Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Kabel Listrik yang Bagus Kualitas Baik

Cara Memilih Kabel Listrik yang Bagus Berkualitas
Cara Memilih Kabel Listrik

 Masih bingung memilih jenis kabel listrik untuk rumah idaman? Sepertinya mudah pergi ke toko beli kabel untuk instalasi listrik di rumah, banyak yang harus dipertimbangkan untuk memilih merk, ukuran dan jenis kabel yang akan di gunakan nantinya.


Kabel listrik adalah sebuah media yang umum di gunakan untuk menghantarkan aliran listrik dari sumber panel dan MCB ke beban seperti lampu atau stop kontak, kabel listrik umum kita temukan di dalam sebuah bangunan seperti rumah, gedung, jalan raya dan tempat umum lainnya.


Di Indonesia sendiri saat ini banyak sekali produsen kabel berkualitas yang dapat kita manfaatkan produknya, dan juga mudah di temukan di toko-toko terdekat dari rumah kita.


Lalu bagaimana cara memilih kabel listrik yang bagus untuk rumah?

1. Minta Rekomendasi Teman

Ini mungkin cara paling mudah, karena cukup mencari informasi ke teman kita, pasti banyak di antara teman-teman kita yang perna bingung menentukan penggunaan kabel dalam sebuah bangunan, sampai menemukan kabel yang pas dan cocok.


2. Tanya Toko Listrik Terdekat

Toko listrik adalah tempat menjual segala macam material kelistrikan termasuk kabel listrik, nah dari sini kita dapat mudah menemukan jawaban kabel apa yang akan kita pilih untuk instalasi listrik di rumah kita, pasti si penjaga toko akan merekomendasikan merk kabel-kabel berkualitas.


3. Cari Info Ke Teknisi atau Tukang Listrik

Jika anda menminta bantuan tukan atau teknisi listrik anda berada pada solusi paling tepat, karena mereka adalah eksekutor lapangan, dan pasti sudah faman mana jenis merk dan ukuran kabel listrik yang cocok untuk bangunan rumah atau gedung yang sedang kita bangun.


4. Tanya Kontraktor Elektrikal

Saat ini banyak kontraktor elektrikal yang bebas memberikan layanan konsultasi masalah kelistrikan, siapa tahu dari sini anda dapat jawaban, dan mungkin tidak hanya di berikan tips kabel yang bagus tapi juga memberi tahu di mana toko yang menjual kabel listrik murah berkualitas di sekitar kita.


5. Tanya Ke Grup Sosial Media

Media sosial merupakan sebuah alat paling efektiv untuk mencari informasi terbaru, anda dapat bertanya di dalam sebuah forum grup teknisi instalasi listrik untuk meminta bantuan jenis kabel apa yang bagus untuk bangunan atau rumah, selama kita bertanya dengan cara sopan pasti akan mendapatkan jawaban.


Cara Menetukan Ukuran Penggunaan Kabel

Banyak orang yang masih kebingungan dengan ukuran kabel listrik yang akan di gunakan dalam sebuah proyek, karena salah perhitungan juga dapat berakibat fatal, ukuran kabel dapat kita tentukan setelah mengetahui berapa beban yang akan mengalira kabel listrik tersebut.


Contoh anda ingin menggunakan daya listrik 2 Ampere atau 440 Watt, kita dapa mencari tadi tabel berikut ini Cara Menghitung Kuat Hantar Arus Kabel listrik di Rumah, dari besar pembatas yang kita lihat di dalam tabel, kabel listrik 0,75 mm dapat mengalirkan listrik sampai 12 Amper atau sekitar 2.640 watt. Sangat mudah bukan