Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Kabel Instalasi Listrik Rumah Dalam Keadaan Bertegangan

Cara Mengganti Kabel Instalasi Listrik Rumah Dalam Keadaan Bertegangan
Menyambung Kabel Listrik

Kabel listrik bertegangan sangat berbahaya, jika ada kerusakan sebaiknya serahkan kepada teknisi atau tukang listrik yang memang sudah berpengalaman, apa lagi mengganti kabel instalasi listrik rumah dalam keadaan kabel di aliri arus listrik, resikonya fatal jika kurah berhati-hati, korsleting listrik atau dapat menyengat kita sendiri.


Banyak orang yang sudah mempraktikkan bagaimana mempercepat pekerjaan peremajaan instalasi listrik dalam sebuah gedung, mengganti perangkat elektronik listrik hingga kabel listrik dalam keadaan bertegangan, metode pekerjaan seperti ini sangat bermanfaat jika diterpakan pada ruangan aktif seperti kantor bank, rumah sakit dan kampus, lalu apakah mungkin kita dapat mengganti dan menyambung kabel listrik dalam keadaan kantor sedang aktif? Simak ulasan di bawah ini sampai tuntas.


Dalam satu kasus kita akan mengganti kabel listrik dari box panel ke stop kontak meja A tapi dalam keadaan bertegangan, spesifikasi kabel yang di gunakan adalah NYM 3×2,5 mm, maka kabel baru yang di gunakan juga harus sesuai spesifikasi kabel lama, hanya saja dalam kondisi baru. 

Cara Mengganti Kabel Instalasi Listrik Rumah Dalam Keadaan Bertegangan

Gambar di atas menunjukkan jalur instalasi kabel stop kontak lama yang nantinya di ganti dengan kabel baru.

Langkah langkah mengganti kabel rumah atau kantor dalam keadaan bertegangan.

Sebelum melakukan perbaikan sebaiknya persiapkan beberapa material dan peralatan berikut ini:

Persiapan alat dan material kerja

Tang listrik, tespen listrik, isolasi listrik, obeng listrik, cutter kecil, kanel listrik

Mengganti Kabel lama

Cara Mengganti Kabel Instalasi Listrik Rumah Dalam Keadaan Bertegangan

Simak gambar ke dua, persiapkan kabel baru Anda dapat menarik kabel baru dari titik stop kontak ke dalam panel listrik, jangan lupa selalu gunakan pipa conduit aga instalasi lsitrik aman dan awet.


Penyambungan kabel dalam keadaan listrik menyala

Cara Mengganti Kabel Instalasi Listrik Rumah Dalam Keadaan Bertegangan

Perhatian, cara ini wajib di kerjakan oleh teknjsi yang sudah berpengalaman. Kupas ujung kabel baru kira kira satu jengkal atau 20cm, dan kupas 3 kabel tunggal 5 sampai 7cm.


Lalu kupas kulit luar kabel lama menggunakan cutter 20cm sampai 25cm, cutter jangan sampai mengenai kabel tunggal karena beresiko tersengat listrik atau mcb trip, harus berhati-hati lakukan dengan tenang.


Sambungkan kabel tunggal baru ke kabel tunggal lama, merah ke merah, kuning dan kuning lalu netral bjru ke biru, lakukan dengan hati hati, pastikan tidak ada antar kabel yang menempel.


Jika sudah isolasi kabel yang sudah tersambung satu persatu, lalu putus kanel lama setelah sambungan kabel baru menggunakan tang potong, silahkan cek stop kontak tidak akan padam.