Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Saklar Double Stop Kontak Di Rumah Sendiri Mudah Aman dan Cepat

 www.pipindo.com, umumnya saklar terpasang seri didinding kamar atau ruang tamu kita, kali ini kita akan membahas cara pemasangan saklar yang tersambung dengan 2 stop kontak, bagi yang belum tahu cara pengaplikasiannya pasti akan kebingungan, karena kita akan menggunakan 4 kabel di dalam pipa listrik ke titik saklar dan juga stop kontak.


Apa Itu Saklar / Switch Lampu?

Saklar adalah material listrik yang berguna untuk memutus arus listrik.


Apa Itu Stop Kontak?

Stop kontak adalah sebuah terminal yang berguna untuk sarana penyambung dan pemutus arus aliran listrik secara manual, atau yang lebih umum menggunakan steker.


Kedua material listrik ini umum kita temukan terpasang di dalam rumah kita sendiri, di hotel maupun di apartemen gedung-gedung besar. Apa lagi jika anda mau melihat meja ofice karyawan bank dalam 1 meja saja bisa memiliki lebih dari 4 stop kontak aktif.


Cara pemasangan dua stop kontak dan saklar satu.

Cara Pasang Saklar Double Stop Kontak Di Rumah Sendiri Mudah Aman dan Cepat
Cara Pasang Stop Kontak Double dan Satu 
Adapun material yang di gunakan untuk merealisasikan ulasan ini adalah 1 pcs stop kontak double dan satu saklar, berarti 2 stop kontak dan satu saklar menempel jadi satu, lalu bagaimana instalasinya? 


Sering kita menemukan kesalahan teknis pemasangan saklar menggunakan netral, sangat tidak di anjurkan dalam pemasangan saklar menggunakan netral sebagai input output listrik, tapi jika anda melakukan pemasangan instalasi saklar beserta stop kontak dalam satu titik lokasi, ini baru di anjurkan, karena stop kontak tidak akan berfungsi tanpa netral.


Berikut ini cara mudah memasang 2 stop kontak jumper 1 saklar

Gambar di atas adalah skema pemasangan 2 stop kontak dan 1 saklar single atau tunggal, gambar ini umum di gunakan dalam pemasangan instalasi listrik 1 saklar dan 2 stop kontak.

Kabel Merah adalah phase api listrik dan Biru adalah Netral atau 0, dalam instalasi lampu, saklar tidak membutuhkan Kabel biru sebagai netral atau 0 kecuali saklar menggunakan lampu indikator dan stop kontak.

Kabel merah atau phase masuk ke stop kontak pertama dari sebelah kiri, kabel merah tersambung menjadi satu di 2 stop kontak dan 1 saklar, kabel netralatau biru hanya terpasang pada 2 stop kontak, untuk saklar tidak menggunakan Netral kecuali saklar membutuhkan Netral karena lampu indikator.

Kabel merah saklar ke atas adala input phase dari saklar langsung ke lampu, dan di sebelah saklar adalah kabel netral langsung ke beban lampu atau perangkat elektronik.