Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Cara Pemasangan Saklar Mulai Dari Tunggal Sampai Tukar

Cara Pasang Saklar
www.pipindo.com Jasa listrik Semarang Jawa Tengah. Lampu rumah off, hanya dengan menekan tombol saklar unit lampu akan hidup dan menerangi area sekitar kita, lanjut ke kamar mandi pada saat ingin mandi toren air habis, cukup mencari titik kontrol saklar pompa air kita bebas mematikan maupun mematikan unit mesin pompa air di dalam rumah.

Banyak manfaat yang di berikan oleh saklar dalam dunia kelistrikan, kali ini kami akan membahas secara tuntas apa itu saklar? Apa fungsi saklar? Berapa harga saklar? Sampai ke cara pemasangan saklar akan kami bahas gratis di dalam ulasan ini.


Apa Itu Saklar Lampu?

Saklar adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai media penyalur dan pemutus aliran listrik, dari sumber listrik ke beban seperti lampu dan perangkat elektronik lainnya, contoh lampu rumah kita, hidup mati unit lampu tergantung saklar, arus listrik dapat kita sambungkan atau putuskan sesuai kebutuhan.


Penjelasan Cara Kerja Saklar

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, saklar berfungsi untuk memutus dan menyambung, di dalam sebuah saklar terdapat dua titik acuan berupa tembaga tetepa yang biasanya memiliki code on off dalam saklar tunggal, kenapa menggunakan kata saklar tunggal, saklar tunggak adalah saklar paling dasar.

Pada saat tembaga com atau sumber listrik dialiri arus listrik, maka satu kabel tersebut akan memiliki power stanby yang nantinya siap di transfer melalui saklar jika unit saklar kita posisikan dalam kondisi On dan arus listrik akan keluar menuju beban melalui kabel output, begitu juga sebaliknya kabel output akan putus atau arus hilang jika saklar kita posisikan dalam keadaan off.


Instalasi Saklar Tunggal

Panduan Cara Pemasangan Saklar Mulai Dari Tunggal Sampai Tukar
Saklar Tunggal

Saklar tunggal adalah saklar yang umum kita gunakan di dalam rumah, cara kerja saklar tunggal adalah bekerja secara tunggal atau sendiri hanya memiliki satu tombol, contoh satu saklar tunggal dengan satu sumber power mengontrol satu titik lampu, meski lampu dalam keadaan paralel sampai 10 titik lampu, saklar tunggal tetap saklar tunggal.

Instalasi dasar saklar tunggal adalah menggunakan dua kabel listrik beda warna, misal Coklat dan Biru, coklat sebagai phase dan biru sebagai netral, kabel phase coklat langsung masuk ke saklar sebagai input sumber, dan biru dari sumber listrik langsung ke beban, kabel output dari saklar langsung ke beban, semoga mudah di fahami

Instalasi Saklar Seri

Panduan Cara Pemasangan Saklar Mulai Dari Tunggal Sampai Tukar


Saklar seri adalah dua buah saklar tunggal yang di jadikan satu dalam satu assesoris saklar, sama seperti saklar tunggal, hanya saja saklar seri memiliki dua tombol untuk mematikan atau menghidupkan, dengan adanya saklar seri sebuah instalasi listrik akan lebih praktis.

Apa Fungsi Saklar Seri?

Saklar seri sama seperti saklaƕ yang lain, saklar seri berfungsi untuk menyambungkan atau memutuskan aliran listrik dari sumber ke bebeban, hanya saja dengan terpasangnya saklar seri di rumah instalasi listrik akan lebih praktis, tidak terlalu banyak aksesoris saklar.

Memanfaatkan saklar seri yang memiliki dua tombol kontrol saklar kita akan dapat lebih mudah mengatur jumlah lampu yang akan di kontrol sesuai kebutuhan, contoh kasus satu saklar seri, melayani dua titik lampu, tombol saklar seri satu melayani lampu utama di ruang tamu dan tombol saklar seri dua melayani satu lampu di teras depan rumah.

Jadi sangan praktis dan bermanfaat bukan, jik kita tetap menggunakan satu saklar tunggal untuk melayani lampu teras dan lampu ruang utama, tentu suatu saat akan menyulitkan, kasus yang sering terjadi, pada saat lampu teras sudah tidak di gunakan, tapi mengharuskan menghidupkan lampu ruang tamu, pasti ini akan membuat dua lampu tersebut ON semua, bisa di bilang mubazir bukan.

Dengan adanya saklar seri, kontrol lampu akan lebih mudah, manfaat yang lebih besar lagi adalah saklar seri di gunakan untuk melayani lampu paralel, bisa di bayangkan jika teras anda memiliki empat titik lampu dan ruang tamu utama enam titik lampu di kontrol dengan saklar tunggal, seperti yang sudah di jelaskan di atas, jika tetap menggunakan saklar tunggal sama saja pemborosan.

Cara Pemasangan Saklar Tukar

Saklar tukar adalah tipe saklar yang memiliki fungsi berbeda dengan saklar lainnya, saklar tukar sering kita temukan di area tangga seperti tangga rumah sakit, hotel, vila dan gedung besar lainnya. Cara pemasangan saklar tukar bisa anda lihat di bawah ini:
Semoga ulasan di atas bermanfaat dan bisa membantu problem yang anda alami saat ini, informasi sekarang ini mudah sekali di dapatkan, sama seperti ulasan di atas cara memasang saklar, kita akan dengan mudah menemukan solusi di media internet.