Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Pipa Listrik Di Tembok Tanpa Teknisi

www.pipindo.com - Pipa listrik atau biasa kita sebut dengan pipa conduit adalah salah satu material suport dalam pembuatan jaringan instalasi listrik, spesifikasi pipa conduit adalah memiliki panjang 3 meter dan berdiameter 20mm, pipa ini flexibel dapat dibengkokkan dengan alat bending pipa khusus untuk menciptakan belokan atau elbow pipa 90 derajat maupun 45 derajat.

Cara Pasang Pipa Listrik Di Tembok Tanpa Teknisi
Pasang Pipa Listrik Di Tembok

Pipa conduit berguna untuk melindungi kabel listrik yang tertanam pada dinding tembok maupun tertanam didalam tembok, dengan adanya pipa conduit, kabel akan aman dari gangguan apam maupun hewan yang dapat merusak atau dapat juga melindungi kita dari sengatan listrik apabila ada kegagalan instalasi didalam rumah kita.


Pemasangan pipa listrik di dalam tembok dapat kita lakukan sendiri, simak tips berikut ini:

  • Langkah pertama adalah persiapakan material dan alat pendukung seperti:

Peralatan: 

  • Palu kecil, pahat beton, meteran, gerinda tangan, pensil kecil

Material: 

  • Pipa conduit 20mm, kabel listrik (nym/nya), 


Langkah-langkah pekerjaan:

  • Pada kasus ini ini kita akan membuat instalasi pipa conduit tertanam di tembok untuk saklar lampu rumah.
  • Jika rumah ada masih dalam pembangunan, ada baiknya penanaman pipa dilakukan sebelum dinding tertutup oleh plester aci, agar tidak dua kali kerja.
  • Saklar lampu umumnya memiliki tinggi as dari lantai 150cm, pada titik tersebut lah saklar akan terpasang, persiapkan gerinda tangan untuk mempercepat pekerjaan.
  • Gunakan pensil kecil untuk membuat tanda garis ke tembok yang nantinya akan di gerinda sesuai kebutuhan, perkiraan lebar lubang 5cm dan tinggi menyesuaikan plafon, finis lubang 10cm di atas plafon.
  • Selanjutnya tahap pembobokan, gunakan palu kecil dan pahat beton untuk membersihkan pecahan bata yang sudah di gerinda, posisikan pahat 45 derajat agar tidak merusak dinding baru.
  • Setelah selesai tahap pembobokan pasang pipa sesuai tinggi lubang yang kita buat, kedalam lubang harus sesuai, paling tidak rata dengan tembok yang belum di plester.
  • Pemasangan kabel listrik dapat kita lakukan setelah plester tembok selesai dan kering.
Pekerjaan penanaman pipa conduit dapat kita lakukan sendiri, tapi jika tidak ingin kesulitan anda dapat menggunakan jasa instalasi listrik terdekat.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Pasang Pipa Listrik Di Tembok Tanpa Teknisi"