Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Skema Rangkaian Photocell Sensor Lampu Otomatis Siang Malam

 www.pipindo.com, sering kita melihat lampu PJU hidup sendiri pada saat langit mulai gelap, dan lampu pju akan otomatis padam jika matahari terbit di pagi hari, lampu tersebut telah di seting menggunakan rangkaian kontrol lampu Photocell sensor otomatis jika langit gelap lampu On dan jika langi mulai terang lampu off.

Sensor otomatis photocell saat ini juga sudah banyak terpasang di rumah-rumah warga, karena memang terbukti dapat menghemat pemakaian listrik, penggunaan lampu akan lebih efektif dengan adanya alat sensor cahaya ini, lampu akan dapat di gunakan sebagaimana mestinya seperti yang sudah di jelaskan di atas.

Skema rangkaian sensor lampu otomatis dapat kita lihat pada gambar di bawah ini: 

Skema lampu otomatis siang malam

Skema Rangkaian Photocell Sensor Lampu Otomatis Siang Malam
Skema Rangkaian Sensor Otomatis

Gambar sederhana di atas adalah skema pengkabelan photocell. Sumber adalah suply listrik dari mcb kwh atau mcb pembagi yaitu merah phase, biru netral dan kuning grounding. 

Kabel phase atau api listrik tersambung ke kabel merah photocell. Kabel biru atau netral tersambung di biru sensor photocell dan kabel merah sebelah kanan adalah output ke lampu atau perangkat elektronik yang terakhir kabel kuning langsung ke unit lampu.

Fungsi grounding pada instalasi rumah dan gedung

Photocell sering di gunakan untuk sensor cahaya PJU dan teras rumah, 1 unit photocell yang umum di gunakan memiliki besaran Amper 6A, jika kita kalikan V Pln maka hasinya adalah 1.300 watt, total persediaan daya yang sangat besar jika ingin di gunakan untuk lampu rumah, jadi 1 sensor otomatis saja kita dapat mengontrol lebih dari 4 lampu.