Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Photocell Sensor Lampu Otomatis Sangat Mudah

 www.pipindo.com - Saklar lampu umumnya memanfaatkan saklar sebagai alat untuk mematikan maupun menghidupkan unit lampu, lalu apakah ada alat agar lampu otomatis siang malam nyala sendiri? Tentu saja ada, banyak sekali di tiko listrik menyediakan berbagai macam alat sensor, seperti sensor cahaya, sensor gerak maupun sensor suhu.

Tapi kali ini kita akan membahas apa itu photocell saja. Photocell adalah alat sensor cahaya yang akan bekerja secara otomatis mengikuti terang atau redup cahaya di sekitarnya, photocell umum terpasang di tiang-tiang lampu lampu PJU jalan, alasan mengapa lampu PJU menggunakan sensor cahaya adalah agar lampu ti digunakan sebagai mainan dan lebih praktis, karena bisa on off secara otomatis.


Cara Kerja Photocell Sensor Cahaya

Sumber

Photocell sama halnya dengan saklar pemutus dan penyambung arus listrik, hanya saja photocell bekerja secara otomatis, pada saat siang hari ia akan otomatis OFF memutus arus keluaran ke beban, dan otomatis ON jika langit mendung atau susah menjelang sore, di dalam unit control photocell hanya memiliki 3 kabel, yaitu kabel warna hitam, merah dan biru.


Arti Warna Kabel Pada Photocell

Umumnya kabel memiliki warna berbeda, mulai dari hitam, merah, biru, kuning, putih dan masih banyak lagi, sama halnya di dalama unit alat Photocell, memiliki 3 kabel yang memiliki fungsi berbeda-beda, biasanya kita menemukan warna Hitam/input power, Biru/netral dan Merah/output listrik dari photocell ke beban lampu penerangan PJU.


Cara Memasang Sensor Gerak Photocell

Seperti yang sudah dijelaskan masalah arti warna kabel, dari situ kita sudah faham fungsi warna kabel dan lanjut ke cara pemasangan photocell, tahap pemasangan photocell adalah ketika semua suport peralatan sudah terpasang seperti kabel listrik utama dan kabel ke beban, persiapkan kabel isi 3 NYM 3×2,5mm, tau jika didalam sensor tersebut menyediakan kabel kuning/ground, harus tetap terpasang demi keamanan.


3 kabel dari kwh atau sumber listrik menyediakan warna Coklat Phase, Biru Netral dan Kuning Ground.


3 kabel Dari Photocel memiliki warna Hitam intput phase dari sumber, Biru Netral dan Merah output dari photocell input ke lampu.


Kabel Coklat phase dari sumber tersambung ke kabel warna Hitam input phase photocell


Kabel Biru netral dari sumber tersambung seri melayani lampu dan photocell itu sendiri dan tersambung ke biru photocell.


Kabel Kuning sumber tersambung ke unit alat photocell jika memang menyediakan kabel kuning ground, tetap tersambung karena sudah rekomendasi pabrik.


Kabel warna Merah photocell adalah output phase ke input lampau, jadi kabel ini lah yang nantinya memiliki arus tidak tetap atau On Off.


Cara Tes Photocell

Cara pengetesan photocell dengan cara membungkus alat tersebut, atau merekayasa agar tidak terkena cahaya, jika pada saat kita bungkur menggunakan kertas sementara lampu On, maka apa yang sudah kita kerjakan sukses, tunggu sore hari lampu akan auto On dan pada saat pagi hari lampu auto Off.