Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Biaya Instalasi Pipa Air Bersih dan Kotor

Cara Menghitung Biaya Instalasi Pipa Air Bersih Maupun Kotor

Pipindo - Sebelum menjalankan pekerjaan plumbing dalam sebuah bangunan, tahap awal yang wajib diperhatikan adalah rincian biaya, meliputi jasa pemasangan dan harga material, sampai saat ini masih banyak orang yang kebingungan bagaiamana cara menghitung harga jasa pemasangan pipa air di dalam sebuah gedung bertingkat maupun rumah biasa.


Cara menghitung orang berbeda-beda, begitu pun di ulasan ini, mungkin saja cara kami menentukan upah maupun tambah harga material berbeda, jadi simak ulasan berikut ini sampai selesai agar dapat menentukan harga borongan pekerjaan pipa air bersih maupun kotor dalam sebuah gedung.


Rumus menghitung biaya instalasi pipa air sangat mudah:


Harga material + Jasa pemasangan = Harga total.


Sangat mudah bukan, tapi masih banyak orang yang takut untuk menerapkan cara di atas sebagai acuan mengisi RAB instalasi pipa air. Cara di atas dapat kita terapkan untuk menentukan harga jasa pipa pvc ppr hdpe dan hydrant, hanya saja harga material dan biaya upahnya pun berbeda.


Selain cara orang berbeda, naik turun harga jasa pipa air juga dapat dipengaruhi oleh tinggi rendahnya harga material di kota tertentu, jadi kunci dari cara menentukan biaya pemasangan pipa air disini adalah jeli dalam mencari informasi harga jasa dan material didaerah sekitar anda.

Cci
Cci Penulis

2 comments for "Cara Menghitung Biaya Instalasi Pipa Air Bersih dan Kotor"