Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Instalasi Listrik Rumah Aman Murah dan Benar Tanpa Tukang

www.pipindo.com - Instslasi listrik rumah harus dipersiapkan sejak dini, sebelum membangun sebuah bangunan rumah maupun gedung gedung besar, banyak keuntungan yang akan didapatkan jika mau teliti atau jeli memperhitungkan biaya pemilihan material dan penggunaan teknisi kelistrikan ahli. Semua akan dibahas disini bagaimana membangun atau membuat instalasi listrik rumah sederhana yang murah, mudah dan pastinya aman.

Ikuti panduan berikut ini agar bisa menjalanakan pemasangan instalasi listrik di rumah sendiri tanpa tukang, menggunakan jasa tukang memang sedikit memakan biaya, akan tetapi semua pekerjaan dapat tercover dengan baik dan rapi karena di kerjakan oleh orang yang memang bergelut dalam bidang tersebut.


Keuntungan Menggunakan Jasa Kontraktor Listrik

Banyak keuntungan yang akan di di dapatkan jika anda menggunakan jasa kontraktor listrik, salah satunya adalah bebas memilih hasil sesuai budget yang dimiliki, adapun layanan yang didapatkan adalah seperti gambar denah listrik, gambar 3D, gambar kerja, laporan pekerjaan lapangan RAB dan masih banyak lagi.


Kami sarankan jika memang memiliki modal cukup, serahkan pekerjaan ini kepada ahlinya, mengingat banyak keuntungan yang akan didapatkan dimasa mendatang, kontraktor elektrikal dapat meminimaliskan pembiayaan belanja, kontraktor listrik sudah berpengalaman dalam menentukan kualitas bahan dan toko yang menjual kebutuhan listrik murah tapi bekualitas baik dan bergaransi.


Kekurangan Menggunakan Jasa Kontraktor Listrik

Kekurangan menggunakan jasa kontraktor elektrikal adalah mungkin dari segi biaya akan sedikit banyak, sudah hukum jual beli bisnis di dunia teknik jika kontraktor ingin mengambil keuntungan dari jasa pengadaan material, pengadaan jasa atau hasil pekerjaan dari waktu, bagi anda yang memiliki budget terbatas, sebaiknya hindari menggunakan jasa kontraltor listrik demi menenkan pengeluaran.


Jika anda awam dalam hal kelitrikan, anda dapat minta solusi ke teman atau tetangga yang faham betul dengan instalasi listrik, atau anda juga dapat menggunakan jasa tukang seperlunya, contoh hanya membeli jasa pekeejaan, sedangkan semua persiapan material dan pembelajaan owner sendiri, dari sini kita sudah dapat melihat pengeluaran sedikit terpangkas, berbeda pada saat menggunakan jasa kontraktor.


Tapi jika anda tetap yakin ingin menjalankan pekerjaan instalasi listrik sendiri tanpa teknisi atau tukang, simak panduan dan langkah-langkah dibawah ini sampai tuntas demi mendapatkan hasil yang baik.


Menghitung Rencana Anggaran Biaya

Langkah pertama yang harus di lakukan adalah merencanakan pembiayaan, mulai dari material dan jasa jika terpaksa menggunakan teknisi panggilan. Keuntungan yang akan di dapatkan adalah modal yang di keluarkan dapat tersusun dengan baik.


Contoh Gambar RAB instalasi Listrik

Cara Instalasi Listrik Rumah Aman Murah dan Benar Tanpa Tukang
Gambar Rab Listrik

Gambar di atas adalah contoh rincian harga item material yang dapat kita jadikan pedoman pembelanjaan, cara di atas akan dapat membantuk kita sampai pekerjaan elektrikal finis, jika ingin menggunakan harga jasa, anda dapat menambahkan 1 sheet kolom excel, setelah itu memperkirakan harga jasa tukang atau teknisi yang akan di gunakan.


Harga tabel Rab di atas dapat kita samakan dengan harga material di toko listrik terdekat, untuk memastikan kebenaran harga yang akan kita gunakan dalam panduan menghitung anggaran biaya, anda dapat survei langsung ke distributor, memilih dan membandingkan, toko mana yang memiliki produk materila listrik SNI yang dapat kita beli dengan harga murah, kami sarankan langsung ke distributor material listrik.

Pemasangan Instalasi Listrik Mulai Dari Nol

Pada saat rumah dalam kondisi pembangunan berjalan, ada baiknya instalasi segera dikerjakan sebelum plester dan aci dinding, atau jika instalasi tertanam di dalam keramik, sebelum keramik terpasang, untuk menghindari dua kali kerja, bisa saja instalasi di pasang setelah plester aci selesai, tapi ini akan membuat kita kesulitan, karena kita harus memplester ulang dinding yang kita bobok untuk penanaman pipa.

Persiapkan Alat Kerja Kelistrikan berikut ini:

  • Tangga lipat 2,5 meter
  • Tas pinggang
  • Gerinda tangan
  • Bor
  • Palu bobok
  • Pahat bobok
  • Obeng plus
  • Obeng minus
  • Gergaji potong besi
  • Gunting pipa conduit
  • Tang kombinasi
  • Tang potong
  • Solder listrik (jika dibutuhkan)
  • Tespen listrik
  • Sepatu safty
  • Kacamata (sebagai pelindung debu)

Persiapan Gambar Kerja Elektrikal

Cara Instalasi Listrik Rumah Aman Murah dan Benar Tanpa Tukang
Sumber

Manfaat dan Fungsi Gambar Kerja

Gambar di atas memiliki manfaat besar dalam pekerjaan yang akan di jalankan, selain menjadi pedoman kerja, gembar diatas juga akan dapat memudahkan kita dalam memperkirakan pemakaian bahan material seperti kabel listrik dan pipa conduit. Jadi dalam pekerjaan kelistrikan, pedoman gambar kerja harus kita siapkan sedini mungkin.


Contoh kasus di masa mendatang ada kerusakan kabel di dalam tembok atau di atas plafon, karena pada saat pekerjaan instalasi menyesuaikan gambar kerja, makan problem atau kerusakan kabel listrik yang tidak tampak mata dapat kita deteksi dengan mudah menggunakan pedoman gambar diatas, jadi dapat kita simpulkan bahwa gambar kerja wajib ada sebelum pekerjaan instalasi listrik kita kerjakan.


Tahapan Dalam Pemasangan Instalasi Listrik

Setelah gambar kerja, kondisi dan peralatan kerja siap, tiba saatnya terjun kelapangan untuk mengeksekusi. Langkah awal yang harus di lakukan adalah membuat bobokan pipa conduit di dinding dan menyesuaikan titik saklar pada gambar kerja.

Pembobokan Pipa Titik Saklar dan Stop Kontak Dinding

Umumnya titik stop kontak dinding adalah 25cm sampai 30cm dari lantai dan saklar 135cm sampai 150cm dari lantai, dari sini kita harus membuat bobokan pipa sesuai kebutuhan misal titik saklar seri pintu masuk, titik saklar dari lantai 150cm dan dari bibir pintu 50cm agar mudah di jangkau tangan pada saat lampu dapam keadaan off.


Lubang pipa bobokan menyesuaikan diameter pipa conduit, pipa conduit memiliki spesifikasi panjang 3 meter dan berdiameter 20mm, jadi lubang bobokan yang harus di persiapkan adalah lebar 4 sampai 5cm dan kedalaman bobokan 4 sampai 5cm, gunakan pesil kecil atau kapur berwarna untuk membuat garis yang nantinya dapat memudahkan kita dalam proses pemotongan menggunakan gerinda tangan.


Pemotongan dinding bata di usahakan 10cm sampai ke atas plafon, gunakan gerinda tangan untuk mempercepat pekerjaan, pembersihan bobokan kita dapat memanfaatkan palu bobok dan pahat bobok, cara tradisional ini masih umum praktekkan di indonesia meski ada beberapa produsen alat kerja untuk mempercepat bobokan pipa conduit di jual bebas di toko-toko listrik. Persiapkan bobok papa conduit di semuat titik saklar dan stop kontak sesuai gambar kerja.

Pekerja Piping Pipa Conduit

Piping pipa conduit adalah salah satu upaya dalam pemasangan pipa listrik yang berguna untuk isolasi kabel listrik di dalam sebuah instalasi gedung maupun rumah, penggunaan pipa conduit sudah sering kita lihat terpasang dalam sebuah instalasi lampu maupun stop kontak, dengan adanya pipa conduit kabel listrik akan aman dari gangguan dan kabel itu sendiri dapat tahan lama hingga puluhan tahun.

Tahap pemasangan pipa conduit dapat di kerjakan setelah pipa instlasi saklar dan stop kontak dinding terpasang, cara ini umum di lakukan oleh tukang-tukang maupun teknisi yang sudah berpengalaman, dengan terpasangnya pipa jalur stop kontak dan saklar dinding, akan dapat mempermudah pelaksanaan pekerjaan piping, karena jalur pipa kabel saklar dan stop kontak dapat di jadikan pedoman pemasangan piping pipa di atas dak cor atau di letakkan atas rangka plafon rumah.

Pekerjaan piping sebaiknya di kerjakan sebelum rangka plafon terpasang agar dapat di lakukan dengan mudah, area atas dak masih kosong, jika sudah terpasang rangka plafon akan mempersulit kita dalam proses pengeboran, gunakan tangga lipat untuk menjangkau area langit-langit untuk memasang pipa listrik, untuk selengkapnya anda cek di ulasan berikut ini : Cara Piping Elektrikal Instalasi Pipa Conduit 20mm Rumah dan Gedung


Wiring Kabel Listrik Ke Pipa Conduit

Wiring kabel listrik adalah memasukkan kabel kedalam piping pipa yang sudaj terpasang pada dinding dan dak beton langit-langit gesung, untuk pemula mungkin pekerjaan ini akan terasa sulit, tapi jangan khawatir, kita dapat memanfaatkan alat penarik kabel listrik, dengan alat ini pekerjaan wiring kabel listrik akan menjadi mudah, tanpa mengeluarkan tenaga kita akan dapat memasukkan kabel dari ujung ke ujung pipa yang satunya.


Track pair atau biasa kita sebut dengan trekper adalah alat penarik kabel paling efektiv memudahkan teknisi dalam pekerjaan instalasi listrik, kabel yang akan di masukkan ke pipa di kaitkan ke ujung track pair yang sudah di masukkan ke dalam pipa conduit, yang selanjutnya alat ini di tarik perlahan di dalam pipa conduit, jika membutuhkan alat ini anda dapat membeli di toko perlengkapan listrik atau toko teknik terdekat.

Penutup

Untuk tahap pemasangan saklar dan stop kontak anda dapat cek di ulasan berikut ini :

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Instalasi Listrik Rumah Aman Murah dan Benar Tanpa Tukang"