Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ukuran Pipa Air Untuk Instalasi Rumah Tangga

Ukuran Pipa Air Untuk Instalasi Rumah Tangga

Sebelum membangun rumah, ada baiknya memikirkan persiapan matang-matang, mulai dari perencanaan biaya maupun langkah-langkah eksekusi dilapangan nantinya, di sini kita akan membahas apa saja kebutuhan dan jenis pipa maupun ukuran pipa yang umum di gunakan dalam rumah.


Pipa adalah salah satu media bahan atau material yang berfungsi untuk mengalirkan fluida cair maupun padat, atau lebih tepatnya di gunakan untuk drainase dan media perpindahan air bersih, simak beberapa jenis dan ukuran pipa yang sering di gunakan dalam rumah tangga berikut ini.


1. Pipa Pvc Ukuran 1/2" AW

Jenis pipa ini sering digunakan untuk instalasi pipa air bersih rumah tangga, karena diameter pipa sangat kecil, jadi tidak mungkin dingunakan untuk saluran pembuangan kecuali pipa vent.


Harga pipa 1/2" AW berkisar antara 18.500 sampai 22.000, dapat mudah kita temukan di toko-toko bangunan dekat rumah, atau jika ingin membeli lebih murah kita dapat langsu ke supplier.


2. Pipa Pvc Ukuran 1" AW

Selanjutnya pipa ukuran 1 inch, skema pemasangan pipa rumah yang benar adalah dari kecil besar ke pipa kecil, manfaatnya dari cara ini adalah agar aliran air di outlet bekerja dengan baik.


Caranya pemasangannya adalah pipa utama 1 inch langung dari toren masuk ke dalam rumah ke toilet 1, toilet 2, dapur dan taman, setelah itu gunakan T pipa 1×1/2", dari sini kita dapat menerapkan pemasangan pipa yag benar.


3. Pipa Pvc Ukuran 2" AW

Kenapa kami merekomendasikan pipa type AW? Karena hanya pipa inilah yang paling bagus dan cocok terpasang di rumah, selain memiliki kualitas yang baik harga yang ditawarkan toko juga tidak maha, sangat murah.


Pipa ukuran 2 inch umunya terpasang sebagai drainase seperti pembuangan wastafe dan vent, tapi apabila rumah anda 2 sampai 4 lantai, kami sarankan menggunakan pipa 2 inch sebagai pipa distribusi utama air bersih.


4. Pipa Pvc Ukuran 3" AW

Jika kita bandingkan dengan pipa 1/2" 1" dan 2" tentu saja pipa 3" memiliki diameter pipa lebih besar, fungsi dari pipa ukuran 3 inch adalah sebagai pipa buangan toilet dan pipa air hujan.


Pipa 3 inch mudah kita temukan terpasang di lubang drain kamar mandi tumah dan saluran pipa wastafel sebelum terpasang reducer 3"×2", dan letak pemasangan pipa ini tertanam di dalam tanah atau tembok.


5. Pipa Pvc Ukuran 4" AW

Pipa terkahir adalah pipa berukuran 4 inch, pipa paling besar yang sering digunakan dalam instalasi pipa air kotor dalam rumah, pipa 4 inch digunakan sebagai pipa closed, atau bisa juga di gunakan untuk pipa air hujan.


Harga pipa 4 inch terbilang mahal antara 310.000 sampai 334.000, meski mahal jenis pipa pvc AW adalah pipa terbaik saat ini yang di gunakan sebagai saluran pipa air dalam sebuah gedung atau bangunan, silahkan kunjungi supplier terdekat agar mendapatkan harga lebih murah.