Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasukkan Kabel Listrik Ke Dalam Pipa Conduit

 Www.pipindo.com - Sering kali muncul pertanyaan mengapa sulit memasukkan kabel listrik ke dalam pipa listrik atau pipa conduit. Memasukkan kabel listrik 3 kabel ke dalam pipa listrik memang bukan hal mudah, kabel listrik NYM yang mayoritas di gunakan dalam instalasi listrik rumahan memiliki karakteristik kabel yang tidak kaku.


Banyak kasus terjadi dalam pemasangan pipa listrik merasa kesulitan, kurang ketelitian dan skil yang memumpuni, mulai dari cara pemasangan pipa conduit sampai ke wiring kabel listrik di lapangan. Meski hanya instalasi listrik rumahan, ada baiknya dan akan lebih sempurna jika pengaplikasian pipa dan pemasangan kabel di kerjakan dengan baik sesuai prosedur.


2 Cara Memasukkan Kabel Kedalam Pipa Listrik Conduit

Cara Memasukkan Kabel Listrik Ke Dalam Pipa Conduit
Track Pair Kabel

1. Memasukkan Kabel Dengan Cara Manual

Adapun cara yang pertama adalah manual tanpa menggunakan alat bantu, cara pemasangan kabel listrik ke dalam pipa yang pertama ini akan mudah di kerjakan dan cepat jika memang teknisi sudah berpengalaman, paling tidak sudah 3 tahun menekuni pekerjaan sebagai tukan piping instalasi listrik.


Pipa conduit umumnya memiliki diameter 20mm dan panjang 290cm, jika kita masukkan kabel NYM 3×2,5 hanya muat satu kabel, memang kelihatannya mudah, tapi jika pipa sudah terpasang di langit-langit dak beton pasti bagi pemula akan sangat kesulitan, menggunakan sarana tangga lipat atau scafolding membutuhkan kehati-hatian.


Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempertahankan kelenturan kabel, 25cm sampai 30cm dalam keadaan lurus jangan sampai belok atau membengkok, masukkan per 30cm dalam ke adaan lurus, ulangi sampai memang kabel terasa berat pada saat di dorong, kalau memang terpakasa membongkar sock sambungan pada saat akan melewati belokan bongkar saja.


2. Masukkan Kabel Menggunakan Trekper Kabel

Trekper kabel adalah alat penarik kabel listrik yang sudah familyar di kalangan teknisi, alat ini biasanya terbuat dari fiber yang lentur menyerupai tambang, pada saat alat ini di masukkan ke dalam pipa listrik, ia akan dapat melakukan belokan meski harus melewati elbow pipa conduit dengan cara kita dorong perlahan, trekper kabel sangat cocok dimiliki dan digunakan oleh pemula.


Cara penggunaan trekper kabel sangat mudah, masukkan terlebih dahulu trekper kabel ke dalam pipa listrik dari ujung ke ujung pipa lisrik, salah satu ujung trekper kabel memiliki lubang yang berfungsi untuk mengaitkan kabel untuk di tarik nantinya, sebelum kabel listrik di tarik menggunakan trekper pastikan kabel dalam keadaan lurus, jangan sampai kusut dan rumit, karena ini akan menyulitkan dalam proses penarikan.