Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Kabel Mesin Bor Gypsum

 www.pipindo.com, pernah melihat bor listrik kecil memiliki kabel panjang, sampai 10 meter misalnya, sudah pasti itu bukan kabel bawaan pabrik, label listrik bor tangan hanya memiliki panjang kabel antara 2 meter sampai 3 meter saja, jika anda melihat kabel bor panjang, ia sudah di modifikasi alias kabel bor di ganti dengan kabel baru dan panjang.


Manfaat kabel bor di ganti dengan yang lebih panjang

Bagi seorang tukang gypsum atau tukang partisi, untuk memperlancar pekerjaan di tempat yang sulit membutuhkan alat yang memang benar-benar mudah di manfaatkan, seperti yang sudah di jelaskan di atas, kabel bor bawaan pendek, jika kabel di ganti dengan yang panjang maka tukang gypsum akan mudah menjangkau area-rea sulit.


Cara mengganti kabel bor listrik

Jika merasa kesulitan, anda dapat meminta tolong ke teknisi dan harus membayar jasa, jika ingin melakukan penyambungan sendiri ikuti panduan cara menyambung kabel bor listrik di bawah ini sampai tuntas:


Persiapkann material dan alal-alay yang diutuhkan

Adapun peralatan dan material yang harus disediakan adalah kabel baru utkuran NYAF 3×1,5mm atau 2×1,5mm, steker, isolasi listrik jika di butuhakan, obeng min atau plus, tang listrik.


Cara Pemasangan Kabel Bor Listrik

Cara Mengganti Kabel Mesin Bor Gypsum
Cara mennganti kabel bor listrik kecil
Cara pemasangan kabel listrik pada bor sangat mudah, sama seperti pemasangan stop kontak dan steker listrik, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membongkar cover di area pegangan bor listrik, gunakan obeng (+) untuk membukanya.

Jika sudah, coba ikuti kabel lama dari ujung steker sampai ke dalam bor, di sana kita akan melihat 3 sambungan kabel ke dalam bor Coklat/phase, Biru/Netral dan Kuning/Grounding, bongkar 3 kabel di atas yang nantinya akan kita ganti dengan kabel yang lebih panjang.

Lepaskan 3 kabel Coklat, Biru dan Kuning, kupas kabel baru yang masing-masing memiliki warna kabel yang sama saperti bawaan bor, Coklat Biru dan Kuning, kupas ujung kabel baru sesusai kebutuhan, yang nantinya akan di pasang ke konektor bor tadi.

Jika sudah terpasang, kembalikan cover tutup bor seperti semula, cek kembali apakah sudah benar, jangan sampai terbalik, karena beresiko kerusakan atau terbakarnya mesin bor tersebut.