Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Warna Kabel Listrik Rumah Tangga Merah Biru dan Kuning

Arti Warna Kabel Listrik Rumah Tangga Merah Biru dan Kuning

Warna kabel listrik di rumah kadang sering membingungkan kita sebagai penghuni maupun teknisi, karena banyak orang yang menyalah gunakan warna kabel listrik yang seharusnya sudah ada prosedur pemasangan, ada warna kabel yang harus di terapkan dalam rangka pemasangan instalasi listrik rumah tangga.

Warna kabel listrik rumah tangga umumnya menggunakan code warna standard yaitu 

  • Phase Merah Coklat dan Hitam
  • Netral Biru Abu-abu dan Putih
  • Grounding Kuning polos Kuning bergaris dan Hijau

Namun code warna di atas adalah gambaran warna yang seharus jadi pedomana dalam pemansangan instalasi kabel listrik rumah tangga, tapi ada beberapa kontraktor yang menyalahgunakan warna kabel untuk mengambil keuntungan besar, misal membuat instalasi hanya menggunakan 1 warna kabel listrik.

Gambar Code Warna Kabel dapat anda lihat di bawah ini

Arti Warna Kabel Listrik Rumah Tangga Merah Biru dan Kuning


Garis merah adalah phase atau api listrik, kabel ini adalah kabel yang akan berisi api jika jika tes menggunakan tespen, jika dalam sebuah instalasi kabel Merah Coklat atau Hitam memiliki api phase listrik maka sudah dapat di paatikan itu adalah sumber dari KWH dan MCB.


Garis warna kabel Biru adalah netral, berbeda dengan kabel phase Merah Coklat dan Hitam. Di dalam instalasi listrik rumah tangg, kabel biru tidak akan memiliki api listrik seperti phas meski jalur instalasi tersebut dalam keadaan fi gunakan alias On, jika ada api phase bisa di pastikan instalasi terbalik.


Garis warna kabel Kuning dapat di artikan arde atau grounding yang ditanahkan, artinya listrik liar seperti buangan dari elektronik akan masuk ke kabel grounding lalu di tanahkan, kabel grounding sebeenarnya sangat di anjurkan, tapi banyak orang yang tidak faham dan manfaat yang akan di rasakan.

Fungsi grounding pada instalasi rumah dan gedung

Selain warna, dalam pembangunan instalasi listrik juga harus memperhatikan ukuran penampang kabel yang akan di gunakan, karena ukuran kabel yang sesuai dapat membuat kita lebih tenang, tidak akan rawan terbakar dan kuat dalam penggunaan puluhan tahun, untuk lebih jelasnya simak di ulasan berikut ini : Cara Menghitung Kuat Hantar Arus Kabel listrik di Rumah