Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Grounding Listrik Rumah Sendiri

 

Cara Memasang Grounding Listrik Rumah Sendiri
Cara Pasang grounding

Memasang grounding rumahan adalah pekerjaan mudah, kita dapat melakukannya sendiri tanpa sewa teknisi listrik atau tukang arde, kecuali ingin memasang grounding penangkal petir, butuh teknis khusus untuk melakukannya, banyak manfaat yang akan di rasakan jika mau menerapkan instalasi arde di dalam rumah


Lalu apa saja manfaat grounding listrik rumah?

  • Grounding terpasang dalam sebuah instalasi dapat menyelamatkan penghuni rumah dari sengatan listrik, lebih kepada keselamatan rumah dan manusia itu sendiri, arde yang terpasang akan menjaga kita dari arus bocor, jadi resiko tersengat oleh aliran listrik sangat kecil, sudah umum jika instalasi listrik korslet, timbul api sampai terjadi kebakaran, di sinilah fungsi utama grounding, yaitu untuk mencegah hal buruk di atas.

  • Manfaat grounding selanjutnya adalah dapat mengurangi tagihan instalasi listrik, apakah kah mungkin grounding bisa membuat listrik irit? Tidak irit-irit banget tapi dapat mengurangi, grounding dapat membuang rugi-rugi listrik yang tidak terpakai seperti listrik buangan pada perangkat elektronik dan sambungan kabel yang kurang kencang, jangan sepelekan hal-hal kecil ini agar kelistrikan di rumah tetap dalam ke adaan sehat.
Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan grounding listrik rumah, simak baik-bajk agar kita dapat melakukan pemasangan grounding sendiri tanpa bantuan teknisi, dari sisi kepraktisan akan sangat kelihatan dan tentunya murah, karena anda tidak akan membayar jasa pemasangan arde untuk mentananahkan listrik di rumah anda.

Standard grounding listrik

  • Dalam sistem grounding umum digunakan standard pengukuran tahanan maksimal 5 ohm, angka ini wajib terpasang untuk instalasi listrik rumah, kalau bisa mendapatkan hasi di bawah 5 ohm justru akan lebih baik atau bisa di katakan sempurna, resiko kebocoran akan sangat kecil, untuk prnangkal petir maksimal 2 ohm 1 ohm atau 0 pada titik sempurna, keuntungannya resiko area grounding terkena petir sangat kecil.

Perhatikan ukuran kabel grounding

  • Pemilihan jenis dan ukuran kabel arde tidak boleh sembarang, kecuali untuk rumahan, banyak orang yang melakukan pentanahan arde hanya menggunakan besi 10mm yang tertancap ke tanah, tapi cara ini tidak di sarankan jika di fungsikan untuk penangkal petir, penampang kabel grounding umumnya adalah kabel tunggal tanpa isolasi pvc 4mm sampai 50mm, semakin besar kabel tembaga tunggal semakin bagus.

Kedalaman grounding listrik

  • Kedalaman tembaga grounding wajib di atas 2 meter lebih jika hanya untuk rumahan yang tidak terlalu banyak memiliki perangkat elektronik, jika penangkal petir, pengeboran grounding wajib sampai pada titik kedalam 6-7 meter, semakin menemukan sumber atau titik tanah lembab berair, maka kualitas grounding akan benar - benar sempurna, teknisnya listrik/petir akan mudah dan cepat di tanahkan dengan kelembapan tanah yang berair.

Cara pemasangan arde grounding rumah

  • Manfaatkan besi 10mm atau 16mm untuk mencapai kedalam maksimal pentanahan arde rumah, potong besi antara 1,5 meter sampai 2 meter lalu masukkan ke dalam tanah.
  • Pilih area medan tanah lebab atau basah, seperti yang sudaj di jelaskan di atas, semakin basah tanah akan semakin berkualitas grounding yang di dapatkan.
  • Sambungkan kabel arde yang sudah di siapkan ke ujung besi bagian atas, anda dapat membuat lingkaran O untuk membuat pengait antara kabel grounding dari instalasi ke besi grounding.
  • Jika ingin lebih yakin, anda dapat mengukur resitansi menggunakan alat earth tester, alat pengukur nilai grounding pentanahan, untuk instalasi rumah 5 Ohm sudah cukup bagus, atau di bawahnya.
Pemasangan grounding sangat mudah dan manfaat yang akan di rasakan dalam instalasi listrik rumah sangat besar, tapi jika anda masih belum faham dan bisa melakukan pekerjaan pemasangan grounding sendiri, anda dapat menghubungi teknisi terdekat