Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Exhaust Fan PLAFON Gypsum Sendiri

Cara Pasang Exhaust Fan PLAFON Gypsum Sendiri
Cara Pasang Exhaust Fan

Sering kita lihat Kipas terbalik di langit langit plafon, terbalik bukan berarti salah dalam pemasangan, tapi memang instruksi pabrik seperti itu adanya. Exhaust fan namanya, alat ini berfungsi sebagai media perputaran udara agar lebih cepat, jadi cara kerja alat ini adalah membuang angin atau udara ke luar ruangan, lalu di mana saja Exhaust fan terpasang?

Exhaust Fan dipasang dimana?

Exhaust fan sering kita lihat di terpasang pada langit-langit plafon gypsum toilet, kantor kerja dan ruang smoking area, keuntungan pemasangan alat ini adalah udara didalam ruangan akan lebih bersih dan segar berbeda jika tidak memasang alat tersebut.


Sebagai contoh pada saat kita berada di dalam toilet bau tidak enak akan terbuang ke luar, jika anda sedang berada di area smoking exhaust fan akan membuang asap rokok di dalam ruangan, jadi asap tidak akan mengepul di ruangan tersebut.


Cara Memasang Exhaust Fan PLAFON Gypsum

Persiapkan material

Adapun material yang dibutuhkan adalah 1 unit exhaust fan, papan triplek, skrup gypsum, 


Persiapkan peralatan

Adapun alat tang harus dipersiapkan adalah gergaji besi, pensil, meteran, cutter, obeng min dan plus.


Buat lubang Exhaust

Ukuran lubang yang di buat harus menyesuaikan titik skrup pengunci, ada 4 titik di pojok bagian belakang exhaust. Buat garis bantu seperti gambar di atas, garis warna merah ke dalam adalah potongan gypsum yang akan di buang.


Pemotongan gypsum

Untuk melakukan pekerjaan ini diharapkan berhati hati, gunakan kaca mata pelingdung dan masker, manfaatkan gergaji besi untuk memudahkan anda membuat lubang, usahakan tekni pemotongan menggunakan gergaji dari bawah ke atas, jika terbalik akan membuat plafon runtuh karena sama saja ditarik.


Pemasangan Kayu Triplek

Posisikan kayu triplek berada tepat di pojok lubang skrup breacket, kunci triplek menggunakan skup gypsum masing masing 3 buah, pemasangan triplek yang menenmpel digypsum plafon harus kuat, fungsi dari triplek itu sendiribadalah untuk menempelkan body Exhaust Fan.


Penyambungan Kabel Exhaust Fan

Sebelum penyambungan sebaiknya persiapkan terlebih dahulu kabel power dari sumber mcb atau kwh meter, persiapkan 3 kabel tunggal atau kanel nym 3×2,5 yang masing masing memiliki Coklat/Phase Biru/Netral dan Kuning/Grounding kabel dari sumber.


Selanjutnya kabel dari Exhaust Fan adalah Coklat/Phase Biru/Netrat dan Hijau/kuning bergaris adalah grounding, gunakan cuter untuk mengupas kedua sujung kabel dari Exhaust Fan dan sumber listrik selanjutnya padukan sesuai warna kabel tunggal


Pemasangan Exhaust Fan

Sesuai yang sudah direncanakan, body Exhaust Fan akan menempel di plafon dengan cara mengunci ke 4 lubang yang sudah di sediakan dengan skrup, pada saat pemasangan jangan terlalu kuat, karena dapat merusak triplek, jika terjadi mau tidal mau harus bongkar dan mulai dari awal.


Penutup

Pemasangan Exhaust Fan sangat mudah, tapi jika anda tindak ingin kesulitan, anda bisa menghubungi teknksi listrik terdekat, harga jasa pemasangan Exhaust Fan per unit biasanya adalah 275.000 sampai 350.000, sangat murah bukan, cocok bagi anda yang tidak ingin ribet memasang Exhaust Fan sendiri di rumah.

Cci
Cci Penulis

Post a Comment for "Cara Pasang Exhaust Fan PLAFON Gypsum Sendiri"