Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Terminal Listrik on/off Sendiri Tanpa Bantuan Tukang

 Terminal listrik merupakan salah satu material kelistrikan yang sering kita gunakan setiap hari, hampir siang malam kita menggunakan stop kontak, di rumah tempat kerja sekolahan dan masih banyak lagi, terminal listrik umumnya berbentu kotak yamg memiliki satu lubang besar dan 2 lubang kecil, dua luangn kecil ini adalah tempat di mana kita dapat menyambung dan memutus listrik pada saat di gunakan.


Ada banyak jenis terminal listrik yang tersedia di toko listrik maupun di toko kelontong, harganya pun juga murah, terminal listrik memiliki lubang seri maupun single, ada yang 1 lubang sampai 6 lubang stop kontak, semakin banyak lubang stop kontak akan semakin banyak pula pilihan kita untuk menancapkan steker listrik.


Di bawah ini adalah cara pemasangan kabel ke terminal stop kontak:


Cara memasang kabel 3 warna ke terminal dan 2 kabel

Cara Memasang Terminal Listrik on/off Sendiri Tanpa Bantuan Tukang
Terminal Kuningan 3 k

Gambar di atas adalah contoh pemasangan kabel ke terminal kuningan, ada 3 garis warna kabel ya itu merah/phase, biru/netral dan kuning adalah grounding, untuk melakukan pemasangan persiapian peralatan berikut ini: obeng plus dan minus kecil, cuter potong atau gunting.


Langkah-langkah pemasangan kabel ke terminal. Bongkar terminal baru yang sudah kita beli dari toko listrik, gunakan obeng + kecil untuk membuka baut pengunci ada 4 titik di setiap pojok, lepaskan kuncian kabel di dekat lubang kabel biasanya ada 2 baut kecil..


Kupas 3 kabel merah biru dan kuning antara 2mm sampai 3mm, selanjutnya pasang ke 2 lubang konektor terminal kuningan, ada tanda L N dan G, kencangkan baut pengunci kabel L N dan G secukupnya jangan terlalu kencang karena dapat merusak alat tersebut. Langkah selanjutnya pasang kembali pengunci kabel dan penutup terminal stop kontak.


Pemasangan terminal stop kontak sangat mudah, banyak informasi yang dapat kita jadikan referensi, seperti pada ulasan di atas, jika masih kebingungan anda dapat meminta bantuan ke teman atau tetangga, tapi jika tidak ingin kesusahan anda dapat membeli terminal jadi di toko listrik atau toko bangunan terdekat.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Memasang Terminal Listrik on/off Sendiri Tanpa Bantuan Tukang"