Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengganti Carbon Brush Bor Mesin Gerinda Tangan

 www.pipindo.com, Carbon Brush adalah salah satu suku cadang mesin bor yang berfungsi sebagai alat untuk mengalirkan arus listrik dari bagian motor yang diam ke bagian motor bergerak, pernah mengalami mesin gerinda atau bor listrik mati, dan pada saat kita cek pada bagian Carbon Brush telah habis atau terkikis.

Sering kita mendengar atau menemukan Carbon Brush sama tetapi tidak bisa di gunakan?

Setiap merek mesin gerinda atau bor memiliki ukuran dan jenis yang berbeda-beda, kadang juga ada beberapa mesin yang sama, meski sama belum tentu juga dapat di gunakan seperti pada saat kita menggunakan Carbon Brush bawaan pabrik.

Untuk mengatasi masalah ini, agar tidak keliru pada saat membeli Carbon Brush sebaiknya sesuaikan dahulu tipe mesin yang akan kita belanjakan Carbon Brush, di bawah ini adalah beberapa harga Carbon Brush yang laris terjual di pasar:

  • Carbon Brush Motor DC Continuous - Rp45.000
  • CARBON BRUSH GWS 060 - ARENG - SPUL - CB - KW BUKAN ASLI MEREK BOSCH - Rp5.000
  • BROSTEL GERINDA MAKTEC CB - 459 CARBON BRUSH MT90 COAL BOSTEL - Rp6.000
  • MAKITA Carbon Brush untuk bor Makita/maktec cb 64/areng/spul - Rp5.500
  • Carbon Brush CB Kul Spul Arang Modern 51 CB51 planer sugu profil - Rp12.000


Cara Pemasangan Carbon Brush Gerinda atau Bor Listrik.

Cara mengganti Carbon Brush Bor Mesin Gerinda Tangan
Carbon Brush

Rumah rumahan mesin gerinda tangan yang sering kita temukan berada pada sisi luar, tapi ada juga yang tertanam di dalam unit mesin.

Jika Carbon Brush berada pada sisi luar mesin gerinda, anda hanya butuh alat obeng min maupun plus untuk membukanya, dan jika Carbon Brush berada pada bagian dalam, mesin gerinda wajib kita bongkar.

Gunakan obeng min (-) kecil untuk memutar tutup rumah-rumahan Carbon Brush, putar berlawanan arah jarum jam, lakukan perlahan, rumah-rumahan Carbon Brush sangat rawan pecah jadi harus berhati-hati.

Ambil Carbon Brush lama, cek kerusakan apa yang terjadi, apakan Carbon Brush telah habis atau putus, jika ke dua masalah ini terjadi, Carbon Brush wajib di ganti baru sesuai spesifikasi mesin.

Ambil Carbon Brush baru untuk mengganti arang Carbon Brush gerinda lama yang telah rusak, pastikan tipe dan spesifikasi Carbon Brush baru sama seperti yang lama, seperti yang sudah di jelaskan, bentuk Carbon Brush sama sesuai rumah-rumahan gerinda, terkadang ada beberapa Carbon Brush yang tidak bisa di pasang.

Pasang Carbon Brush baru sama seperti pemasangan Carbon Brush yang lama, dalam pemasangan Carbon Brush pun juga harus hati-hati, sama seperti pada saat melakukan pembongkaran, karena rumah-rumahan Carbon Brush rawan rusak.

Jika sudah kembalikan tutup rumah-rumahan Carbon Brush seperti semula, putar searah jarum jam, jangan terlalu kencang, biasanya bisa membuat tutup pecah atau rusak. Tes gerinda, jika masoh OFF bisa jadi Carbon Brush tidak cocok.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara mengganti Carbon Brush Bor Mesin Gerinda Tangan"