Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Warna Kabel Positif dan Negatif Pada Listrik Rumah

Arti Warna Kabel Positif dan Negatif Pada Listrik Rumah
Arti Warna Kabel Listrik
 Masih bingung dengan arti warna kabel listrik yang terpasang di dalam rumah kita? Biru Merah Kuning Abu-abu Kuning bergaris hijau dan coklat, ada banyak jenis warna kabel listrik yang dapat kita manfaatkan untuk membuat jaringan instalasi listrik rumah.


Ada banyak kriteria teknisi yang sering kami temukan dilapangan dengan melihat dari hasil pekerjaan, jika anda menggunakan teknisi listrik ingin untung besar pasti akan menemukan instalasi kabel menggunakan jenis kabel tunggal NYA dan hanya menggunakan 2 sampai 3 warna kabel.


Jika terjadi kerusakan nantinya ini akan menyulitkan teknisi atau kita sendiri sebagai pemilik rumah, colok sana sini menggunakan tespen semuanya hidup menggunakan kabel warna sama, di titik sambungan T dus satu menggunakan kabel Merah sampai ke titik T dus ke dua beda warna.


Contoh kasus diatas sering terjadi dilapangan, lalu apa saja standart warna kabel listrik rumah? Mana yang positif dan mana yang negatif?

Arti warna kabel listrik positif dan negatif

Saat ini standar warna kabel yang umum digunakan dalam dunia kelistrikan lebih tepatnya pada listrik AC adalah sebagai berikut:

1. Kabel Warna Coklat

Khusus kabel warna coklat di dalam instalasi listrik rumah maupun gedung difungsikan sebagai kanel Phase atau positif (+), kabel warna Coklat dapat mudah kita temukan di jenis kabel Nym isi 2 3 dan 4.

2. Kabel Warna Biru

Kabel listrik warna biru adalah Netral listrik atau Negatif (-), warna kabel biru bisa kita temukan di dalam kabel tipe Nym isi 2 3 dan 4, selain itu juga tersedia pada tipe kabel Nya atau kanel tunggal.

3. Kanel Warna Kuning

Kabel warna kuning adalah Grounding, fungsi grounding adalah untuk mentanahkan listrik akibat gagal isolasi, cek ulasan berikut ini Fungsi Grounding Instalasi Listrik Rumah

4. Kabel Warna Merah

Kabel merah juga sering kita temukan di dalam jaringan instalasi listrik rumah, kabel ini tersedia untuk tipe kabel tunggal Nya yang berfungsi sebagai Phase atau Positif (+) pada instalasi listrik.

5. Kabel Warna Abu-abu

Kabel abu-abu umum digunakan sebagai Netral dalam instalasi listrik, kita dapa menemukan jenis kabel yang berwarna abu-abu didalam kabel Nym isi 4, Coklat Hitam Kuning dan Abu-abu.

6. Kabel Warna Hitam

Kabel warna hitam difungsikan sebagai kabel Phase atau Positif dapa instalasi Listrik 3 Phase, R - Merah S - Kunjng T - Hitam dan Biru/abu-abu - N.


Keuntungan menggunakan warna kabel standard akan mempermudah kita dalam perbaikan nantinya


Contoh kasus membuat wiring input kabel saklar warna Coklat, untuk mempermudah pekerjaan outpu ke lampu menggunakan kabel warna Coklat juga, jaka anda menggunakan kabel warna Biru terkadang lupa jika itu output saklar dan penyambungan dijadikan satu dengan kabel biru sumber listrik Netral.

Post a Comment for "Arti Warna Kabel Positif dan Negatif Pada Listrik Rumah"