Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Lampu Kedap Kedip Tanpa Tukang Listrik

Cara Memperbaiki Lampu Kedap Kedip Tanpa Tukang Listrik
Lampu Bolam Kedap Kedip

Lampu di rumah redup terang atau kedap kedip seperti lampu pesta memang sangat mengganggu kita sebagai penghuni rumah, pada saat kita berjalan di bawah lampu penerangan tersebut pasti akan terasa pusing dan membuat mata kita sakit, berfikit ingin memanggil tukang listrik tetapi hanya lampu kedap kedip saja tentu malah akan membuang-buang uang bukan?


Lalu apa penyebab lampu rumah kedap kedip?

1. Instalasi listrik sudah berumur

Sama seperti manusia, kabel pun juga memiliki dosis umur kapan ia harus diperbaiki alias peremajaan instalasi listrik, kabel listrik sudah rapuh akan dapat membuat lampu kedap-kedip, sambungan antar kabel sudah mulai rapuh jadi akan putus nyambung dan pasti menimbulkan bunyi, selalu pantau instalasi kabel di rumah kita 2 minggu sampai 1 bulan sekali, dan lakukan perawatan 6 bulan sekali peremajaan instalasi listrik 15 tahun sampai 20 tahun sekali.


2. Saklar lampu rusak

Sama seperti kabel listrik, unit saklar lampu pun juga memiliki batas umur, atau karena gangguan hewan seperti semut yang kadang kita temukan di dalam saklar lampu, hewan ini akan menghalangi aliran listrik dan menyebabkan putus nyambung sehingga lampu rumah kedap kedip, solusi dari masalah ini sebaiknya ganti saklar dengan yang baru, pilih saklar yang tidak memiliki rongga untuk hewan tersebut masuk ke dalam saklar, contoh saklar panasonic yang sering kita lihat terpasang di rumah rumah modern saat ini, hara saklar tunggal panasonic berkisar antara Rp 12.000 sampai Rp. 22.000, dapat anda beli di toko listrik dekat rumah.


3. Koneksi Antar Kabel T dus Kendor

Pernah anda menempelkan kanel lampu dalam keadaan bertegangan? Jika sudah pernah pasti faham, pada saat kabel bertegangan di tempelkan ke kabel tunggal, lampu akan kedap kedip dahulu sebelum antar kabel di sambung dengan kencang menggunakan tang listrik, sama halnya pada saat menyambung kabel di dalam T dus listrik, jika sambungan kabel longgar kendor atau ngefong, ini akan dapat membuat lampu berkedip, solusinya adalah bongkar T dus jalur lampu yang berkedip lalu kencangkkan menggunakan tang listrik. 


4. Lampu sudah rusak

Solusi dari lampu rusak sangat mudah, ganti dengan yang baru, tapi ada baiknya cek terlebih dahulu apakah benar lampu berkedip karena rusak? Banyak faktor yang dapat menyebabkan lampu rusak dan berkedip, seperti lampu sudah berumur kemasukan hewan, seperti saklar di atas atau sambunga pada konektor lampu kendor, sebelum anda membeli lampu baru cek terlebih dahuli sambungan dengan cara di bongkkar, sering kita lihat lampu gantung jalanan berkedip, biasanya sambungan ngefong, jika tidak ingin ribet, anda dapat menggunakan jasa tukang listrik terdekat di rumah anda.


Banyak orang yang menyepelekan keberadaan instalasi listrik dalam sebuah gedung atau rumah, tidak hanya motor yang membutuhkan service perawatan, kabel listrik, lampu, pompa air ac dan lain sebagainya juga membutuhkan perawatan agar tercipta rasa aman, mengingat listrik juga dapat membahayakan manusia, pipindo juga melayani jasa service perbaikan instalasi lsitrik, hubungi kami melalui layanan Whatsapp di pojok kiri bawah.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Lampu Kedap Kedip Tanpa Tukang Listrik"