Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Warna Kabel L dan N Pada Stop Kontak Apa Artinya?

 Stop kontak merupakan perangkat penting dalam instalasi listrik, dengan bantuan stop kontak kita dapat memutus maupun menyambung arus listrik dan selanjutnya energi listrik dapat kita manfaatkan untuk banyak hal diantaranya charger, Tv, Kulkas, penanak nasi dan masih banyak lagi.

Warna Kabel L dan N Pada Stop Kontak Apa Artinya?
Warna kabel L dan N stop kontak

Banyak orang yang masih kebingungan pada saat ada kerusakan instalasi stop konta di dalam rumah, stop kontak padam atau putus dan tidak dapat kita gunakan, pada saat membongkar outlet stop kontak dibagian belakang aksesoris teedapat kode L N dan G berlambang panah ke bawah, lalu apa saja maksud dari ke tiga kode tersebut?


Arti N L dan G ground pada stop kontak

Pahami baik-baik agar jika suatu saatbada kerusakan stop kontak di rumah kita dapat memperbaiki sendiri, sangat mudah hanua butuh pemahaman sedikit tentang kode warna kabel listrik rumah.


Kode huruf N pada stop kontak

Arti dari kode N adalah Nol atau Netral, lalu kabel mana yang harus terpasang pasa Kode huruf N? Jawaban paling tepat adalah kabel warna Biru, kabel warna biru umum digunakan sebagai Netral dalam instalasi listrik.


Kode huruf L pada stop kontak

Kode huruf L adalah phase atau api listrik, di dalam kode L wajib terpasang kabel berwarna merah, coklat atau hitam, saat ini 3 warna kabel di atas masih umum digunakan sebagai phase listrik sedangkan N atau Biru adalah Netral.


Kode Huruf G atau Lambang panah pembumian pada stop kontak

Huruf G adalah grounding, grounding menggunakan kabel kuning, untuk ulasan tentang apa itu grounding instalasi listrik simak pada ulasan berikut ini Fungsi grounding pada instalasi rumah dan gedung dan cara pemasangannya simak disini Cara Memasang Grounding Listrik Rumah Sendiri


Banyak kasus terjadi pemasangan instalasi listrik terbalik, kabel L Coklat di jadikan Netral dan kabel N Biru dijadikan Phase, memang tidak akan terjadi masalah, tapi prosedur pemasangan kanel listrik dari kwh meter pasti merah phase atau L dan biru netral atau N.

Post a Comment for "Warna Kabel L dan N Pada Stop Kontak Apa Artinya?"