisi listrik.

Saklar Tunggal Di Rumah Rusak? Simak Cara Kerja Saklar Sangat Sederhana
Saklar Tunggal Rumahan

Saklar merupakan alat sederhana dalam instalasi listrik yang berfungsi sebagai pemutus maupun penyalur phase listrik dari sumber ke beban seperti lampu atau alat elektronik lainnya, sangat sederhana bukan? Kita ulangi, saklar berguna untuk pemutus atau penghubung phase api listrik ke beban.


Dengan adanya saklar kita tidak akan tersengat listrik, seperti yang kita ketahui,  aliran listrik PLN berbahya, sangat berbaya, maka dari itu saklar adalah solusi terbaik sebagai alat untuk mengontrol perangkat elektronik seperti lampu, kipas angin, pompa air dan masih banyak lagi.


Kita akan membahas satu jenis saklar yang sering kita gunakan, yaitu Sakkar Tunggal. Seperti namanya Saklar Tunggal, yang berarti hanya satu saklar, saklar ini hanya memiliki satu tombol On maupun Off dalam pengoperasiannya, dengan saklar ini kita dapat mengontrol 1 lampu atau lebih dengan cara lampu di seri sesuai keinginan.


Pertanyaannya. Saklar tunggal di rumah rusak? Takut meperbaiki sendiri? Anda dapat menggunakan jasa tukang listrik terdekat atau jika ingin memperbaikin sendiri, simak cara kerja saklar seperti yang sudah tertulis di atas, jika sudah paham ikuti langkah-langkah berikut ini:


Cara Memperbaiki Saklar Tunggal.

Sebelum membongkar saklar yang rusak, persiapkan beberapa alat sederhana yang sering digunakan teknisi listrik, pasti dirumah kita ada, jika tidak anda dapat membelinya di toko-toko terdekat: 


Persiapan Alat dan Material

1. Obeng +/- kecil

2. Tang kombinasi listrik

3. Tes pen listrik

4. Isolasi (jika dibutuhkan)

5. Cutteer kecil

6. Saklar tunggal baru


Bongkar Saklar Lama

Di sini harus selalu diperhatikan, masalah kemanan, listrik sangat berbahaya bagi manusia mapun hewan, sebelum melakukan tahap pembongkaran saklar lama, matikan terlebih dahulu mcb kwh meter, agar sumber listrik saklar Off, jadi kita aman dan nyaman saat melakukan perbaikan, perbaikan saklar dalam ke adaan meteran On hanya boleh dilakukan oleh teknisi yang sudah berpengalaman.


Gunakan obel plus atau min untuk melepas cassing saklar dari inbow dos, jika sudah tarik body saklar maka akan terlihat kabel In dan Out phase di bagian belakan body saklar, gunakan tespen untuk cek aliran listrik, apakah masih ada api listrik atau tidak, meski sudah di matikan ada baiknya tetap waspada demi keamanan.


Lepaskan 2 Kabel Input Listrik dan Output

Gunakan obeng kecil untuk melepas kedua kabel ini, biasanya menggunakan obel min (-) kecil, lakukan perlahan-lahan agar tidak merusak konektor kabel di saklar,


Pasang Saklar Baru 

Lakukan pemasangan saklar baru sesuai urutan pada saat pembongkaran, pastinya hati-hati karena saklar mudah rusak atau pecah, sayang bukan jika saklar baru rusak.


Pemasangan saklar tunggal atau cara mengganti saklar tunggal sangat mudah, tapi jika anda masih kesulitan, segera hubungi teknisi terdekat untuk melakikan perbaikan, tarip service instalasi seperti satu titik saklar bertarif antara 45.000 sampai 55.000, harga bisa naik turun tergantung kondisi lapangan.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Saklar Tunggal Di Rumah Rusak? Simak Cara Kerja Saklar Sangat Sederhana"