Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengganti Segala Macam Jenis Steker Perabot Rumah Tangga

Perangkat elektronik di dalam rumah hampir semuanya menggunakan steker atau colokan, seperti Tv kulkas vcd dvd penanak nasi dan adaptor, hampir setiap hari kita menggunakan perangkat elektronik yang menggunakan colokan listrik, dengan adanya alat ini dapat mempermudah kita untuk menyambung dan memutus aliran listrik dari sumber.


Cara mengganti steker/colokan listrik sanhat mudah, tidak hanya laki laki, perempuan pun di harapkan dapat mengganti steker yang rusak, misal sedang akan melakukan aktivitas dapur, steker penanak nasi putus, mau tidak mau anda yang perempuan harus bisa memasang steker sendiri tanpa bantuan tukang atau suami, karena ini sangat mudah dan murah.


Cara mengganti segala macam jenis steker/colokan rusak

Sebelumnya mari ketahui apa itu colokan lebih dalam. Steker adalah sebuah alat yang berguna untuk memutus dan menyambungkan aliran listrik ke stop kontak, wujud fisik dari colokan/steker memiliki 2 buah ujung logam untuk listrik Phase dan Netral, pemasangan steker berada di ujung kabel lalu unjung yang satunya tersambung langsung ke beban atau stop kontak.


1. Persiapkan peralatan dan material

Ada pun peralatan untuk mengganti kabel steker sangat sederhana seperti tang potong, tang kombinasi, obeng min atau plus kecil, cutter dan isolasi listrik, untuk material sidiakan kabel serabut 3×0,75 mm.


2. Cara 1

Jika tidak ingin membongka konektor kabel steker dari perangkat, anda dapat memutus kabel yang akan di ganti menggunakan tang potong, beri sisa kabel dari perangkat elektronik antara 25 cm sampai 30 cm, kupa kulit kabel 10 cm dan 3 kabel tunggal 3 cm sampai 5 cm, selanjutnya lakukan pengupasan sama seperti yang sudah di jelaskan ke kabel steker baru.


Cara penyambungan lihat seperti gambar, titik sambungan jangan menumpuk alias harus zig zag, ini dimaksudkan agar kabel sambungan tidak mudah terbakar lalu korslet, gunakan untiran sambunga yang kuat sesuai panjang kupasan kabel tunggal, padukan warna antar kabel Phase Merah Netral Biru dan Grounding Kuning atau hijau.


3. Cara ke 2

Jika anda dapat membongkar sendiri unit elektronik yang akan di ganti dengan steker baru, lakukan menggunakan obeng kecil yang sudah dipersiapkan, sabungan kabel terletak pada konektor perangkat, lepaskan kabel steker bawaan rusak untuk di ganti dengan kabel baru yang sudah di sediakan.

Cara Mengganti Segala Macam Jenis Steker Perabot Rumah Tangga

Panjang Kabel steker baru sesuaikan dengan kabel steker bawaan antara 1,5 mater sampai 2 meter, kupas kulit ujung kabel 10 cm dan 3 kabel tunggal 1 cm sampai 2 cm, paduan warna sama seperti cara pertama, Merah adalah phase Biru Nol atau Netral dan Kuning Hijau Grounding.


Jika tidak ingin kesulitan, anda dapat membawa kabel batu anda ke tukang elektronik terdekat, atau menghubungj tukang listrik di sekitar rumah, memang kelihatannya sepele tapi andai saja terbalik alat elektronik akam off atau bisa juga terbakar, jadi harus berhati-hati.