Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Saklar Tunggal Pada Pompa Air Sendiri di Rumah Tanpa Tukang

Cara Memasang Saklar Tunggal Pada Pompa Air Sendiri di Rumah Tanpa Tukang
Skema Saklar Pompa

www.pipindo.com fungsi utama dari pompa adalah untuk memindah air dari tempat satu ke tempa lain, contoh dari ground water tank ke toren atas, dengan bantuan pompa air kita akan mempercepat perpindahan air dan selanjutnya akan kita gunakan di kehidupan sehari-hari.

Kami melayani jasa perbaikan listrik dan mesin pompa di salatiga dan sekitarnya. Hubungi kami melalui icon Whatsapp di pojok kiri bawah, siap datang ke lokasi 24 jam jika domisili di salatiga dan sekitarnya

Pompa air akan lebih mudah di operasikan menggunakan saklar otomatis maupun manual, di sini kita akan membahas bagaimana memasang switch pompa air untuk on off dengan mudah tanpa harus menggunakan colokan stop kontak yang sangat beresiko tersengat aliran listrik.

Peralatan pendukung untuk pemasangan saklar pompa air:

  • Obeng plus dan minus
  • Tang listrik
  • Tespen
  • Gunting atau cutter kecil

Peralatan pendukung untuk pemasangan saklar pompa air:

Langkah-langkah pemasangan saklar pompa air

Skema gambar saklar pompa 

Ikuti pedoman skema gambar rangkaian saklar pompa di atas, kanel merah phase biru netral dan kuning grounding, syarat utama pemasangan saklar pompa air di sini adalah instalasi listrik harus sudah siap dari sumber listrik

Persiapkan T does Kabel

Fungsi utama dari T does adalah sebagai pengaman, masukan kabel listrik ke lubang T does, ada 3 lubang yang dapat kita manfaatkan, lubang pertaman dari sumber listrik, lubang ke dua dari pompa, lubang ke tiga dari saklar.

Kupas Kabel Listrik

Kupa kabel power yang sudah masuk ke T does listrik, jangan terlalu panjang dan pendek, karena akan sama sama susah, jika panjang T does akan penuh dan jika terlalu pendek akan sulit di sabung.

Sambung Kabel di T does

Manfaatka sambungan ekor babi dengan cara di pluntir searah jarum jam, kabel warna merah dari mcb tersambung ke kabel merah saklar 1, kabep warna merah saklar 2 tersambung ke kabel warna merah pompa, kabel biru atau netral mcb teesambung ke biru pompa dan kabel kuning sumber jadi satu dengan kuning pompa.

Manfaat Menggunakan Saklar pada Pompa Air

Dengan adanya saklar terpasang dengan benar di unit pompa air, kita akan bebas mengontrol hidup mati pompa itu sendiri, tidak seperti pada saat menggunakan stop kontak, jika ingin on pompa kita harus menyambungkan colokan ke stop kontak begitu juga sebaliknya, cara ini sangat beresiko, atau ingin alternatif lain yang lebih aman anda dapat memasang otomatia pompa.
Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Memasang Saklar Tunggal Pada Pompa Air Sendiri di Rumah Tanpa Tukang"