Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menyambung Kabel Beda Isi Di Rumah Sendiri

Cara Menyambung Kabel Beda Isi Di Rumah Sendiri

Menyambung kanel listrik memang bukan perkara mudah, bukan teknis pekerjaannya yang sulit, tapi hasil dan keamanannya terjamin tidak? Mengingat listrik bisa membahayakan kita sendiri bahkan orang di sekitar kita juga, penyambungan kabel harua di kerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman, apa lagi dalam keadaan bertegangan.


Di bawah ini adalah 3 contoh penyambungan kabel beda isi dan beda warna, meskipun setiap kabel memiliki indikator warna yang dapat kita gunakan untuk pembeda tapi jangan salah, tidak semua warna kabel harus di jadikan satu, instalasi listrik menyesuaikan apa yang akan di buat misalkan lampu atau juga stop kontak.


Cara menyambung kabel isi 2 ke isi 2

Kabe isi dua ke isi dua umumnya di gunakan untuk stop kontak tanpa grounding, hanya menggunakan phase dan netral, tapi ada baiknya jika inggin membuat instalasi stop kontak pakailah kabel grounding demi keamanan. Selain untuk instalasi stop kontak, kabel isi dua ke dua juga dapat kita gunakan pada instalasi lampu saklar tunggal.


Kabel isi 2 dari sumber adalah phase/merah dan Netral/Biru, selanjutnya kabel ke saklar isi 2 juga dan kabel ke lampu isi 2, sambungan kabel isi 2 dilam T dus kabel phase merah dari sumber tersambung ke kabel phase merah ke saklar sebagai suply, kabel biru dari sumbe/netral tersambung ke kabel biru lampu selanjutnya kabel biru saklar tersambung ke kabel merah lampu.


Cara menyambung kabel isi 3 ke isi 2

Jenis sambungan instalsi kabel listrik kabel isi 3 ke 2 biasanya akan di gunakan untuk titik saklar tunggal ke stop kontak atau sebaliknya, bisa juga di gunakan untuk instalasi saklar seri, kabel isi 2 adalah suply listrik dari kwh dan kabel isi 3 ke saklar, selanjutnya kabel isi 2 lagi ke lampu penerangan.


Kabel isi 2 suply dari kwh yaitu merah dan biru, phase merah dan biru adalah netral, kabel isi 3 dari T dus ke saklar, dan kabel isi 2 dari T dus ke lampu, kabel merah kwh tersambung ke kabel merah saklar, selanjutnya kabel biru kwh jadi satu ke biru lampu dan biru saklar, kabel merah saklar tersambung ke biru lampu


Catatan: jika saklar tunggal yang kita nunakan, kabel merah yang tersambung dari kwh masuk ke in saklar lalu di seri ke stop kontak, kabel merah lampu dari saklar terkoneksi ke out saklar, lalu kabel biru dari atas yang masuk ke saklar masuk ke stop kontak langsung, jangan ke saklar, jika terjadi instalasi akan terbakar.


Cara menyambung kabel isi 4 ke isi 2

Selanjutnya adalah kabel isi 4 ke isi 3 atau sebaliknya, instalasi wiring kabell sebenarnya tidak terbatas asal taat peraturan dan aman, kabel isi 4 bisa adalah kabel 3 phase atau kabel grouping beda phase kabel isi empat bisa juga di gunakan untuk persiapan wiring instalasi saklar triple.


Jika kita menggunakan kabel isi 3 sebagai phase masing-masing kabel tunggal memiliki fungsi merah sebagai phase api listrik, biru netral dan kuning grounding, selanjutnya kanel ke saklar isi 4, kabel merah phase input ke saklar, kabel biru saklar 1, kuning saklar 2 dan kabel hitam saklar 3.


Teknjs penyambungannya adalah kabel merah sumber isi 3 tersambung ke kabel merah saklar isi 4, kabel biru sumber tersambung ke biru lampu, kanel kuing sumber tersambung ke kuning lampu, selanjutnya kabel biru saklar 1 tersambung ke merah lampu, kabel kuning saklar 2 tersambung ke biru lampu yang terakhir kabel kuning sakalr 3 tersambung ke hitam lampu, khusu untuk saklar triple atau 3 tombol.