Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pompa Air Mati Apa Penyebabnya? dan Bagaimana Solusinya?

Pompa Air Mati Apa Penyebabnya? dan Bagaimana Solusinya?
Pompa Air Rusak
 Pompa air adalah mesin perangkat mesin penting di dalam sebuah rumah, lalu apa jadinya jika pompa air sering rusak hidup mati.


Masalah ini tidak hanya menimpa kita sendiri, atau bahkan tetangga atau kerabat yang sering mengalami kerusakan pompa air.


Dampak dari rusaknya pompa air di rumah akan menghambat kita dalam penggunaan air bersih untuk mandi, mencuci kendaraan, dapur dan menyiram tanaman.


Lalu apa saja penyebab pompa air di rumah mati atau sering rusak?


1. Kabel Listrik Pompa Terputus

Jika hal ini terjadi, sudah dapat dipastikan pompa air mati total, karena tidak ada aliran listrik sebagai energi utama untuk menggerakkan mesin pompa air di rumah kita.


Penyebab aliran listrik terputus bisa disebabkan oleh hewan seperti tikus, atau sambungan kabel di dapam t dus kendor, jika sambungan kendor ini adalah masalah serius, selain akan membuat pompa hidup mati juga dapat membuat penggunaan listrik boros.


2. Mcb di Dalam Panel Listrik Rusak

Terputusnya aliran listrik tidak hanya disebabkan oleh kabel terputus, mcb bermasalah juga bisa menjadi faktor pompa air mati total, lalu apa saja penyebab mcb pompa air rusak.


Komponen panel listrik seperti mcb tidak akan selamanya bekerja dengan baik, mungkin saja unit mcb sudah berumur, solusi dari masalah jni ada mengganti mcb dengan yang baru, anda dapat meminta bantuan teknisi untuk melakukan pekerjaan ini.


3. Otimatis atau Pelampung Toren Bermasalah

Jika anda menggunakan otomatis pelampung air, cek 2 sampai 1 bulan sekali apakan pelampung masih bisa berfungsi dengan baik, bisa saja tali pelampung terbelit atau saklar otomatis pompa rusak.


Pelampung otomatis toren air dapat kita temukan di toko bangunan terdekat, hanya 75.000 kita sudah bisa mendapatkan otomatis toren baru, untuk mengganti pelampung lama yang rusak karena sudah berumur.


4. Dinamo Air Terbakar dan Gosong

Dinamo pompa air adalah sebuah lilitan tembaga yang terdapat pada bagian dalam pompa air, lalu bagaimana cara mengetahui apakah dinamo pompa kita terbakar meski dalam ke adaan tertutup?


Indikasi dinamo pompa air terbakar dapat kita lihat dari bau di bagian mesin pompa, jika seperti ada bau sesuatu terbakar dapat dipastikan dinamo rusak, anda dapat membawa pompa rusak tersebut ke tukang pompa terdekat untuk menggunakan layanan jasa perbaikan pompa air.


5. Kapasitor Pompa Air Rusak

Dan yang terakhir adalah kapasitor pompa air rusak, kerusakan pomoa air karena kapasitor mungkin akan sangat membingungkan bagi kita yang awam dengan pengetahuan mesin pompa air.


Pompa berdengung tanpa adanya putaran bisa mengindikasikan jika kapasitor pompa air bermasalah, solusi termudah untuk mengatasi masalah ini adalah mengganti kapasitor pompa air dengan yang baru.


Penutup

Dengan adanya pompa air didalam rumah, kita akan dapat memindahkan air dari tempat satu ke tempat lainnya, dari grountank ke toren atau dari sumur langsung ke outlet untuk digunakan, betapa pentingnya mesin pompa air di dalam sebuah rumah untuk dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Post a Comment for "Pompa Air Mati Apa Penyebabnya? dan Bagaimana Solusinya?"